Saat pertama kali diperkenalkan, PlayStation 4 mengejutkan dunia. Bukan karena kehebatannya atau keburukannya, melainkan karena yang diperkenalkan, tidak menunjukkan bentuk utuhnya. Hanya controller-nya! (bahkan PS4 Eye-nya sudah ditunjukkan duluan) Menjengkelkan karena membuat penasaran memang. Banyak yang beranggapan bahwa Sony belum siap, sehingga menyembunyikannya. Selain itu, Xbox One sudah keluar duluan.

Sony membuat saya bertanya-tanya.. sebenarnya, bisa apa sih PlayStation 4 ini?

Kita mengingat kembali bahwa masih banyak yang belum “Move On” dari PlayStation 2 karena tidak bisanya PlayStation 3 bermain game bajakan. PlayStation 3 berhasil di Jailbreak, baru sekitar 2 tahun terakhir, padahal sudah diluncurkan dari 2006, itupun, harus bersusah payah tidak mengupdate firmware, menggunakan USB, atau “memancing”nya dengan game asli. Banyak modifikasi yang harus dilakukan untuk mendapatkan game jailbreak.ย Seharusnya ini tidak terjadi, tapi sayangnya, kenyataan adalah sebaliknya.

Kita tidak perlu membahas perbedaan Jailbreak atau tidak, tapi kita melihat bahwa PlayStation 4 membuat PlayStation sangat berbeda. Pertama-tama, dengan spesifikasinya:

  • Single-chip custom processor
  • CPU: low power x86-64 AMD โ€œJaguarโ€, 8 cores
  • GPU: 1.84 TFLOPS, AMD next-generation Radeon based graphics engine
  • GDDR5 8GB

Ini menjadikan (katanya) PS4 menjadi konsol generasi berkutnya yang kuat namun juga mudah bagi para pembuat game untuk bekerja.

Pada dasarnya, PS4 termasuk game konsol generasi berikutnya karena benar-benar bergantung pada internet. Iya PS4 ini Blu-Ray, iya juga PS4 memiliki hard disk 500GB (bahkan bisa diganti lebih besar), tapi, dengar ini, untuk kita bisa bermain game PS4, selain kita harus membeli gamenya, kita juga harus memiliki akun PS+. Well, at least untuk sebagian besar games. Seharga sekitar $50/tahun

Bagaimana? langsung memikirkan kecepatan koneksi internet di rumah? ๐Ÿ˜›

Memang ada keuntungan akun PS+ lainnya seperti 1 game gratis per bulan, akun netflix, dll. Selain itu, kita juga bisa men-stream game ke ustream untuk orang lain menyaksikannya, kita bisa mendownload game, baik PS4 atau PS Vita dengan promo-promo khusus dengan menggunakan akun tersebut, dan juga bersosial dengan akun itu.

Bisa menarik, bisa juga, mahal dan ragu karena infrastruktur kita.

Yang mungkin menarik untuk diketahui juga adalah bahwa PS4 sudah mendukung TV 4K (4096 x 2160 pixel), tapi juga menjadikannya hanya menyediakan HDMIย . Dan yang paling menyedihkan, terutama untuk saya, adalah tidak mendukung game PS3! Akan dikemanakan investasi game-game asli ini? (Sony mengatakan akan menyediakan kemampuan untukย streaming game PS3, lagi-lagi.. koneksi internet jadi penting)

Akan membutuhkan waktu lama untuk meyakinkan saya membeli PS4, jujur saja. Mari kita lihat perkembangan beritanya, mudah-mudahan ada yang lebih baik. Atau mungkin ada pembaca yang ingin menambahkan? mungkin saya salah informasi atau ada informasi lebih baru? ๐Ÿ™‚


PS4

 

Kadek

Kadek

Football for life, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

39 COMMENTS

  1. ya iyalah siapa juga yg g terkejut ps4,
    secara, yg jual kasetnya juga g ada d warung obat terdekat. apalagi d apotek.
    mendingan kita main d kali d sungai d sawah berenang sama saya,
    bye
    krog .. krogg
    kodok

  2. Thanks mas ario untuk postingnya.

    Setahu saya untuk games Xbox menggunakan regional untuk setiap games-nya seperti games Japan, tidak bisa digunakan untuk console Xbox dengan regional Asia, tetapi games PS3 dapat dimainkan meskipun dari games berbeda regional.

    Apakah game PS4 masih seperti itu?

    Kalau gak salah sudah ada harga yang dibandrol untuk PS4 yah, $400? kira2 mas ario ada perkiraan harga gak masuk indonesia jadi brp? kalau kekuatan console PS4 dibandingkan dengan Xbox sepertinya hampir mirip, masing2 ada kelebihan dan kekurangan, tapi kalau harga PS4 lebih murah, why not pilih PS4, hehehe

    Mohon maaf bila ada kesalahan dalam kata2 posting saya.

    • Thanks atas replynya. ๐Ÿ™‚

      Keduanya, Xbox dan PS3 menciptakan regional untuk games pada awalnya, sampai pada akhirnya, PS3 menciptakan device yang bisa menerima semua region.

      Game PS4 & XBox One akan berbeda. Utamanya mereka akan bersifat soft copy, downloadable. Tapi katanya sih, PS4 juga akan mengeluarkan dalam bentuk discnya. Gw gak tau pastinya, tapi kayanya sih gak akan main region lagi.

      PS4 resminya dibanderol segitu di luar.. Expect naik 30-50%nya ๐Ÿ™‚

      Mohon maaf bila ada kesalahan menjawab.

  3. kalo menurut beberapa artikel yang pernah saya baca sih mas keunggulan PS4 dibanding XBOX One itu,ga sebeappa perlunya koneksi untuk PS4 sih,di karenakan PS4 ga ada sistem Online Check disk yang ga kaya XBOX One dimana 1Disk untuk 1 user saja,Sedangkan PS4 sendiri bisa memainkan game game bekas (jadi antar gamer bisa bertukar kaset)

    Dan 1 lagi keunggulan PS4 selain ga sbrp perlunya koneksi internet PS4 juga beritanya free Region sih mas sedangkan XBOX One engga,jadi jangan harap XBOX One yang dibeli di amrik di bawa keasia karena itu tadi Regional Lock dan Online Check 24-jam

    kalo soal game PS3 sampe skr msh belum pernah baca sih mas masih simpang siur

    udah mas segitu aja info yg bs saya tambahkan hehe

  4. PS4 Dibandrol 7Jtan Bro aku pernah tnaya sama konsultan game terkenal di Bali ixiixixix
    Katanya Stik PS4 Ada Kushor Kya Laptop

  5. Krn melwatkan ps2 dan ps3 krn ga mampu beli, mungkin ps4 konsul yg akan saya miliki, selain saat ini keuangan juga mencukupi hahaha. Denger2 xbox one tidak akanberedar di indoensia. Selain itu pekerjaan yg pindah2 negara, gw dan istri lebih butuh konsul yg free region

  6. Saya mau beli PS 4 untuk anak yang baru berulang tahun. Di Jambi belum ada, yang ada PS 3 seharga Rp. 5,5 juta. Kira2 hara pasar PS 3 sekarang berapa? Di toko mana di Jakarta bisa saya beli?

  7. jadi inget waktu ps 3 nyampe ke indonesia, waktu itu harganya 8 juta, kira-kira nanti ps 4 berapa ya harganya pas nyampe ke indonesia

  8. setau gw harga PS4 di AS itu 400$ dan bakal lbh kuat dr pd Xbone (menurut bbrp game developer)
    PS+ hanya digunakan buat main online tapi aplikasi netflix dll msh bs dipake (g kyk xbone)
    playstation camera yg baru juga bakal bisa pk motion censor (ala kinect)
    PS4 bakal keluar di AS tanggal 15 november sedangkan di eropa tanggal 22
    anehnya di jepang PS4 g bkl keluar sampe (mungkin)februari 2014
    dan jg semua game ps4 bkl bisa di streaming ke PSVita

  9. Gan klo barangnya udah ada, daerah yg pertama kali mengedarkan PS4 dimana ya?? apakah di JAKARTA??? Sama game playnya tuh bentuknya CD apa copyan data??

  10. wah ini bukan review booosss… iklannya menyesatkan, kalo review tuh barang udah ente pegang pegang. saya dateng kesini karena kaget kok udah ada orang indo yg ngereview. ditunggu ya review benerannya ya…

    Menanggapi artikelnya :

    – dengan arsitektur x86, Xbox 1 dan PS4 sama sama bakalan lebih gampang dibajak dibanding PS3! Coba lihat saja, game komputer mana yang gak bisa dibajak? Game konsol itu basicly sama saja dengan game versi komputernya dan hardwarenya kurang lebih sama. Mungkin tidak dalam waktu dekat, tapi saya yakin bakal lebih cepat daripada ps3 yang makan waktu hampir 5 tahun sampai bisa dibajak.

    – PS4 dan Xbox One sama sama tidak support 4K, dua duanya memang bisa dipasang di TV 4K, sama seperti DVD bisa dipasang di HDTV, tapi bukan berarti DVD jd kualitas HD.

    – Gak bisa main PS3? well get over it, PS3 juga akhirnya tidak bisa main game PS2 bro, backward compability cuma fitur yang dicari cari kekurangannya, buat orang yang mampu beli game asli seharga 50 dolar, mungkin lebih baik menyimpan PS3nya daripada mengharap bisa dimainin di PS4.

    CMIIW… Peace

    • halooooo…

      Wah, saya pernah bilang bahwa itu review ya? atau iklannya demikian?
      Saya sih tidak merasa bilang bahwa saya sudah memilikinya, tapi bila misleading, mohon maaf.

      Tapi memang saya sudah mencobanya sewaktu di IFA Berlin 2013 kemarin. Sekaligus menjawab yang mengenai 4K. Memang ini masih rancu. Waktu saya disana, “SPG”nya bilang bahwa “supports 4K”, dan mereka menjajalnya juga menggunakan TV 4K. Nah, secara kasat mata memang terlihat 4K, dan saya sih berasumsi percaya saja. Namun, browsing-browsing lagi, ternyata ada yang bilang iya, ada yang bilang tidak. Sony mengabarkan terakhir bahwa masih “under consideration”. Mungkin bos punya updatenya?

      Masalah dibajak, oke, bila itu menurut bos, monggo. Saya sampai sekarang masih bermain asli di PS3. Maka dari itu investasinya cukup lumayan untuk semuanya dibuang, ganti PS4. Sekaligus menjawab komen terakhir. Iya, saya akan menyimpan PS3 dan seluruh kasetnya. Dan kalau ada rejeki, mungkin akan membeli PS4 tanpa menjual PS3. PS2? jujur sih waktu itu beli game bajakan, jadi yaaa.. sekarang tidak main lagi ๐Ÿ™‚

      You are not wrong, you have every right to comment ๐Ÿ˜‰

      Thanks yaaa..

LEAVE A REPLY