Meminum secangkir kopi untuk memulai kegiatan tampaknya sudah menjadi budaya bagi mereka yang berada di kelas pekerja atau working class. Pernyataan itu saya dapatkan saat mengunjungi Pulau Belitong yang merupakan surganya warung kopi.
428459_3708165415439_693139133_n
Di pulau lahirnya cerita Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, warung kopi merupakan tempat warga untuk bersosialisasi. Entah itu membicarakan hal pribadi atau bisnis, semua dilakukan di warung kopi. Dan sepulangnya saya ke Jakarta, ternyata pernyataan yang saya dapat dari seorang penjaga warung kopi di Pulau Belitong ada benarnya.

Hal itu saya rasakan betul saat memulai karir sebagai seorang awak media. Tanpa saya sadari, saya selalu menyeduh secangkir kopi untuk mulai mencurahkan pikiran dalam sebuah tulisan. Karena penasaran, saya pun mencari tau apa sih manfaat dari secangkir kopi?Kenapa minuman berwarna hitam dan punya rasa pahit tersebut berguna untuk menstimulus otak untuk mengeluarkan ide?

Well, seperti yang diketahui kopi mengandung kafein yang merupakan senyawa kimia alkaloid dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2.

Jumlah kandungan zat kafein yang terdapat dalam kopi adalah antara 1 hingga 1,5%. Nah, zat ini bisa dibilang adiktif. Jadi, jika seseorang sudah kecanduan dengan meminum kopi akan merasakan hari mereka akan tidak lengkap tanpa meminum kopi.
Lalu, apa ya, manfaat kopi bagi kesehatan?

Berikut adalah beberapa manfaat minum kopi bagi kesehatan tubuh, seperti yang dilansir oleh markadorocoffee.com:

  • Mencegah batu ginjal
  • Mencegah depresi, karena memacu otak untuk berpikir positif
  • Mempertajam ingatan
  • Menurunkan risiko diabetes
  • Menurunkan risiko kanker lever, payudara, prostat, dan penyakit yang berkaitan dengan obesitas, estrogen, dan insulin
  • Membantu mengatasi konstipasi
  • Membantu mengurangi penahanan air berlebih pada tubuh
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Menurunkan risiko penyakit Parkinson
  • Kopi mengandung zat antioksidan Edward Giovannucci, salah satu peneliti Harvard menunjukkan bahwa kopi memiliki lebih banyak antioksidan dibandingkan kebanyakan sayur dan buah.
  • Membantu meningkatkan kinerja dan produktivitas. Kopi dan kafein yang terkandung di dalamnya diketahui bisa meningkatkan kinerja dan daya tahan tubuh saat bekerja!

So, bagi Anda penyuka paduan kopi Arabica & Robusta dengan tekstur kopi yang halus, rasa akhir kopi yang tidak pahit, rasa susu yang tahan lama, memiliki aroma yang mantap, dan Italian espresso roast level, Marka D’oro “Feel good now” Coffee Drip Series bisa jadi alternatif utama anda untuk menyeruput kopi.

photo 2photo 1

Karena selain rasa dan kegunaan yang didapat dalam secangkir Marka D’oro di atas, dengan membeli kopi Marka D’oro, Coffee DRIP Series, anda juga bisa menggunakan ampasnya untuk berbagai kegunaan, lho.

 Kredit foto: PT. Trans Global Enterprises, Inc.

Apa saja kegunaannya? Check this out!

Kopi untuk Scrubbing dan Masker

Kopi dapat dimanfaatkan untuk mengelupas sel kulit mati dan meremajakan kulit tubuh tanpa membuatnya menjadi semakin kering. Kulit kering diketahui dapat menyebabkan percepatan penuaan dini. Untungnya, kopi bersifat anti penuaan, sehingga dapat mencegah masalah kulit tersebut. Siapkan 3 sendok teh ampas kopi dari Marka D’oro DRIP Filter. Campur dengan 1 sendok teh susu murni (hindari susu kental manis) dan buatlah menjadi pasta. Oleskan campuran tersebut ke wajah sebagai scrub. Pijat seluruh area wajah dalam gerakan melingkar, kemudian biarkan sampai mengering. Setelah pasta mengering bilas dengan air dingin. Lalu keringkan wajah dengan handuk lembut dengan cara ditepuk-tepuk. Terakhir, sesuai keinginan, Anda juga dapat mengaplikasikan pelembab untuk mengunci semua kelembaban di kulit.

Manfaat Kopi untuk Kulit Kepala

Kopi ternyata juga bermanfaat untuk kulit kepala dan rambut. Kandungan antioksidan yang dikandung kopi dapat mencegah rambut mengalami kerontokan. Kafein pada kopi dapat merangsang pertumbuhan folikel kecil di kulit kepala pada pria dan wanita yang mulai mengalami kerontokan rambut atau kebotakan.

Manfaat Kopi untuk Pijat Tubuh dan Perawatan Kecantikan

Anda bisa mencampur kopi dengan cocoa butter atau minak zaitun untuk mendapatkan krim pijat yang ideal. Gunanya adalah untuk menghaluskan, merawat, melembabkan kulit, dan mencegah keriput. Selain itu, dapat dimanfaatkan untuk membersihkan kulit retak pada tumit dan mencerahkan warna siku-siku hitam. Pijatlah selama beberapa menit untuk menghilangkan kotoran di area tersebut dan kulit akan terasa lebih halus.

Manfaat Kopi untuk Menghilangkan Selulit

Kopi ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk menghilangkan selulit di area paha, bokong, dan lengan. Penggunaannya juga cukup sederhana, yaitu dengan mencampurkan ampas kopi dengan minyak zaitun secukupnya. Oleskan campuran itu pada area selulit, lalu diamkan selama kurang lebih 10 – 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Melakukan ini secara rutin, didukung olahraga teratur dan perbaikan nutrisi, akan menghilangkan selulit hingga tuntas.

Kopi untuk Mengencangkan Kulit

Kopi juga berkhasiat untuk mengencangkan kulit, mengatasi kerutan di wajah, sehingga tampak awet muda. Caranya yaitu dengan mencampurkan ampas kopi dengan putih telur. Oleskan pada area kulit dan wajah, diamkan, lalu bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin 3 kali seminggu.
Beberapa manfaat lainnya:

1. Mencegah timbulnya jerawat

2. Menghilangkan aroma tak sedap pada tubuh

3. Menghilangkan aroma tak sedap dalam lemari pendingin

4. Menghilangkan aroma tak sedap dalam ruangan rumah, kantor, mobil, dan bahkan sepatu

5. Mengusir lalat hinggap ke makanan kita letakkan ampas kopi dalam sebuah piring kecil di sebelah hidangan. Di ruangan terbuka, dapat menyalakan lilin di dekatnya. Api yang menyala akan menajamkan aroma kopi sehingga tidak disukai oleh lalat.

6. Membantu menyerap bau asap rokok yang tertinggal di dalam ruangan. Letakkan ampas kopi basah pada asbak agar abu rokok tidak beterbangan ke seluruh ruangan dan sekaligus menyerap bau asap rokok yang tertinggal di dalam ruangan.

7. Melindungi tanaman kesayangan Anda dari serangan hama. Seduh kembali ampas kopi dengan menggunakan air panas, lalu dinginkan kembali air hasil seduhannya. Semprotkan sedikit campuran air kopi tersebut pada tanaman agar terhindar dari hama.

8. Menjadi pupuk untuk tanaman. Campurkan ampas kopi dengan tanah yang akan digunakan untuk tanaman, dapat memberi nutrisi dan membantu penyuburan.

9. Saat pergi memancing, tahukah Anda bahwa umpan cacing yang telah banyak tersentuh oleh tangan tidak akan disukai oleh ikan. Lumuri umpan cacing dengan sedikit ampas kopi agar bau umpan tetap segar.

10. Untuk membuat hiasan, kerajinan tangan, atau karya seni lainnya, keringkan ampas kopi dan sebagai contoh dapat digunakan sebagai dasar atau alas pada hiasan.

11. Mengusir semut dan bekicot. Tebarkan ampas kopi pada rute jalan semut dan bekicot, juga secara acak agar tidak kembali lagi.

12. Membersihkan kerak pada panci memasak. Caranya, dengan menggosokkan ampas kopi pada panci atau wajan yang berkerak. Kemudian cuci kembali dengan sabun dan bilas hingga bersih.

Yap, selamat mencoba!


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY