Microsoft telah menapaki langkah selanjutnya demi membangun sebuah platform infotainment untuk mobil. Kabar ini pun memperlihatkan upaya Microsoft untuk meramaikan pasar platform infotainment untuk mobil setelah sebelumnya Apple dengan Apple’s CarPlay tech dan usaha Google automotive-optimized dengan Android.

Konsep ini telah diperlihatkan minggu lalu pada Microsoft’s Build Conference. Saat itu, Direktur “Internet of Things”, Steve Teixeira mendemonstrasikan fungsi dasar seperti navigasi, media playback dan voice calls pada sebuah video. Platform ini berfungsi sebagai terusan dari “Metro” interface yang berbasis Windows Phone.

Hal ini membuat standar Mirrorlink pada mobil memungkinkan pengendara untuk berkomunikasi dengan Windows Phone tanpa mengeluarkan smartphone tersebut dari kantong. Namun, hingga saat ini Microsoft memerlukan ‘pihak ke-3’ untuk membangun aplikasi yang agar bisa optimal dengan sistem keamanan mobil.

Pihak ke-3 juga dibutuhkan agar Microsoft leluasa dalam mengoptimalkan sistem vehicle infotainment tersebut. Teixteira berujar jika mobilnya dalam mode menyetir, satu yang ingin dibangun adalah singkronisasi untuk leluasa menggunakan aplikasi tersebut di mobil.

“Aplikasi yang kami kembangkan akan membuat nyaman, dan aman saat mobil dalam keadaan safe-mode behavior dan safe drive-mode user-interface standards,” ungkapnya. Dirinya berujar jika konsep tersebut akan dites dengan simulator testing dan percobaan di dunia nyata di jalur terdekat.

Bagaimanapun juga, jika melihat saingan Microsoft kali ini, voice input bakal menjadi fitur yang paling penting. Pasalnya, Apple terlebih dahulu telah mengembangkannya lewat Apple’s Siri Technology sedangkan di Build Conference minggu lalu, Microsoft mengedepankan interaksi touchscreen.

Sementara ini, Microsoft belum mau merilis pernyataan untuk partnership formal dengan automaker untuk membawa teknologi Microsoft ini ke dalam mobil. Well, sambil menunggu kalian bisa mengecek gadget navigasi yang dijual di Blibli.com di bawah ini!

iware-and-blink_iware-gps-8901-blaze_full01
iware GPS 8901 Blaze

iware-and-blink_iware-gps-8901-envy2_full01
iware GPS 8901 Envy2

iware-and-blink_iware-gps-3402_full01
iWare GPS 3402

iware-and-blink_iware-gps5528-multimedia-navigator-5series-with-tv-tuner_full01
IWare GPS Navigator 5538 Multimedia 5Series with TV Turner

Kadek

Kadek

Kadeko - Football for live, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY