Masakan tradisional Indonesia yang sarat rempah memang dapat membangkitkan selera makan. Namun, proses pembuatannya memerlukan waktu yang cukup lama. Untuk menyiasatinya, Anda dapat membuat stok bumbu dasar saat ada waktu luang.

Ketua Dewan penasihat Indonesian Chef Association (ICA) BPD Riau Chef Heriyanto berbagi informasi tentang jenis-jenis bumbu dasar yang dapat Anda siapkan. Mau tau bagaimana caranya? Simak langkah berikut!

1. Bumbu dasar merah

Kredit foto: Chef Heriyanto
Kredit foto: Chef Heriyanto

Jika nasi goreng telah menjadi sarapan wajib di rumah Anda, bumbu dasar yang sebaiknya selalu ada di kulkas adalah bumbu dasar merah. Warna merah pada bumbu dasar merah berasal dari penggunaan cabai merah sehingga rasa yang didapatkan pun relatif pedas. Selain nasi goreng, bumbu dasar merah juga bisa Anda pakai untuk membuat sambal goreng dan gulai. Tambahkan daun salam, serai atau lengkuas ketika membuat masakan berbumbu dasar merah. Bila tidak suka pedas, gunakan cabai merahnya sedikit saja. Lalu buang bijinya sebelum menggiling bumbu.

2. Bumbu dasar kuning

Bumbu Dasar Kuning

Kunyit merupakan bahan utama saat membuat bumbu dasar kuning. Rempah-rempah yang satu ini digunakan untuk memberi warna kuning pada bumbu. Aroma kunyit juga sangat khas sehingga dapat menambah cita rasa masakan. Bahan-bahan lainnya adalah kemiri, bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, lada bubuk, garam, dan gula pasir. Anda bisa memakai bumbu dasar kuning untuk memasak soto, pesmol, acar, terik daging, ayam goreng, dan mi goreng.

3. Bumbu dasar putih

Bumbu Dasar Putih

Soto, opor, semur, oseng-oseng dan rawon merupakan daftar makanan yang bisa dibuat dengan bumbu dasar putih. Warnanya cenderung pucat karena tidak menggunakan cabai merah atau kunyit. Bahan-bahan yang dipakai cukup simpel. Anda hanya perlu menyiapkan bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, garam, gula pasir, serta minyak sayur untuk menumis. Giling semua bahan sampai halus, lalu tumis.

4. Bumbu dasar oranye

Bumbu Dasar Oranye

Lain dengan tiga bumbu dasar lainnya, bumbu dasar oranye menggunakan rempah-rempah yang lebih beraneka ragam. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat bumbu dasar oranye adalah cabai merah keriting, jintan, kepulaga, ketumbar bubuk, kemiri, bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, lengkuas, lada bubuk, garam, gula pasir, dan minyak sayur. Pemakaian cabai merah dan kunyit menjadikan warna bumbu dasar oranye ini terlihat lebih cerah dibandingkan bumbu dasar lainnya.

Untuk membuat bumbu dasar, blibliers dapat menggunakan blender atau cobek. Setelah bumbu dasar jadi, simpan di dalam wadah plastik atau kaca. Lalu simpan di kulkas. Bumbu dapat bertahan selama 3 bulan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY