Dari 128 peserta yang turut ambil bagian dalam Kejuaraan Indonesia X-Offroad Racing putaran ke-3 (10-11 Mei 2014) di Sirkuit Bumi Semarang Baru (BSB City) Semarang, Mitsubishi Pajero Sport yang dipergunakan oleh Rifat adalah satu-satunya yang bermesin diesel.

Dari hasil yang diperoleh, terlihat jelas bahwa kendaraan bermesin diesel, khususnya yang dipergunakan Rifat, memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan kendaraan dengan bahan bakar bensin.

Hal itu diakui oleh M. Surya Anindita, Retail Marketing PT Pertamina Lubricants yang secara langsung mendukung Pertamina Fastron Offroad Team. “Pebalap kami, Rifat Sungkar memperlihatkan perjuangan yang sangat baik. Dengan menggunakan kendaraan bermesin diesel, Rifat mampu bersaing di papan atas,” ungkapnya.

“Tentu hal ini dapat terjadi karena beberapa hal, yaitu skill si pebalap itu sendiri, performa mesin kendaraan, dan penggunaan pelumas Fastron Diesel, dengan SAE 15w-40 API Service C14, yang memiliki teknologi NanoGuard, sehingga membuat akselerasi dan tarikan mesin diesel menjadi semakin bertenaga,” lanjut Surya. Hal itupun turut membantu tim anyar bentukan PT Pertamina Lubricant yang baru pertama kali turun dalam kejuaraan speed offroad untuk berhasil melewati debutnya dengan hasil cukup baik.

Diawaki oleh Rifat Sungkar, yang sudah bertahun-tahun memperkuat tim balap Pertamina, Pertamina Fastron Offroad Team berhasil menjadi juara kedua kelas Free For All 2, juara kelima Group FFA dan juara keempat Best Overall pada kejuaraan kali ini.

Klik disini untuk melihat koleksi dan perlengkapan Mitsubishi Pajero Sport yang ada di blibli.com!

Pada hari pertama, akibat dari terjangan hujan deras dan angin kencang yang memporak porandakan lokasi pertandingan, hanya 1 Special Stage (SS) atau Etape Khusus yang dipertandingkan.

Tanpa banyak kendala, Rifat berhasil menyelesaikan SS1 ini dengan catatan waktu 3 menit 54,252 detik dan berada di posisi kedua kelas Free For All (FFA) di bawah TB Adhi, yang berhasil mencatatkan waktu 3 menit 51,086 detik. “Sebenarnya semuanya berjalan dengan baik. Walaupun lintasan masih cukup licin akibat hujan sehari sebelum lomba, kami masih bisa mencatatkan waktu yang cukup baik,” terang Rifat.

Di hari kedua, dengan cuaca panas terik, dipertandingkan dua Special Stage. Di SS2, Rifat melaju dengan cukup baik, tetapi pada saat menjalani SS3, setelah melewati satu jumpingan yang cukup tinggi, as roda depan kendaraan Rifat patah, sehingga hanya mampu mencatatkan waktu 4 menit 1,753 detik.

“Kali ini, mesin Mitsubishi Pajero Sport Diesel yang kami kendarai berhasil memperlihatkan performa maksimal. Dan tentu saja hal ini bisa terjadi karena juga mempergunakan pelumas Fastron Diesel yang sangat andal dan membuat mesin bertenaga,” kata Rifat Sungkar, yang di kejuaraan ini ditemani oleh Indra Prasetyo sebagai navigator.
Pertamina Fastron Offroad Team - Rifat & Indra

Kadek

Kadek

Football for life, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY