Pilih Amazon Echo Buds atau Apple AirPods?

Sebagai salah satu perusahaan raksasa dari Amerika Serikat, sepak terjang Amazon dalam menghasilkan sebuah gawai tampaknya tak bisa dipandang sebelah mata. Mereka memang tidak membuat smartphone, tapi fokus mereka lebih kepada gawai-gawai pendampingnya. Lewat seri Echo, Amazon tampak agresif untuk menguasai pasar gawai audio. Produk teranyarnya adalah Amazon Echo Buds, sebuah earbuds yang siap menandingi earbuds lainnya di pasaran seperti Apple AirPods.

Siapkah Amazon Echo Buds dalam menandingi Apple AirPods? Simak perbandingan di antara keduanya berikut ini.

Daya tahan baterai

Ketika kita berbicara tentang earbuds, hal yang pertama kali harus dibahas adalah seberapa lama daya tahan baterainya? Karena pastinya kita juga akan menggunakannya seharian untuk beragam aktivitas, mulai dari mendengarkan musik, video, hingga menerima panggilan telepon. Umumnya, mungkin kita berharap sebuah earbuds yang tahan dipakai selama setidaknya setengah hari (10-12 jam) dalam satu kali pengisian daya agar bisa menemani beraktivitas.

Sayangnya, tak satu pun dari Echo Buds atau AirPods bisa bertahan selama itu, kapasitas mereka berdua hanya sekitar lima jam saja sebelum harus diisi kembali. Namun, ada perbedaan di antara kedua produk ini dalam hal charging case-nya. Casing dari Apple akan tetap menjaga AirPods terisi dayanya hingga 24 jam, sedangkan charging case miliki Echo Buds hanya sanggup bertahan 20 jam. Apple AirPods sedikit lebih unggul dalam hal daya tahan baterai ini.

Ingin menjajal Apple AirPods 2? Cek barangnya di sini.

Desain

Apple dikenal dengan produk-produk yang memiliki desain-desain yang elegan dan minimalis. Pola ini tetap dipertahankan pada AirPods. Namun, desain in-the-ear-nya bukan tampil tanpa masalah. Cukup sering ditemukan kejadian AirPods terjatuh dari lubang telinga penggunanya karena tidak terlalu fit di lubang telinga setiap orang. Hal ini jelas menjadi permasalahan yang cukup besar. Nggak mau dong kehilangan gadget senilai Rp2 jutaan semudah itu?

AirPods juga memiliki salah satu desain case terbaik yang ada saat ini. Bentuknya kecil dan tak akan memakan banyak ruang saat ingin dimasukkan ke dalam tas. Hal ini menjadi pertimbangan yang penting mengingat benda ini akan selalu kamu bawa ke mana-mana.

Echo Buds memang tidak memiliki desain yang semulus AirPods dan tak terlihat modis. Namun, di samping urusan estetika, Echo Buds mengedepankan kenyamanan saat digunakan. Earbuds ini hadir dengan tiga ukuran ear-tips yang berbeda dan tiga ukuran wing-tips yang berbeda juga. Desain ini mencegah kamu kehilangan earbuds ini secara tidak sengaja gara-gara kurang pas di lubang telinga kamu. Namun, case dari Echo Buds ini cukup besar dibandingkan dengan AirPods dan bisa saja tidak nyaman buat sebagian orang.

Untuk urusan desain, AirPods dan Echo Buds memiliki kedudukan yang cukup seimbang rasanya.

Penasaran dengan seri Amazon Echo? Cek Amazon Echo Dot Generasi Ketiga di sini

Fitur voice assistants

Penggunaan Siri saat ini menjadi cukup penting dalam penggunaan perangkat Apple, mulai dari AirPods, iPhone, sampai perangkat-perangkat lainnya. Siri adalah fitur yang sangat berguna dari AirPods jika kamu memiliki iPhone. Dengan kemampuan untuk mengaktifkan Siri tanpa bantuan tangan, AirPods adalah kunci dari hal-hal yang bisa dilakukan oleh Siri. Namun, jika kamu tidak memiliki iPhone dan memasangkannya dengan perangkat Android, kamu tidak bisa merasakan kemudahan dari fitur voice assistants ini.


Sementara itu, Echo Buds tampil lebih fleksibel untuk urusan dipasangkan dengan Apple atau Android. Jika kamu menggunakan Android, kamu bisa mengkonfigurasikannya dengan Alexa atau Google Assistant. Jika menggunakan iPhone, kamu tidak perlu kesulitan untuk menghubungkannya dengan Siri, tapi saat ini baru Alexa saja yang bisa berjalan dengan hands free pada platform ini.

Amazon Echo Buds memiliki keunggulan dalam hal fleksibilitas koneksi A.I jika dibandingkan dengan AirPods.

Lindungi case Apple AirPods 2 dengan pengaman silikon ini

Fitur-fitur tambahan

AirPods memiliki metode konfigurasi yang sangat mudah dan sederhana untuk dipasangkan dengan perangkat. Sejauh ini, Apple masih belum menerapkan fitur antibising atau daya tahan terhadap kelembapan dan ketiadaan ini sebenarnya cukup disayangkan.

Sementara itu, Echo Buds unggul cukup jauh untuk urusan fitur-fitur tambahan di luar urusan audio. Ia memiliki standar proteksi IPX4 yang artinya aman untuk diajak berolahraga. Echo Buds juga memiliki fitur active noise reduction (ANR), sebuah teknologi dari Bose. Kamu dapat mengatur seberapa kuat ANR ini mereduksi suara dari luar.

Apple mungkin akan mengejar ketertinggalan ini pada AirPods generasi ketiganya, tapi untuk saat ini Echo Buds masih yang terbaik untuk urusan kelengkapan fitur.

Cegah Apple AirPods terjatuh dari telinga dengan strap ini

Echo Buds menjadi pesaing yang serius bagi AirPods, dalam urusan fitur, kualitas desain, sampai kemudahan dalam pengaturannya. Sekarang, tinggal preferensi apa yang kamu pilih dalam menentukan sebuah earbuds yang dipilih. Desain atau kelengkapan fungsi?

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY