Perlu diakui, agak menantang untuk mem-preview produk baru dari BlackBerry. Setelah Z10, Q10, Q5, dan BlackBerry sekarang akan meluncurkan BlackBerry Z30, yang merupakan BlackBerry terbaik yang pernah ada, menurut mereka. Bagaimana kebenarannya? Coba kita telaah dari spesifikasi dan data-data lain yang kita punya.

Banyak kabar kurang menyenangkan tentang BlackBerry akhir-akhir ini memang, hingga banyak yang mengira BlackBerry akan bangkrut. Kabar seperti BBM di iOS & Android yang tertunda, rencana pemecatan pegawai sampai penurunan revenue. Lalu apakah benar BlackBerry sudah habis? Belum! Z30 keluar memang suatu pernyataan bahwa mereka masih ada.


blackberry-z30-635

 

Z30 hadir dengan layar yang terbesar BlackBerry pernah ciptakan. Layar 5″ (inci) dengan resolusi 1,280 x 720 (295 ppi),Β memang sangat menyenangkan untuk melihat hal lebih banyak lagi. Lihat trennya sekarang bukan? semua berlayar besar, bahkan iPhone pun berencana demikian. Layar depan ini dikemas dengan casing carbon (bagian belakang) khas BlackBerry, seperti yang ada di Q10. Dimensinya adalahΒ 140.7 milimeter (mm) x 72 mm x 9.4 mm dengan berat 170 gram (gr) yang membuat keseluruhan masih terasa enak digenggam.

Sejauh ini baik sekali. Dengan baterai 2880 mAh, yang lebih kuat dari kebanyakan smartphone 5 inci lainnya, tentu membuatnya kuat menangani semua aplikasi yang ada. Nah, kalau kita berbicara ke aplikasi, memang disayangkan aplikasi seperti Instagram dan Path secara resmi belum ada di BlackBerry. Tapi, kalau Anda bisa memporting aplikasi Android ke situ, akan terasa sama. Tentu juga cocok dibekali dengan RAM 2GB dan CPU 1.7Ghz SnapDragon S4 Pro. Kuat dan tahan lama.

Bagaimana dengan hadirnya BBM ke platform lain? ya, bisa saja mengakibatkan pengguna BlackBerry meninggalkan BlackBerry-nya. Namun bisa juga berarti bahwa pemilik BlackBerry, memiliki cakupan teman di BBM semakin luas, karena begitu banyak tambahnya. Masalah sudut pandang saja.

Akhir tulisan, bagi Anda penggemar BlackBerry, iya, saya bisa bilang inilah BlackBerry terbaik (kecuali Anda lebih menyenangi keyboard, maka Q10 lah pilihannya). Kalau Anda berencana berpindah dari iOS, Android atau Windows Phone, maka pilihlah Z30 ini. Blibli.com menyediakan promo pre-order Z30 ini, bekerja sama dengan Telkomsel dengan gratis data, harga dari Rp 7.499.000 – Rp. 7.999.000 dengan bonus headphone dan powerbank. Cukup menarik? Kita lihat apakah ini nafas terakhir BlackBerry atau justru pendobrak.

Kadek

Kadek

Football for life, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY