Path and Instagram
Apps terlengkap ada di AppStore milik Apple dan PlayStore milik Android. Memang Blackberry World dan Windows Store tertinggal dalam hal jumlah aplikasi. Sampai saat ini, Instagram dan Path untuk BlackBerry belum ada di BlackBerry World. Menyebalkan memang, untuk beberapa orang. Dengan beberapa orang, termasuk saya di dalamnya. Tapi itu semua bisa diakalin.

Walaupun kedua aplikasi narsis itu belum ada di Blackberry World, kita masih bisa menggunakannya, yaitu dengan porting apps Android ke dalam BlackBerry. Metode ini pada dasarnya adalah menyuntik, menginstall applikasi yang dibuat untuk Android ke dalam BlackBerry, lebih tepatnya, BlackBerry Z10. Metode ini sebenarnya sudah lama berhasil dilakukan di BlackBerry Playbook, itu lho, tablet-nya si Blackberry. Ini legal. Tidak ada terms and condition dari BlackBerry yang menyatakan tidak. Namun, risiko akan ditanggung pengguna, sama prinsipnya dengan Jailbreak. Dengan cara yang hampir sama, kita bisa melakukannya.

Dengan membaca crackberry.com, dan mengujinya sendiri, saya berhasil menginstall Path dan Blackberry kedalam Z10 saya menggunakan Mac, yang sebenarnya juga bisa dilakukan menggunakan Windows.

Jadi begini,. pertama-tama, pastikan Mac atau Windows yang diakan digunakan untuk porting, sudah terinstall Blackberry Link, Software yang menghubungkan Blackberry 10 ke komputer. Bisa didapat disini.

Kedua, beberapa tools juga harus diunduh baik untuk Mac (playbook tools) dan Windows (Java Runtime dan DDPB)

Ketiga, ubah setting developer di Blackberry 10. Settings > Security & Privacy > Development Mode . Diubah ke enable, set password. Jangan sampai lupa/hilang yaa.

BB Dev Mode BB Dev Mode 2

 

 

 

 

 

 

 

Lalu, ke-empat, untuk menginstall appsnya, tentu dibutuhkan,.. well, appsnya dalam bentuk file. Perlu diketahui, apps Android berakhiran .apk sedangkan Blackberry .bar. Jadi tumpukan aplikasi bisa didapatkan disini.

Kelima, kita maksud ke teknis, yang berbeda bila dilakukan di Mac dan Windows. Untuk di Mac, pastikan playbook tools tadi ditaruh di direktori root. Biasanya, folder itu adalah namamu, nama komputer atau yang bergambar rumah.

Root Directory

 

 

 

 

 

Lalu lakukan beberapa langkah berikut:

  • Sambungkan Blackberry 10 ke Mac dengan USB
  • Buka software Terminal di Mac,
  • Ketik cd playbook_tools, enter.
  • Ketik  java -Xmx512M -jar BarDeploy.jar -installApp -deviceDEVICE_IP -password DEVICE_PASSWORD appname.bar. Ganti deviceDEVICE_IP dengan nomor IP device Anda di Development Mode tadi dan Ganti DEVICE_PASSWORD dengan password yang tadi tidak boleh lupa/hilang
  • Tunggu, bikin kopi, sebelum kopi dingin, selesai lah.

Untuk Windows, sedikit lebih gampang menggunakan software DDPB yang sudah diinstall tadi.

  • Sambungkan Blackberry 10
  • Nyalakan DDPB
  • Cari IP Develompent Mode, masukkan IP dan password tadi
  • Pilih applikasi dalam bentuk .bar yang sudah terdownload, Install, Done!

Begitulah Porting Aplikasi Android di BlackBerry. Gampang-gampang susah yaa? oh well, namanya juga belajar, siapa tahu hasilnya bisa memudahkan hidup dengan hanya menenteng 1 device dan bisa semua aplikasi 😉

Kadek

Kadek

Kadeko - Football for live, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

16 COMMENTS

LEAVE A REPLY