Beberapa Fanboy Apple rela untuk tetap terbangun jam 12 malam untuk menonton live streaming #WWDC (World Wide Developers Conference) yang merupakan ajang ikonik dari Apple yang selalu mengumumkan produk barunya. Yang diluncurkan adalah OSX Mavericks, MacBook Air, Mac Pro dan iOS7. Dari ke-empat produk tersebut, iOS7 lah yang paling menarik perhatian saya.


iOS7

iOS7 adalah upgrade terbaru dari Operating System iDevices, yang meliputi iPhone, iPad dan iPod Touch atau iTouch. Mendapat tekanan dari Android dan Windows Phone yang semakin inovatif, Apple bermaksud memenangkan pasarnya lagi dengan mengklaim bahwa iOS7 adalah iOS paling berbeda dari versi-versi sebelumnya. Apa yang baru? mari kita jabarkan beberapa.

Dimulai dari menyalakannya, layar terkuncinya sudah berubah dengan menampilkan waktu, tanggal dan cuaca di bawah dan yang lebih bedanya lagi adalah di cara kita mengunlocknya, yaitu dari bawah ke atas, mengingatkan kita akan Windows Phone. Setelah di unlock, banyak sekali pembaruan di bidang tampilan, desainnya. Banyak menggunakan ikon-ikon baru untuk aplikasi standarnya, intonasi warna yang baru, bahkan typography yang baru juga. Menghadirkan keseluruhan tema yang berbeda.

Beberapa aplikasi bawaan juga menunjukkan perbedaan seperti Calendar dengan tampilan baru, scroll layar yang bersambung, perkiraan waktu perjalanan sebelum meeting, maps yang terintegrasi dan banyak lagi. Ada juga aplikasi Mail yang memberikan gesture (rangkaian gerakan) yang lebih banyak, seperti swipe dari samping untuk kembali ke layar sebelumnya, atau beberapa pilihan lain, mirip seperti aplikasi MailBox. Tidak lupa juga Apple mengupdate Safari yang meningkatkan pengalaman browsing full screen, tab tak terbatas, dll.

Camera juga mengalami upgrade secara software, seperti memberikan pilihan filter, pilihan ukuran foto dan juga aplikasi galeri yang berbeda. Galeri secara otomatis akan membagi foto-foto dalam events, dan bisa “mencubitnya” untuk melihat semuanya dari jauh. Mempermudah kita mencari foto, terutama yang sudah lama kita ambil.

Yang paling penting menurut saya adalah hadirnya Control Center. Control Center muncul bila di swipe dari bawah ke atas, menghadirkan pilihan untuk secara cepat mengaktifkan atau menonaktifkan wifi, bluetooth, airplane mode, mengontrol musik dan bahkan senter. Mengingatkan kita seperti Android.

Ada pembaruan juga di multitaskingnya yang mengingatkan kita pada Auxo. Bila kita pernah men-jailbreak iDevices sebelumnya, akan mengerti aplikasi Auxo yang dijual Cydia. AirDrop adalah jawaban Apple terhadap NFC yang tawarkan kebanyakan SmartPhone premium lainnya.Β Banyak hal lainnya yang mungkin implementasinya di Indonesia tidak mungkin tahun ini seperti iTunes Radio, iOS in the Car.

Bagaimana menurut Kamu? Apple kehilangan identitasnya dengan mengambil banyak fitur dari Windows Phone dan Android? atau Apple masih belum memasuki cycle inovasinya, yang biasanya setiap 5 tahun menciptakan sesuatu yang breakthrough?

You decide πŸ™‚

Kadek

Kadek

Football for life, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

2 COMMENTS

  1. Assallammualaikum Bang Ario moga dibulan Ramadhan ini amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT..amien.
    O ya bang tiap detik dan tiap jam selalu saja ada inovasi terbaru ya bang padahal seandainya ada duit mau juga sih punya yang beginian apalagi setelah IOS7 keluar..nasib..nasib..hahahyy.

LEAVE A REPLY