Ini Dia 5 Kebiasaan Penyebab Rambut Rontok yang Nggak Pernah Kamu Sadari!

penyebab rambut rontok

Rambut yang lebat dan indah bukan hanya menjadi dambaan setiap wanita. Tapi siapa sangka, kalau banyak aktivitas atau kebiasaan yang sering kamu lakukan sehari-hari, justru malah memicu rambut rontok dan patah.

Nggak percaya? Langsung simak saja, ulasannya berikut ini!

GOOD-HAIR-DAY SETIAP HARI DENGAN PERAWATAN RAMBUT INI

1. Mengikat rambut terlalu kencang

penyebab rambut rontok
Via – wikiHow

Mengikat rambut adalah solusi praktis ketika menghadapi bad hair day, apalagi cuaca panas membuat kamu kegerahan. Tapi ternyata, mengikat rambut terlalu kencang bisa menjadi penyebab rambut rontok, lho! Selain membuat kamu kesakitan, mengikat rambut terlalu kencang dalam waktu lama bisa membuat rambut kamu mudah rapuh dan patah.
Solusinya, hindari terlalu sering menyiksa rambut kita dengan mengikatnya terlalu kencang. Kalau terpaksa, lebih baik gunakan ikat rambut model scrunch yang tidak terlalu memberi tekanan sehingga kulit kepala maupun rambut kita tidak tersiksa!

KLIK DI SINI UNTUK KOLEKSI IKAT RAMBUT PILIHAN KAMU

2. Menyisir rambut ketika masih basah

penyebab rambut rontok
Via – Bustle

Mungkin beberapa orang termasuk kamu, menganggap bahwa menyisir rambut ketika masih basah setelah keramas adalah hal yang efektif dan bisa membuat rambut lebih rapi. Faktanya, saat basah, rambut kamu cenderung rapuh karena kutikula rambut sedang terbuka sehingga membuatnya mudah patah.

Untuk mengatasinya, pastikan kamu menyisir rambut dalam keadaan setengah kering atau benar-benar kering. Untuk mencegah kerontokan, pastikan kamu memakai sisir bergigi jarang atau sisir khusus yang anti-kusut.

BUAT RAMBUTMU MAKIN SEHAT DENGAN PILIHAN JENIS SISIR BERIKUT

3. Menggosok rambut dengan handuk setelah keramas

penyebab rambut rontok
Via – blush.me

Kebiasaan buruk selanjutnya yang menjadi penyebab rambut rontok adalah menggosok rambut dengan handuk setelah kamu selesai keramas. Cara ini sering kamu lakukan untuk membuat rambut menjadi cepat kering, sebagaimana handuk bisa membantu mengeringkan badanmu setelah mandi.

Namun, permukaan handuk yang kasar serta cara menggosok yang terlalu kuat justru hanya akan membuat rambutmu mudah patah dan rontok. Solusinya, pilihlah jenis handuk dengan serat yang lembut, seperti handuk bayi, atau gunakan T-shirt dengan bahan cotton yang lembut untuk mengeringkan rambut kamu yang basah.

TEMUKAN HANDUK YANG TEPAT UNTUK KESEHATAN RAMBUTMU DI SINI

4. Penggunaan zat kimia

penyebab rambut rontok
Via – Today

Di zaman modern ini, kita dapat dengan mudah mengubah gaya rambut dengan berbagai alat dan bahan kimia. Dengan berbagai teknik, rambut kamu pun bisa berubah warna, menjadi lurus, bergelombang, hingga keriting dalam sekejap. Tapi, sering gonta-ganti warna dan model rambut yang banyak rupanya akan membuat kesehatan rambutmu menurun. Meskipun bisa membuat kita tampil keren dan trendi dalam sekejap, penggunaan bahan kimia dalam proses styling rambut dapat membuat rambut lebih kering dan rapuh.

Solusinya, agar rambut lebih sehat dan terhindar dari kerusakan, jangan lupa beri perawatan ekstra seperti hair treatment menggunakan berbagai jenis minyak seperti minyak zaitun dan minyak kelapa. Kamu juga bisa coba semprotkan Tresemmé Heat Protection Spray Keratin Smooth sebelum menggunakan hair dryer atau catokan.

SEGALA HAL YANG KEMU BUTUHKAN UNTUK MERAWAT KAMU ADA DI SINI

5. Menggaruk kulit kepala

penyebab rambut rontok
Via – Allthingshair.com

Ketombe dan gangguan kulit kepala lainnya, seperti seborrheic dermatitis, memang bikin kulit kepala terasa gatal. Kalau sudah gatal begitu, nggak tahan rasanya mau garuk-garuk kulit kepala sampai puas!

Namun, kebiasaan menggaruk kulit kepala, apalagi menggunakan objek yang tajam seperti kuku, bisa membuat kulit kepala mengalami kemerahan, iritasi, bahkan sampai berdarah! Duh, kalau kulit kepalanya saja nggak sehat, bagaimana rambut bisa tumbuh kuat dan anti-rontok? Sebelum hal tersebut terjadi, pastikan kamu memilih sampo anti ketombe yang dapat mencegah rasa gatal di kulit kepala, ya!

BERAGAM PILIHAN SAMPO ANTI KETOMBE ADA DI SINI


Dari lima hal di atas, kira-kira mana yang menyebabkan rambut kamu rontok? Sebelum menghabiskan uang untuk melakukan perawatan rambut yang mahal, lebih baik ubah dulu kebiasaan burukmu yang dapat menjadi penyebab rambut rontok. Kamu juga perlu beberapa faktor tambahan untuk perawatan rambut, seperti vitamin, shampoo, dan conditioner.

Nggak perlu bingung di mana kamu bisa mendapatkannya. Cek saja #BlibliSekarang dan miliki semua yang rambutmu butuhkan! Apalagi Blibli.com menawarkan beragam promo menarik seperti diskon spesial, cicilan 0% hingga gratis ongkos pengiriman. Buruan, sebelum kehabisan!

KLIK DI SINI UNTUK PERAWATAN RAMBUT ANTI-RONTOK DAN PATAH

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY