Kalau kamu sadar, sering kita mau tersiksa termasuk rela membuang apa yang kita mau demi kesuksesan nanti. Intinya, saya mau mempertanyakan pengorbanan kita sebesar apa dalam kaitan untuk meraih sukses. Rasanya ini seperti melawan hati nurani tanpa kita sadari. Tenang saja…. ini hal normal yang biasa dijalani oleh setiap manusia di muka bumi ini.

Contohnya, saya bertahun-tahun semenjak awal berkarir suka kebingungan mengenai pernyataan ini. Saya sudah baca buku ini itu, menelusuri website, dimana saya menemukan jawaban kita bisa menikmati kesenangan sekarang dan kesenangan untuk masa depan. Dimana kesimpulan saya adalah kita bisa menikmati keduanya. Bingung?

Jadi, kesimpulan saya seperti ini; kita sering kali dibilang untuk sukses kita tidak boleh instan (menikmati proses) dan yang kedua, dasar dari semua kesuksesan berawal dari kebahagiaanmu. Saya setuju dengan keduanya. Namun saya akhirnya menyampurkan keduanya dengan membuat sebuah teori baru; hiduplah untuk sekarang dan nikmati sepenuhnya tanpa menghancurkan masa depanmu.

Apa kunci untuk menjalankan itu? Mencarinya dengan sepenuh hati semaksimal mungkin untuk tidak membiarkan stres bahkan depresi ikut campur hidup kita. Dibawah ini ada beberapa tips untukmu yang bisa kamu jalani dari teori tersebut:

simplify
photo courtesy by www.kurizutin.com

Buatlah Kesenangan yang sederhana
Saya dari dahulu senang dengan hidup yang serba simple. Biar tidak repot dan menghindari hasil yang hanya menjadi β€˜gudang’ saja. Dari hal kecil sampai gaya hidup saya. Bagi saya ini super fun. Saya buang barang-barang yang tak perlu (dan mungkin menjualnya) dan memiliki waktu yang menyenangkan melakukannya. Coba kamu mulai dengan ini. Hidupmu akan terasa ringan.

photo courtesy by www.familyfood.hiddenvalleys.com
photo courtesy by www.familyfood.hiddenvalleys.com

Temukan kesenangan yang gratis
Menghemat tidak selalu menjadi hal yang membosankan atau memperketat ruang. Ayo coba gunakan imajinasimu, be creative dan temukan berbagai cara untuk bersenang-senang tanpa menguras isi dompetmu. Bangkitkan hal sederhana, seperti: piknik di taman, pergi ke pantai, melukis, main kartu, membuat kue, dll. Coba buat 100 daftar dan pasti kamu bisa menambah seratus lagi. Menyederhanakan kesenangan itu murah meriah.

photo courtesy by www.wecarenow.org
photo courtesy by www.wecarenow.org

Menemukan kembali hal penting dalam hidupmu
Sering kali kita mengeluarkan uang dengan menonton bioskop, nongkrong di kafe, belanja di luar negeri, makan di restoran tanpa kita sadari kita tidak menikmatinya. Coba lah untuk berhenti sejenak untuk berpikir kembali, apakah kita benar-benar melakukan hal yang kita mau, apakah kita ada waktunya? Banyak menjawab tidak untuk satu ini. Well, mungkin banyak hal tak penting yang berjalan di hidupmu. Untuk itu coba kamu renungkan dan berpikir jernih mengenai apa yang penting bagimu. Lalu buang semua hal tak penting itu termasuk barang-barang mahal dan fokus kepada yang kamu anggap penting. Misalnya seperti apa yang saya lakukan; lebih mendekatkan diri kepada kelurga, membaca, menulis, olahraga, menjadi relawan, atau memberi waktu untuk menyediri di tempat yang nyaman bagi saya. Tebak berapa uang yang keluar untuk itu?

hanging-out-bonnie-haversat

Buatlah lingkunganmu prioritas utama
Ini berhubungan dengan tips diatas. Cobalah untuk buat orang-orang disekitarmu untuk menjadi prioritas utama, terutama orang yang kamu sangat cintai, teman dekat, dan keluarga. Untuk itu kamu tidak memerlukan uang yang banyak. Habiskan waktu bersama mereka dengan sesekali mengunjungi mereka hanya untuk sekadar catching up. Duduk mengobrol kan tidak melulu harus pergi keluar ke kafe atau ke bioskop. Kamu hanya perlu duduk, nikmati segelas teh atau kopi dan berbicara.

photo courtesy by www.strongerfamilies.org
photo courtesy by www.strongerfamilies.org

Bercanda dan tertawalah
Hal ini adalah penting bagi saya, dan mustinya bagi kamu juga. Bicarakan apa yang kamu baca, tonton, dan hal yang telah kamu lalui, mimpimu serta harapanmu. Hal seperti ini tidak sedikitpun mengeluarkan uang bukan..

MeTime

Cari waktu untuk diri sendiri
Buatlah setiap hari dan setiap minggu untuk menikmati waktu diri sendiri. Itu akan memberi arti lebih dan kenikmatan terhadap hidup, daripada terburu-buru dalam hidup sampai tidak ada waktu untuk berpikir, untuk nafas. Untuk menemuan waktu coba kamu pikirkan baik-baik tips-tips ini.

Man doing yoga

Lakukan Yoga
Bukan hal mengikuti tren tapi olahraga jiwa satu ini terbukti mampu meningkatkan hidup lebih baik. Yoga hari ini bisa kamu temukan dimana-mana. Olahraga satu ini bisa melancarkan nafas dan kesehatan. Apalagi kamu yang tinggal di hiruk pikuk kota. Banyak jenis Yoga yang kamu bisa ikuti, seperti mencobaΒ power swing yoga, gelantungan di udara dengan teknik yoga itu menyegarkan. Untuk kamu yang pemula bisa ikut yoga for beginner.

photo courtesy by www.static.portent.com
photo courtesy by www.static.portent.com

Telusuri kesuksesanmu terdahulu
Tidak menjadi masalah kalau hanya sebuah tabungan yang sedikit meningkat atau kamu bisa lari dari 1 kilometer (km) ke 4km. Mengurut kembali kesuksesanmu bukan melulu mengenai karir, namun pencapaian-pencapaian yang diluar pekerjaan. Melihat perkembanganmu mengembalikan motivasi dalam hidupmu.

photo courtesy by www.solidsmack.com
photo courtesy by www.solidsmack.com

Slow down
Dalam artian yang sama, kamu tak akan bisa menikmati hidup sepenuhnya kalau hidupmu serba terburu waktu seperti terbuang begitu saja momen hidupmu. Pernakah berpikir seminggu berlalu dengan cepat, sebulan, bahkan sudah akhir tahun saja? Mungkin kamu berada di jalur serba cepat. Cobalah untuk berhenti sebentar, keadaan akan menjadi minim stres dan kamu akan lebih menikmati yang ada. Menyetirlah dengan pelan, makan perlahan, dan perlamban hidup. Belajar untuk menemukan hal yang murah sekaligus keren. Misalnya, anggap saja saya aneh, tapi saya suka belanja di pasar Senen, banyak sekali hal-hal klasik yang keren namun murah. Atau coba ke garage sale, mungkin juga coba cek peminjaman sepeda seperti di Kota Tua Jakarta. Intinya banyak hal kecil yang menikmati hidupmu lebih hidup. Cheers!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY