Tanpa performa yang bagus, bagaimana mungkin kita bisa main game balap mobil pada smartphone dengan mulus atau membuka beberapa aplikasi sekaligus dengan cepat. Ya, performa yang bagus memang penting dan biasanya menjadi fokus utama ketika kita akan membeli smartphone. Dan salah satu rahasia yang ada di balik kinerja sebuah ponsel adalah prosesor. Komponen yang satu ini penting karena di dalamnya terdapat chipset, clock speed, inti, dan GPU.

Chipset berperan sebagai pengatur komunikasi antara prosesor dan komponen eksternal smartphone. Sementara clock speed untuk menunjukkan frekuensi maksimal di mana perangkat inti dapat bekerja dalam hitungan detik. Kemudian inti bertugas untuk membaca dan mengeksekusi program. Lalu GPU berguna sebagai penentu bagus atau tidaknya grafis smartphone.

Tren

Smartphone-smartphone yang beredar di pasaran saat ini umumnya menggunakan prosesor buatan Qualcomm, MediaTek dan Intel. Saat ini prosesor yang paling banyak dipakai untuk smartphone adalah Qualcomm Snapdragon 2,3GHz quad-core Krait 400 dengan Adreno 330 GPU. Blibliers bisa menjumpainya di Samsung Galaxy S4, Sony Xperia Z Ultra, Sony Xperia Z1, LG G Flex, Google Nexus 5, dan Nokia Lumia 1520.

Meski begitu, sejumlah smartphone seperti Sony Xperia Z2, Lenovo Vibe Z2 dan HTC One (M8) yang sudah menggunakan Snapdragon 801. Ini adalah SoC kelas atas terbaru dari Qualcomm yang mengemas 4 inti prosesor Krait 400 dan memiliki kecepatan hingga 2,5GHz. Ketiga smartphone berprosesor Snapdragon 801 tersebut ditawarkan dengan harga berkisar dari Rp7 jutaan sampai Rp9 jutaan.

HTC One M8 (1)

Sementara itu prosesor besutan MediaTek seperti MT6589T quad-core dan MT6589T dapat ditemui di smartphone Polytron Crystal 4 dan HTC Desire 310. Merek lain yang juga menggunakan prosesor quad-core dari MediaTek antara lain adalah Sony, Lenovo dan ZTE.

Sekarang ini sejumlah prosesor Intel yang dahulu biasa dipakai di notebook juga mulai dipasang di smartphone. Contohnya saja Zenphone 4,5 dan 6 yang memakai prosesor dual-core Intel Atom Z2580 1,2GHz dan Intel Atom Z2580 2GHz. Ketiganya dijual dengan harga berkisar Rp1,1 juta sampai Rp3,1 juta. Model lain yang juga memakai prosesor Intel Atom adalah Asus Liquid C.

Cerdas memilih

Banyaknya varian smartphone dengan beragam prosesor dapat membuat kita bingung saat akan menjatuhkan pilihan. Kuncinya hanya satu, pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan bujet agar performa smartphone dapat digunakan secara efektif. Contohnya saja jika Anda memiliki mobilitas tinggi, harus dapat dihubungi setiap saat dan tak jarang mesti mengedit file pekerjaan ketika sedang di perjalanan, smartphone dengan performa superior dan baterai tahan lama sudah pasti wajib menjadi pilihan. Happy hunting!


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY