Friends, masak jadi salah satu pilihan aktivitas seru buat ngabuburit atau memanfaatkan waktu jelang buka puasa. Tapi, bagaimana kalau aktivitas memasak didokumentasikan lewat video terus dijadikan vlog? Serunya dobel!

Itulah yang dilakukan kawan-kawan blogger dari Komunitas Emak Blogger, Fun Blogging, dan Kokiku dalam acara Blibli Friends Meet Up: Cooking and Video Blogging Workshop #BelanjaKebaikan with Kokiku TV Jumat (17/6) lalu. Workshop yang bertempat di Modena Experience Center, Kuningan, Jakarta Selatan ini berlangsung dari pukul 3 sore hingga 7 malam.

Lani menyatakan kegembiraannya karena bisa bertemu langsung dengan para blogger dan partner.
Lani menyatakan kegembiraannya karena bisa bertemu langsung dengan para blogger dan partner.

Blibli seneng banget nih bisa mengadakan kegiatan komunitas ini di bulan puasa. Lani Rahayu, Senior Marketing Communication Manager Bllibli.com juga menyatakan kegembiraannya karena Blibli bisa mempertemukan para blogger untuk belajar sekaligus ngabuburit bersama. Blibli Friends Meet Up kali ini jadi edisi pertama bertema kuliner, lho!

Kegiatan pertama adalah menyimak presentasi dari Kokiku TV, portal online buat pecinta makanan yang udah jago banget bikin vlog masak. Kawan-kawan dari Kokiku TV ini membagikan beberapa cara untuk mendokumentasikan proses memasak, yang ternyata simpel banget. Arnold dan Tama, duo yang kebagian menjelaskan proses vlogging menjelaskan bahwa pembuatan video bisa dilakukan lewat smartphone yang dimiliki. Jadi, tinggal niat Friends saja untuk mendokumentasikan proses memasak agar sebuah vlog bisa ditonton.

Kata Arnold dan Tama, vlogging kegiatan memasak gampang, lho!
Kata Arnold dan Tama, vlogging kegiatan memasak gampang, lho!

Nah, kunci lain untuk membuat vlog masak adalah penggunaan kata kunci yang umum. Jadi, sebelum masak, pertimbangkan dulu resep yang mudah dan bisa diaplikasikan siapa saja. Misalnya, ayam, kue, atau mie. Masakan ini masuk dalam trending topic sehingga orang-orang bisa melirik vlog-mu. Kolaborasikan juga karyamu dengan Youtuber lain sebagai strategi menarik publik.

Serius banget nih nyimak ilmu baru.
Serius banget nih nyimak ilmu baru.

Setelah penjelasan Arnold dan Tama selesai, para blogger dipertemukan dengan Chef Lucky Andreono, yang memenangkan ajang kompetisi Master Chef Indonesia. Ngapain sih? Tentu saja, Chef Lucky membagikan kemampuannya memasak! Resep semur daging yang simpel pun berhasil diracik Chef Lucky dalam waktu singkat. Kegiatan memasak Chef Lucky ini pun didokumentasikan dan disiarkan langsung oleh Tama sehingga peserta bisa melihat langsung proses memasak sekaligus syutingnya.

Yiha, langsung nonton skill Master Chef Lucky mengolah daging.
Yiha, langsung nonton skill Master Chef Lucky mengolah daging.

Habis menonton demo dokumentasi masak, peserta digiring langsung menuju dapur yang jadi tempat mereka mempraktikkan langsung ilmu yang sudah didapatkan. Sebanyak 32 peserta dibagi jadi sekitar 13 grup. Jadi, satu grupnya berisikan 2-3 orang ditugaskan langsung untuk memasak sekaligus mendokumentasikannya. Resep semur daging yang saat demo sudah dijelaskan, langsung dimasak dengan bahan-bahan yang sudah tersedia dengan tambahan minyak dan kecap dari Wings Food.

Dapur Modena Experience Center jadi heboh!
Dapur Modena Experience Center jadi heboh!

Ini dia, saat memasak jadi momen paling diingat karena peserta sibuk mengolah masakan, mencari-cari alat masak di rak masing-masing, dan sibuk merekam. Di sela kegiatan itu, masih ada lho, peserta yang curi-curi momen buat selfie atau foto bersama. Gak apa-apa, yang penting jangan ada masakan yang gosong.

Karena waktu terbatas, waktu buka puasa pun harus dilakukan di sela-sela proses memasak. Ajaibnya, peserta bertahan untuk tetap di dapur hingga proses masak dan dokumentasi selesai. Mereka bergantian untuk menjaga masakan satu sama lain! Padahal baru kenal, tapi sudah akrab ya.

Terima kasih, bloggers! Sudah ada yang siap jadi vloggers?
Terima kasih, bloggers! Sudah ada yang siap jadi vloggers?

Yep, setelah proses memasak yang super heboh, peserta kembali ke ruangan workshop untuk penutupan sekaligus pembagian hadiah! Ya, acara ini juga menyimpan taburan hadiah dari Blibli.com, Modena, dan Kokiku TV. Terima kasih yaa buat para partner dan peserta yang sudah meramaikan acara ini. Hujan dan macet bukan halangan untuk belajar hal baru!

So, berikut adalah pemenang lomba Video Blogging pada event kali ini: Winda Puspita, Juara 1 mendapat voucher Blibli.com senilai Rp1.000.000. Afifah Mazaya,ย  Juara 2 mendapat voucher Blibli.com senilai Rp500.000. Refika Z Artari, Juara 3 mendapat voucher Blibli.com senilai Rp250.000 yang akan dikirimkan melalui ke email masing-masing. Selamat!


1 COMMENT

LEAVE A REPLY