snowpiercer

Its Movie Time!

Untuk kamu yang penggila film, kamu tidak bisa melewatkan film satu ini, yaitu Snowpiercer. Film persembahan Bong Joon-Ho ini kembali menimbulkan kepercayaan penikmat film bahwa diantara film-film komersil Hollywood yang terus mengangkat superhero ini ada film sci fi non Hollywood yang bermutu untuk ditonton. Why can I said that? Karena saya sudah menontonnya saat screening di Jiffest 2013 lalu. Bagi saya, ini merupakan film sci-fi terbaik di tahun 2013 ini. Dan satu lagi perlu digarisbawahi, film ini buatan Korea loh..alias dari negeri Asia.

Cerita diawali dengan isu pemanasan global yang sudah tak bisa lagi dihindari. Kemudian para ilmuwan-ilmuwan dunia menciptakan sebuah solusi. Dimana solusi ini mampu meredam panas yang ada. Caranya dilemparkan ke arah lapisan ozon dan merebak keseluruh dunia. Tapi yang ada solusi ini justru menjadi bumerang. Dunia kembali ke zaman es. Semua serba beku dan bersalju. Hidup pun berjatuhan satu persatu.

Set cerita ini sudah dalam masa depan, ketika semua sudah menjadi salju. Keberadaan manusia hanya tersisa di satu kereta yang dibuat untuk mempertahankan peradaban manusia. Namun kereta ini tidaklah sesuai dengan kemanusiaan. Peraturan yang berlaku adalah bagaimana status kekayaan yang ada. Dari kelas atas hingga menumpang gratis. Kemudian gerbong terakhir, dimana semua yang hidup dalam kemiskinan, diperlakukan tak baik, sudah mencapai titik akhir kesabaran mereka. Terjadilah pemberontakan. Rencana demi rencana mereka bangun hanya dengan tujuan ingin hidup dalam sama rata.

snowpiercer-main-review

Kenapa opini saya berkata film ini adalah film sci-fi terbaik tahun ini karena cerita yang terdapat di film ini sangatlah berlapis. Seakan kamu dibawa ke suatu tempat dimana pada akhirnya kamu menyadari bahwa ini nyata terjadi di kehidupan manusia sebenarnya, bahkan sekarang ini. Cerita yang sebenarnya sederhana tapi kekuatan naskah dan arti dari kehidupan itu sendiri yang membuat film ini unggul, ibaratnya this film is so related to you, its ancient history of human behaviour. Ketika saya keluar bioskop sampai rumah tak ada habisnya saya memuji film ini. Bong Joon-Ho berhasil membuat ramuan klasik pada sebuah film; ketika keluar bioskop, film ini akan terus dikenang!

Bong Joon-Ho asal Korea ini memang sebelumnya banyak melahirkan film-film bagus. Seperti yang kamu kenal, Memories Of Murders, The Host, dan Mother. Selain menyutradarai, kebanyakan dari film-filmnya Bong menulis naskahnya sendiri. Sutradara ini memang dikenal idealis sekali. Tapi karya-karyanya sangat diakui secara internasioanal.

Film ini diangkat dari graphic novel karya Jacques Lob, Benjamin Legrand, dan jean-Marc Rochette asal Perancis. Walaupun ini merupakan film Korea tapi 80% keseluruhan shooting dilakukan dalam bahasa inggris. Menjadikan film Bong pertama yang berbahasa Inggris dan pemain barat. Satu hal yang saya acungi jempol juga adalah pemain-pemain disini juga tak kalah hebatnya dalam membawakan karakter mereka, disini ada Chris Evans, Tilda Swinton, Jamie Bell, John Hurt, dan Ed Harris.

Seperti biasa, kalau kamu penasaran dengan film Snowpiercer, di BlitzMegaplex akan rilis film ini menjadi reguler. Bersama Blibli, program BCA KlickPay Deal akan memberikan voucher nonton. Jadi kamu tak perlu mengantri dan berjuang melawan kemacetan. Betul? Yuk kita ramai-ramai pesan tiket di Blibli.com


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY