Penulis: mayangwangi

Furnitur menjadi kebutuhan paling penting dalam rumah untuk Anda tinggali. Ada beraneka ragam furnitur beserta fungsi yang siap jadi penghuni ruangan-ruangan Anda. Salah satu yang terpenting adalah eksistensi dari sofa. Menurut nilai kegunaannya, sofa kini tidak hanya sebagai tempat duduk, namun juga sebagai elemen estetis, pembatas ruang, bahkan pemberi karakter pada ruangan.

Untuk itu, sudahkah Anda pandai dalam memilih-milah sofa yang sempurna bagi hunian Anda? Yuk, simak tips Memilih Sofa Nyaman yang Sempurna Untuk Rumah Anda!

Perhatikan Ukuran

1
Photo by: mostbeautifulthings.net

Ukuran menjadi hal paling penting karena betapapun bagus dan mewahnya sofa Anda, jika ukurannya tidak sesuai dengan ruangan yang ditempati, maka sofa tersebut tidak akan menjadi istimewa. Pemilihan sofa dengan ukuran besar sementara ruangannya sempit dan minimalis, akan mengganggu ruang gerak dan nilai keindahan. Oleh karena itu, sesuaikan besar sofa beserta furnitur lainnya hingga benar-benar tepat dan pas dengan ukuran ruangan.

Tentukan Tata Letak

2
Photo by: mostbeautifulthings.net

Penempatan sofa bisa Anda lakukan sesuai dengan keinginan dan taste Anda, namun jangan lupakan esensi dari ruangan itu sendiri. Jika sofa tersebut difungsikan sebagai titik fokus ruangan, misalnya di ruang keluarga, maka posisikan sofa dengan sempurna berhadapan dengan televisi. Apabila sofa ingin ditempatkan sebagai pelengkap di kamar tidur Anda, posisikan tepat di sudut kamar agar tetap tidak mengganggu fungsi tempat tidur sebagai titik fokus dan fungsi utama.

Pertimbangkan Segi Bentuk

3
Photo by: mostbeautifulthings.net

Hal lain yang harus diperhatikan adalah bentuk sofa. Sesuaikan bentuk sofa dengan fungsi, ukuran, dan gaya ruangan Anda. Yang perlu Anda pahami, ketika duduk, telapak kaki harus bisa menyentuh lantai dan tidak menggantung. Sofa juga harus cukup untuk menampung seluruh badan saat duduk. Bila sofa memiliki bagian untuk meletakkan lengan, pilih yang cukup tingginya agar nyaman. Begitu pula dengan posisi punggung sofa, tidak terlalu tegak dan juga tidak terlalu miring. Pastikan bentuknya memenuhi standar kesehatan dan kenyamanan bagi anatomi tubuh Anda, mengingat fungsi utama sofa adalah sebagai tempat duduk dan rileks.

Sesuaikan Model

4
Photo by: mostbeautifulthings.net

Untuk pemilihan model sofa, sesuaikan dengan gaya interior atau dekorasi dari hunian dan ruangan Anda. Jika mengangkat tema minimalis, pilih sofa dengan model minimalis pula, tidak terlalu mencolok, desain simpel, dan tidak terlalu besar. Lain halnya ketika ruangan Anda berdekorasi ala Victorian Style, pilih sofa dengan model yang mewah dengan ornamen menawan dan dominan untuk ditempatkan di ruangan Anda. Anda bisa menggunakan insting Anda untuk menentukan model yang pas untuk sofa pilihan Anda sejauh keberadaannya tidak mengganggu fungsi, kenyamanan, dan nilai estetika ruangan.

Memilih Warna

5
Photo by: mostbeautifulthings.net

Warna sofa pilihan Anda juga idealnya mengikuti gaya dekorasi dan interior ruangan. Bagi Anda yang dinamis dan senang mengikuti trend interior, Anda bisa menggunakan warna apapun sesuka hati sejauh tidak berseberangan dengan gaya ruangan. Namun, untuk Anda yang memprioritaskan sofa di sisi fungsionalnya saja, atau menyukai gaya-gaya simpel dan tidak terlalu heboh, pastikan Anda memilih sofa dengan warna yang netral dan bersifat timeless. Bila ingin bermain dengan perpaduan warna, Anda bisa aplikasikan pada sarung bantal sofa tersebut.

Cek Material

6
Photo by: mostbeautifulthings.net

Lepas dari fungsi sofa sebagai elemen estetika, jangan pernah lupakan fungsi utama dari sofa itu sendiri. Untuk dapat memenuhi fungsinya dengan baik, pastikan sofa Anda berkualitas bagus sehingga ketahanannya akan lebih lama. Terdapat banyak jenis material untuk bahan pembungkus sofa; katun, denim, kanvas, polyester, kulit sintetis, sutra, beludru, suede, atau kulit asli. Pahami keunggulan dan kekurangan dari setiap jenis material tersebut. Pilih material yang tahan lama, mudah dibersihkan, sehingga tetap cantik dan layak untuk digunakan dalam jangka waktu lama.

Bagaimana, siap memilih sofa untuk rumah Anda? Klik disini untuk melihat ragam pilihannya!

grya_logo_tagline
Artikel ini merupakan hasil kerjasama Blog Blibli Friends dengan GRYA
Kadek

Kadek

Football for life, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY