Ada satu merk yang menarik perhatian diantara merk-merk yang familiar di Blibli.com terutama dibagian olahraga: JOMA. Bagi beberapa orang merk ini terdengar aneh, kurang familiar. Aneh tidak selalu berarti negatif, mungkin kita hanya tidak mengetahui apa-apa mengenai merk tersebut.

Pertama kali saya melihat merk ini pada saat menonton tayangan liga Spanyol di tahun 2000-an, terpampang di papan-papan pinggir lapangan. Dan saya pun mencoba mencari tahu tentang merk tersebut. Saya menemukan fakta-fakta menarik menyangkut merk yang satu ini:
– JOMA adalah merk asli Spanyol, kantor pusatnya terletak di Portillo de Toledo
– Sudah berdiri semenjak 1965, pada saat itu masih memproduksi sepatu umum
– Tahun 1968 memfokuskan diri pada produksi sepatu olahraga
– Menarget industri sepak bola sebagai target pasar utamanya
– Saat ini ada 3 cabang olah raga yang menjadi fokus utama: running, tenis dan sepakbola
– Sponsor utama Federasi Atletik Spanyol

Melihat ‘track record’ –nya yang panjang, tidak aneh bila JOMA menjadi merk besar terutama di negara asalnya: Spanyol. Dan melihat negara Spanyol mempunyai tradisi sepakbola yang kuat, maka tidak salah bila JOMA ikut berkibar di sepak bola.

Sepak terjang JOMA di cabang olahraga sepak bola tidak hanya dirasakan di Spanyol saja, tetapi sudah mendunia. Negara-negara seperti Honduras, Nikaragua, Trinidad Tobago dan Uzbekistan menjadikan JOMA sebagai penyedia apparel utama tim sepakbola negara mereka.

Dan bila berbicara di tingkat klub, daftarnya akan menjadi sangat panjang. Tidak hanya klub-klub liga Spanyol yang mempercayakan JOMA sebagai jersey klub kesayangan mereka, seperti: Valencia, Real Oviedo, Getafe, dll tetapi juga merambah hingga ke liga-liga di benua Amerika, Eropa dan Asia. Di liga Indonesia sendiri, beberapa klub mempercayakan JOMA sebagai penyedia apparel mereka (dari jersey tim hingga ke sepatu bola) seperti: Sriwijaya FC, Pelita Bandung Raya, dan Persigres Gresik United.

Joma 01
Frederick Kanoute (kiri), Pepe Reina (kanan)…beberapa bintang sepakbola yang disponsori oleh JOMA

Tidak hanya kontrak dengan klub, kontrak profesional dengan para pemain bola terkenal pun mereka punya. Beberapa bintang sepak bola seperti: Scot Parker (Inggris), Ricardinho (Brasil), Pepe Reina, Pablo Ibanez, Jesus Navas, Diego Rivas, Luis Garcia (Spanyol) dan masih banyak lagi mempercayakan JOMA sebagai sepatu bola utama mereka disetiap pertandingan.

Saya sendiri pernah mencoba dan merasakan sepatu futsal JOMA dan cukup lama juga memakainya. Bila bicara kualitas, merk ini tidak kalah dengan merk besar yang lebih familiar. Desain, bahan, jahitan dan rasa di kaki yang dihasilkan jauh dari kata mengecewakan. Itu untuk sepatu futsalnya sedangkan untuk sepatu lari saya belum pernah mencobanya.

joma_joma-dribbling-black-green_black-green_full01
Joma Dribbling

Dan sekarang Blibli.com menghadirkan JOMA di katalog produk mereka untuk anda coba. Mulai dari sepatu futsal, sepatu lari hingga ke jersey olah raga bisa anda pilih disini dengan berbagai macam varian sepatu dan warna. Sepatu futsal-nya bisa menjadi referensi yang bagus bila Anda mempunyai hobi bermain futsal.

joma_joma-speed-yellow-grey_yellow-grey_full01
Joma Speed

Saya pun berharap bisa mencoba sepatu larinya ‘Joma Speed’ atau bahkan Anda sudah mencobanya? Boleh dong untuk berbagi/menceritakan dengan saya disini bagaimana ‘rasanya’.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY