Sukses Usia Muda

Muda kaya, tua bahagia, mati masuk surga. Siapa Friends yang nggak ingin seperti itu? Tapi memang tak bakal semudah itu. Ada banyak hal yang harus diperjuangkan.

Beruntung belakangan ini sudah terjadi banyak perubahan. Dulu rata-rata orang terkaya di dunia diisi oleh orang-orang berusia di atas 45 tahun. Bisnisnya pun rata-rata konvensional, dari jualan barang, industri tambang, hingga properti. Namun kini coba lihat daftar orang terkaya di dunia. Jumlah yang triliuner yang berusia di bawah 35 tahun makin banyak. Sebut saja Mark Zuckerberg pendiri Facebook. Di usianya yang baru di awal 30-an, sudah sempat masuk di peringkat 10 besar orang terkaya di dunia.

Perkembangan teknologi yang pesat memang mengubah dunia. Banyak pengusaha muda sukses berkat teknologi. Selain Zuckerberg, masih banyak nama lain yang muncul—seolah-olah—tiba-tiba. Mendadak kaya. Padahal sejatinya, mereka juga berjuang di usia yang belia.

Tak ada yang mulus. Tapi kalau belajar dari kisah sukses perjuangan para pengusaha muda sukses, ada banyak harapan. Untuk itu, Blibli coba merangkum apa saja yang dilakukan para pengusaha muda itu, agar Friends juga bisa sukses seperti mereka:

  • Jeli mencari solusi atas masalah

 Solusi

Adanya masalah sebenarnya bisa mendatangkan banyak peluang. Kamu tahu Airbnb kan? Itu adalah hotel atau penginapan yang dikelola Airbnb tanpa Airbnb memilikinya! Dan sekarang, Airbnb dinobatkan sebagai pengelola jaringan hotel terbesar di dunia. Bagaimana awalnya? Sang pendiri Joe Gebbia dan Nathan Blecharczyk kesulitan mendapatkan kamar hotel dengan harga terjangkau. Lalu mereka mencari solusi dengan mencari orang yang mau menyewakan kamar kosong. Hasilnya? Saat ini banyak sekali kamar ditawarkan dengan harga terjangkau dan Airbnb mendapatkan persentase keuntungan dari setiap kamar yang tersewa.

  • Cintailah apa yang kamu kerjakan

Kaskus

Kamu pasti akrab dengan situs komunitas terbesar Kaskus? Pendirinya Andrew Darwis sampai harus habis-habisan membiayai Kaskus. Konon, sampai sembilan tahun Kaskus belum menghasilkan keuntungan. Tapi karena ia sangat cinta dengan produk kebanggaannya itu, Andrew yang dibantu saudaranya, Ken Dean Lawadinata, terus berjuang keras menghidupi Kaskus. Kini? Sebagai komunitas online terbesar di Indonesia, Kaskus beromzet miliaran dalam sebulan.

  • Adaptasi, inovasi, dan selalu penuhi kebutuhan customer

 Facebook

Sudah berapa lama kamu menggunakan Facebook? Kalau sudah cukup lama, pasti merasakan banyak sekali perubahan yang terjadi. Dari yang sekadar bisa menyapa melalui web, saat ini Facebook sudah ada fasilitas chatting dan video calling. Belum lagi tambahan fasilitas video yang sangat gampang di-upload. Inilah salah satu bentuk adaptasi dan inovasi yang dilakukan Zuckerberg dan timnya.

Selain tips tadi, tentu masih banyak hal lain yang bisa kamu lakukan di usia mudamu. Salah satunya, coba fokus dan sabar dengan proses. Meski saat ini semua terkesan serba-instan, tapi sejatinya tak ada sukses yang tanpa proses.

YoT 1

Nah, buat kamu yang ingin belajar bagaimana sukses di usia muda, Blibli ada tawaran menarik nih. Kamu bisa ikut acara Young On Top National Conference 2016 di Balai Kartini Jakarta pada Sabtu 13 Agustus 2016 mendatang. Di acara itu, kamu bisa belajar langsung dengan orang-orang top seperti CEO PT YOT Inspirasi Nusantara Billy Boen, CEO Indosat Alexander Rusli, dan bahkan dengan Gubernur DKI Pak Basuki Tjahaja Purnama.

Yuk, manfaatkan masa mudamu untuk sukses yang Friends dambakan. Sampai ketemu di sana ya.

 

Tyas

Tyas

Tyas - Big fans of coffee, TV series, and books.
Tyas

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY