Friends, apa langkah yang biasa kamu lakukan sebelum membeli barang baik di toko maupun situs belanja online? Mungkin jawabannya adalah mencari dan membaca review atau ulasan orang lain yang sudah membeli dan mencoba barang yang kamu inginkan.

Yep, review atau ulasan sekarang jadi sangat penting karena bisa jadi sumber keputusan sebelum akhirnya membeli sesuatu. Apalagi jika barang yang kita inginkan harganya cukup mahal karena akan dijadikan investasi jangka panjang.

Misalnya, kita akan membeli motor, langkah pertama yang dilakukan adalah cari tahu nantinya motor akan dibutuhkan untuk apa, setelah itu, barulah kita cari tahu spesifikasi motor impian. Setelah tahu model motor tersebut cocok untuk kita, barulah kita mencari review atau ulasan dari orang yang telah membeli dan menggunakan motor yang kita inginkan tersebut.

Tapi, dari mana saja sih kita bisa mendapatkan review atau ulasan? Simak caranya, yuk!

Ulasan Mulut ke Mulut

Mulut ke Mulut Blibli

Siapa yang suka menanyakan komentar suatu barang pada teman dekat atau keluarga? Nah! Pendapat yang dikeluarkan teman itulah yang disebut ulasan dari mulut ke mulut. Jawaban itu, sesubjektif apapun biasanya bisa diterima karena disampaikan secara langsung. Sayangnya, proses ulasan dari mulut ke mulut ini tidak bisa didapatkan dengan instan.

Ulasan di Media Sosial

Social Media Blibli

Ini dia bentuk ulasan lain yang populer sekarang. Karena pengguna media sosial sangat aktif di Indonesia dan karakter orang-orangnya suka berkomentar, pendapat mengenai suatu barang dapat didapatkan dengan mudah di sini. Kamu bisa mendapatkan berbagai pendapat di channel media sosial merek yang diinginkan atau media sosial milik situs belanja mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, hingga Youtube.

Review dan Ulasan Tertulis

Review Blibli

Ulasan tertulis merupakan cara terbaik untuk mencari pendapat orang tentang suatu barang. Kenapa? Karena ulasan itu bisa dicari lewat mesin pencarian! Makin banyak ulasan, makin bagus! Jadi, kita sebagai pembaca punya lebih banyak masukan yang bisa dijadikan pertimbangan. Nah, media yang bisa digunakan sebagai sumber pencarian adalah situs belanja online, blog, dan forum komunitas.

Situs belanja online bisa dijadikan sumber utama karena punya banyak stok dan pasar yang lebih luas. Selain itu, orang yang menulis ulasan biasanya punya opini yang lebih subjektif. Kedua adalah blog, yang bisa dimanfaatkan untuk mencari ulasan karena punya detail yang lebih panjang ditambah aksen visual. Selain itu, forum juga bisa dijadikan sumber pencarian karena punya sistem komunikasi dua arah yang bisa dimanfaatkan.

Ulas Puas Blibli.com

main-banner-ulas-puas-latest
Ulas Puas Big Challenge, bermanfaat bagi orang lain sekaligus bisa dapat hadiah!

Friends, Blibli.com juga punya sarana bagi kamu yang cari ulasan suatu produk. Jadi, ada fitur bernama Ulas Puas yang bisa kamu manfaatkan. Selain bisa membaca ulasan, kamu juga bisa mengulas produk yang sudah kamu beli, jadi kamu juga bisa bermanfaat bagi orang lain. Ulasan berisi saran bisa masuk ke Blibli.com untuk memajukan kualitas dan pelayanan, sedangkan ulasan produk yang komprehensif bisa bermanfaat untuk orang lain.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan hadiah kalau ikut Ulas Puas Big Challenge, program baru yang Blibli.com lakukan. Ulas Puas Big Challenge adalah kompetisi menulis ulasan produk yang telah ditentukan produknya. Dalam menemukan produk tersebut, peserta terlebih dahulu harus memecahkan beberapa teka-teki atau clue yang diberikan. Setelah menemukan produk tersebut, peserta dapat mengulasnya dengan ulasan minimal 100 kata. Akan dipilih satu pemenang Ulas Puas Big Challenge yang berhak mendapatkan voucher belanja senilai Rp500.000,00 (minimal belanja Rp510.000,00).

Setiap bulannya akan ada satu “produk rahasia” yang berbeda dengan teka-teki simpel. Teka-teki yang diberikan bisa secara langsung dimengerti, bisa juga melalui “simbol-simbol” atau pemahaman umum yang Blibliers ketahui tentang produk. Teka-teki ini tentunya akan selalu di-update setiap bulannya, bersamaan dengan pengumuman pemenang Ulas Puas dan pemenang Ulas Puas Big Challenge.  Eits, penasaran, kan? Jika kamu berminat untuk mengikuti program Ulas Puas Big Challenge, yuk, buruan temukan produk yang harus diulas melalui teka-teki simple yang bisa Friends lihat di sini. Jangan lewatkan keseruan ini, ya, Friends! Ulas produknya, puas hadiahnya!


2 COMMENTS

LEAVE A REPLY