Yang namanya sakit pasti tidak terhindarkan dari manusia. Setiap orang pasti pernah merasakannya. Meskipun dia seorang atlet yang mempunyai program latihan rutin sekalipun. Ketahanan tubuh setiap manusia akan berbeda-beda, beberapa sangat rentan, ada juga yang hanya sakit sehari dalam setahun. Apalagi di dalam musim yang “moody” sekarang ini, pagi matahari sangat menyengat dan mendung gelap di siang hari berlanjut dengan hujan semalaman, maka di saat seperti ini tubuh manusia sangat rentan terhadap penyakit.

Anda tidak akan pernah tahu darimana penyakit akan datang, tapi Anda bisa mengantisipasinya. Peribahasa ‘Sedia Payung Sebelum Hujan’ bisa dipraktekkan disini. Dibawah ini akan saya tulis beberapa faktor diantaranya, dan semoga bisa membantu Anda tetap sehat untuk bisa tetap melakukan segudang aktifitas Anda.

Kuman Ditempat Kerja

Dimanapun tempat kita beraktifitas, baik di kantor, sekolah, restoran, tempat fitness secara konstan kita melakukan kontak terhadapat berbagai jenis kuman dan bakteri. Beberapa diantaranya sudah biasa bagi tubuh kita dan ada juga yang bisa membuat tubuh sakit bila kita tidak melakukan tindakan pencegahan.

Dan jangan lupa untuk lebih sering cuci tangan dengan air dan sabun (sanitizer saja tidak cukup).

Obat/Suplemen

Ketika orang disekeliling kita mulai sering bersin-bersin dan memperlihatkan gejala hidung mampet itu saatnya Anda untuk mulai mengonsumsi Vitamin C dan Zinc. Minum Vitamin C dengan dosis 1000mg per hari untuk membuat badan lebih kuat dalam melawan kuman yang ada di sekeliling kita. Lakukan hingga keadaan sekeliling mulai normal kembali.

Beberapa Vitamin C dengan dosis tinggi dari brand-brand ternama seperti dari Sunkist, Wellness, Nature’s Plus dan lainnya bisa anda peroleh di sini. Blibli.com menyediakan keperluan suplemen Anda.

Berat Badan

Bagi para pelari, biasanya Body Mass Index (BMI) mereka cenderung akan lebih rendah dari batas normal. Memang, badan kurus akan membantu performa lari tetapi terlalu kurus akan mengundang penyakit. Karena memudahkan infeksi dan daya tahan tubuh yang rendah yang disebabkan oleh kekurangan kalori.

Maka tidak ada salahnya untuk mencapai BMI yang normal yaitu mempunyai perbandingan berat badan yang normal dengan tinggi badan kita agar tetap sehat dan kuat selama musim pancaroba.

Over Training

Latihan yang berlebihan baik dalam berat dan intensitas dapat menyebabkan melemahnya daya tahan tubuh, berkurangnya performa dan beberapa hal buruk lainnya.

Kurang Istirahat.

Beberapa dari kita masih menganggap remeh yang namanya istirahat. Masih merasa rugi bila memakai waktunya sebentar untuk istirahat. Apalagi dengan kesibukan / aktifitas kita sekarang ini. Layaknya mesin mobil, bila terus-terusan dipakai tentunya akan over-heat dan mogok. Hal yang sama akan terjadi pada badan kita, badan manusia perlu istirahat untuk meregenerasi sel-sel otot yang lelah dan memberi istirahat kepada kerja otot.

Dan ketika kita mengalami flu, beristirahat lah selama 1-2 hari tanpa melakukan training olahraga apapun. Dan lakukan training ringan setelah 3-5 hari flu kita hilang. Sangat tidak disarankan untuk berlari ketika badan kita panas atau demam dan sebaiknya melakukan bed-rest.

Semoga bisa menjadi bahan bacaan yang berguna.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY