europe1

Horee!! Tahun baru sudah dekat. Sudah pasti dong kamu heboh merencanakan liburan bersama sahabat atau dengan keluargamu. Saya yakin banyak sekali persiapan yang harus kamu jabarkan. Segala hal kecil sampai kerjaan di kantor yang wajib kamu selesaikan. Saya sendiri juga tengah mempersiapkan liburan akhir tahun 2013 ini.

Nah disini saya akan memberi beberapa saran atau ide untuk persiapan liburan kamu. Yes, liburan akhir tahun itu tak seperti liburan musim panas maupun awal tahun. Dari regulasi yang sedikit sulit dtembus karena animo masyarakat yang berbondong liburan dalam negeri maupun keluar negeri sampai budget yang musti diperkiraan dari budget sebelumnya, atau bisa saya katakan ‘plan B’.

Artikel kali ini lebih kepada istilah ‘itinerary expert’ untuk berlibur keluar negeri, khususnya Eropa. Bagaimana kamu bisa nge-pack barang kamu dengan efektif dan cara kamu menanggulangi yang akan terjadi di kota atau negara tujuanmu.

Yuk kita mulai!

1. Perhatikan kondisi untuk Itinearary-mu
Ketika kamu mengurut itinerary-mu coba perhatikan keadaan cuaca, budaya (agar tidak culture shock), kebutuhan kesehatan, kepenatan, dan festival yang ada disana. Kalau ini sudah terpenuhi, kamu akan berlibur dengan bahagia.

2. Tetapkan Perjalanan Penerbangan
Seandainya kamu liburan ke Eropa dan kamu lebih memilih untuk naik pesawat terbang lokal, cobalah dari sekarang urutkan perjalananmu. Contoh kalau kamu terbang ke London, lanjutkan ke penerbangan itu ke Eropa timur, dan pulang melewati Yunani. Ini akan menghemat waktu. Dan saya sarankan harus sering cek harga dan jadwal penerbangan, karena round trip bisa saja hanya bayar setengahnya.

paris berlin amsterdam helsinki copenhague dublin stockholm madrid vienne lisbonne londres athenes luxembourg bruxelles reykjavik

3. Urutkan Negara-Negara Tujuan
Kamu pecinta museum atau pemandangan kota? Urutkan dulu mana yang tak terlalu banyak bisa dilihat. Seperti contoh itu negara Turki, disana kamu akan melihat banyak, namun pergi ke timur latau selatan kamu tidak akan menemukan banyak hal seperti di Turki. Jadi agar lebih seru dan maksimalkan eforia mu mulailah dengan yang santai dan moderate. Setelah itu kamu bisa nikmati Turki, Naples, dan Krakow.

4. Urutkan Kembali dari Kepadatan Kota Hingga Pedesaan
Bingung? Contohnya kamu coba istirahat dari kepadatan kota Venice, Roma, maupun Florence. Lalu ubahlah haluan yang lebih santai seperti Italian Riviera atau bukit-bukit di Itali dan nikmati hawa segarnya.

5. Ikuti Festival-Festival Yang Ada
Kalau kamu senang dengan pesta, carilah beberapa festival, libur nasional, musim perayaan seni sebanyak kamu bisa. Ini memang mengambil waktu untuk merencanakannya. Atau sesampainya disana coba cek website lokal atau ke kantor turis nasional yang bisa membantumu.

6. Kurangi Sehari Semalam Dalam Menginap
Bahkan dalam jadwal itinerary aja umumnya dua hari menginap di satu kota. Kenapa? Karena kamu akan letih dari perjalanan kereta yang berjam-jam, atau kendaraan apapun yang kamu sewa. Dua malam di hotel akan lebih baik karena kamu akan menikmati sensasi di kota tujuan lebih nyaman dan tak terlupakan begitu saja.

7. Asumsikan Kamu Akan Balik Lagi
Banyak expert berkata kepada saya, jangan pernah berambisi untuk keliling Eropa dalam satu trip yang kamu rencanakan. Karena memang kamu tidak akan bisa menikmati semuanya. Jadi enjoy lah apa yang kamu sudah jadwalkan. Kalau tidak kamu bisa stres karena kamu kecewa tidak bisa melihat semua.

Kamu tahu dong, Eropa itu juga sentral Fashion, jadi untuk kamu penggemar fashion, ada yang saya ingin sarankan untuk dibawa beserta kacamata hitam favoritmu, yaitu desain Saian Aliendra dari Blibli. Tas travel anti air ini memiliki kompartmen yang luas. Jadi kamu tidak perlu membawa ekstra tas kecil untuk keperluan lainnya.

house-of-ian_saian-aliendra-travel-bag

house-of-ian_saian-anindita-travel-bag_full01

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY