Seiring dengan berjalannya waktu dan penggunaan sepeda itu sendiri, saat ini ‘Mountain bike’ atau sepeda gunung sudah berkembang menjadi beberapa jenis sepeda. Disini saya coba berbagi apa yang saya tahu:

Polygon Collosus TX 3.0
Trail Bike – Polygon TX 3.0

1. Trailbikes
Trailbike menjadi pilihan yang populer di mayoritas para pesepeda. Sepeda dengan travel 4inc atau 5inc ini tersedia dalam 2 pilihan; Dual-Suspension dan Hardtail. Dengan tapak ban yang lebar dapat diajak bersenang-senang di berbagai trek outdoor. Jenis ini menjadi pilihan terbaik untuk pembeli pertama atau yang berencana hanya akan punya 1 sepeda.

 

 

MTB Types - Polygon DX
Dirt Jump – Polygon DX

2. Jumpbikes
Jenis sepeda ini biasanya bertipe Hardtail dan terbuat dari Aluminium atau Besi. Sangat lincah dalam penggunaannya. Biasanya pesepeda yang masih muda yang banyak menggunakan tipe ini, mereka biasa menggunakan sepeda ini untuk penggunaan sehari-hari, pump-track, dirt jumping dan juga skate park.

3. Single Speed
Sesuai dengan namanya, sepeda ini hanya mempunyai 1 kecepatan tanpa adanya drivetrain/komponen penggerak yang rumit. Tapi tetap dapat ditemukan komponen high-tech seperti rem cakram atau disebut juga disc brakes. Tidak disarankan untuk menjadikan single speed ini menjadi satu-satunya pilihan sepeda di koleksi ‘mountain bike’ Anda.

 

 

MTB Types -All Mountain Collosus AX 3.0
MTB Types -All Mountain Collosus AX 3.0

4. All-Mountain
Sepeda dengan travel 5.5inc atau 6inc ini biasanya ditemui dalam tipe Dual-suspension. Untuk penggunaan di trek yang lebih ngga bersahabat dibandingkan dengan cross-country. Dituntut skill lebih dalam penggunaannya mengingat trek yang akan dilalui.

 

 

 

Collosus DHX
MTB Types – Downhill Polygon DHX

5. Downhill bikes
Tampilannya lebih terlihat seperti motocross tanpa mesin. Sepeda dengan travel 8inc – 10inc ini memang dibuat dengan 1 tujuan; balapan! Dengan fork dual crown serta tapak ban yang sangat lebar didesain untuk melahap trek yang sangat brutal. Harga sepeda ini dimulai dari angka Rp 25 juta.

 

 

rodalink_polygon-helios-f300-nickle-satin_full01
MTB Types – Cyclo Cross Polygon Helios

6. Cyclo Cross
Genre yang satu ini relatif baru di Jakarta, tapi tidak di Eropa. Secara fisik mirip dengan road-bike (sepeda balap). Sepeda tipe ini juga bisa masuk ke trek tanah, tapi tidak seberat ‘mountain bike’ penggunaannya. Bila yang anda cari adalah ‘mountain bike’ tidak disarankan untuk membeli sepeda tipe ini.

 

 

 

 

 

Satu hal yang musti anda ingat, istilah ‘ada harga, ada barang’ cukup berlaku di ‘persepedahan’ ini. Tapi tidak perlu khawatir, istilah ‘banyak jalan menuju roma’ juga berlaku di ‘dunia’ ini. 😀


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY