Laptop

Komputer kini juga memegang peranan penting bagi siswa yang ingin sukses meraih prestasi di sekolah. Kemampuan mengoperasikan komputer kini menjadi salah satu keterampilan wajib untuk bersaing di tingkat nasional dan global.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, kepemilikan laptop dapat menjadi salah satu kunci keberhasilan siswa meraih masa depan impiannya.

Berikut 10 alasan mengapa tiap siswa masa kini harus memiliki laptop sendiri, dilansir dari YangCanggih.com.

  1. Memudahkan pencarian informasi untuk riset

Melalui mesin pencarian semacam Google, ini memungkinkan siswa untuk mencari berbagai informasi yang dibutuhkan ketika melakukan riset terkait materi yang sedang mereka pelajari. Apa pun bisa ditelusuri, yang artinya gudang informasi tanpa batas di dunia maya. Namun pastinya, tetap dalam bimbingan dan pengawasan orang tua serta guru.

Tidak hanya informasi dari Google, murid bisa mencari jurnal atau referensi yang dibutuhkan dari berbagai sumber.

Tugas-tugas yang diberikan oleh guru pun kini banyak yang mengharuskan siswa untuk menggunakan komputer. Contohnya membuat makalah atau presentasi. Dengan memiliki laptop, siswa bisa mengerjakannya di rumah sehingga tidak perlu pergi ke warnet dan menghemat waktu.

  1. Menggantikan buku cetak

Buku Intel

Untuk mengurangi ketergantungan terhadap buku cetak, pemerintah kini menyediakan berbagai buku sekolah dalam bentuk digital. Disebut Buku Sekolah Elektronik, buku sekolah tersebut dapat langsung dibaca oleh siswa dalam bentuk format .PDF atau format dokumen populer lainnya.

Keuntungannya, buku sekolah elektronik tersimpan di laptop. Jadi membawa laptop ke sekolah sama dengan membawa semua buku yang dibutuhkan. Kebetulan, Intel sedang mengadakan program Smarter Generation yang telah menyertakan buku sekolah elektronik ke dalam beberapa tipe laptop tertentu yang ditujukan untuk pendidikan. Bekerjasama dengan Mahoni.com, Intel telah menyediakan 5 tipe laptop yang telah memuat aplikasi Buku Sekolah Elektronik. Informasi lebih lanjut mengenai aplikasi tersebut bisa dibaca di artikel ini.

  1. Memfasilitasi metode belajar yang lebih efektif

Fasilitas Moda Belajar

Siswa yang memiliki laptop sendiri dapat memanfaatkannya untuk belajar dengan metode yang lebih efektif, salah satunya adalah menonton video. Tidak seperti membaca buku, dengan menonton video siswa akan lebih mudah memahami materi-materi yang sulit, seperti bagaimana reaksi kimia yang terjadi akibat campuran zat atau soal matematika yang harus diselesaikan dengan rumus yang rumit.

Untuk belajar melalui video di laptop, siswa dapat langsung mengakses Inibudi.org. Video yang disediakan oleh inibudi dibuat oleh orang-orang yang kompeten di bidangnya. Tidak hanya pelajaran, Inibudi juga memiliki video-video pengembangan pribadi untuk siswa. Informasi lebih lengkap mengenai aplikasi ini bisa dibaca di artikel berikut.

  1. Membantu berlatih mengerjakan soal ujian

Mengerjakan Soal Ujian

Sesudah belajar, tentunya hal selanjutnya yang dibutuhkan siswa adalah mengasah kemampuannya dengan mengerjakan soal-soal. Proses ini sangat penting agar siswa bisa menerapkan apa yang sudah dipelajarinya dan lebih siap menghadapi ujian.

Bicara tentang soal ujian, Kelase memiliki bank soal UTS maupun UAS untuk berbagai tingkat pendidikan, mulai dari SD, SMP, maupun SMA/SMK. Jumlahnya sangat banyak sehingga siswa tidak akan pernah kekurangan soal untuk latihan.

Yang menarik, ada beberapa tipe laptop yang telah dilengkapi aplikasi simulasi ujian negara dari Kelase. Cukup beli satu dari 5 jenis laptop yang masuk dalam program Intel Smarter Generations dan Anda akan mendapatkan aplikasi Kelase ini secara gratis. Informasi mengenai aplikasinya dapat dibaca di sini.

  1. Untuk belajar coding

Belajar Coding

Bagi siswa yang berminat membuat program atau istilah gaulnya β€œcoding”, laptop atau PC merupakan alat yang mutlak dimiliki. Ini mengingat Anda harus menggunakan PC untuk mengakses software untuk coding dan tutorial yang mengajari membuat aplikasi untuk berbagai platform.

  1. Melatih kreativitas

Melatih Kreativitas

Bagi desainer modern, komputer merupakan alat yang wajib dimiliki. Dengan bantuan komputer, proses kreasi akan dapat dipercepat dan didigitalisasi. Bahkan Anda juga dapat menjual hasil kreasi di Internet melalui komputer.

Salah satu contoh desainer grafis asli Indonesia yang berhasil menembus pasar global adalah Nuryanti Eryz. Ilustrator yang sedang menuntut ilmu di Institut Seni Indonesia Yogyakarta ini menjadi terkenal di situs kreatif berkat keterampilannya membuat sketsa binatang peliharaan. Tentunya aksi kreatifnya akan lebih susah tersalurkan jika tidak menggunakan komputer.

Selain menggambar, masih banyak kegiatan kreatif lain yang bisa dilakukan dengan komputer mulai dari menciptakan lagu, membuat video, dan sebagainya.

  1. Mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja

Dengan terbiasa menggunakan komputer, baik desktop PC maupun laptop, sejak dini, siswa akan lebih siap untuk menghadapi dunia kerja. Saat ini hampir semua perusahaan sudah mengandalkan komputer untuk menjalankan kegiatan bisnisnya. Maka tidak heran jika kemampuan mengoperasikan komputer akan menjadi nilai tambah bagi siswa saat memasuki dunia profesi.

Jika sudah memiliki laptop sendiri, tentunya siswa akan lebih leluasa untuk belajar menggunakan komputer sesuai dengan tuntutan jaman.

  1. Wirausaha juga butuh komputer

Belajar Jadi Wirausaha

Tidak hanya mempersiapkan diri untuk dunia kerja, siswa yang ingin menjadi wirausahawan juga membutuhkan komputer untuk mengoperasikan bisnisnya. Mulai dari mencari informasi terbaru agar selalu update dengan bidang usahanya, memantau fluktuasi harga, hingga hal-hal yang penting seperti mencatat pemasukan serta pengeluaran, semua dapat dilakukan dengan komputer.

Bahkan sudah banyak anak muda di berbagai daerah di Indonesia yang merintis usahanya melalui toko online. Dengan bantuan komputer yang handal, menjalankan operasional toko online akan lebih cepat dan mudah.

  1. Untuk keperluan hiburan

Kewajiban seorang siswa adalah belajar. Namun jika dituntut untuk terus belajar dan tanpa hiburan, maka siswa akan menjadi stress dan mengalami gangguan dalam kegiatan belajarnya. Nah, banyak hiburan positif yang bisa dinikmati.

Selain menonton film atau video streaming, aktivitas hiburan yang paling marak dilakukan di laptop adalah bermain game. Adapun game yang tersedia amat banyak dan bervariasi. Bagi orang tua yang mencemaskan konten atau game yang kurang sesuai dengan umur, pastikan Anda memperhatikan rating game sehingga tidak salah sasaran.

  1. Harga terjangkau

Alasan terakhir mengapa siswa dianjurkan memiliki laptop sendiri adalah karena harganya sekarang sudah terjangkau. Apalagi dengan adanya fasilitas cicilan 0%, pengeluaran untuk membeli laptop untuk si kecil bisa lebih terencana. Orangtua bisa membagi pengeluaran agar anak bisa menikmati waktu belajarnya dengan lebih menyenangkan.

Blibli.com punya Official Online Store Intel.
Blibli.com punya Official Online Store Intel.

Blibli.com adalah e-commerce yang menawarkan beragam pilihan laptop atau notebook yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya untuk perangkat 2 in 1 dari Intel, Blibli menawarkan harga khusus. Blibli.com juga punya Official Online Store Intel sehingga kualitas produknya pasti terjamin.

 

Tyas

Tyas

Tyas - Big fans of coffee, TV series, and books.
Tyas

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY