Lighting Kamera

Dalam dunia fotografi, cahaya memegang peran sangat penting untuk terciptanya sebuah karya hebat. Fotografi sendiri merupakan istilah yang berasal dari dua kata yaitu photos (cahaya) dan graphein (melukis). Jadi untuk menciptakan sebuah karya fotografi, cahaya menjadi kunci.

Ada dua jenis cahaya dalam fotografi yaitu cahaya alami dan cahaya buatan. Cahaya alami adalah cahaya yang berasal dari matahari dan tidak bisa diatur, diredupkan, dan diterangkan. Sedangkan cahaya buatan bisa kamu atur sesuai kebutuhan dan sumber cahaya ini biasa disebut dengan lighting.

Bagi kamu yang berencana membeli lampu tambahan untuk keperluan fotografi, silakan cek perlengkapannya di sini. Keuntungan berbelanja di tempat ini adalah terdapat berbagai fasilitas manarik, salah satunya adalah Cicilan 0% yang akan memudahkanmu untuk memiliki barang yang kamu inginkan.

Bila kamu masih bingung mengenai perlengkapan lighting apa saja yang diperlukan, cek langsung di bawah ini Friends:

Flash

Flash

Setiap kamera umumnya dilengkapi dengan internal flash. Namun, internal flash kekuatannya terbatas dan tidak bisa diatur arah cahayanya. Hal ini yang membuat internal flash tidak bisa digunakan dengan maksimal. Kamu memerlukan external flash seperti ini ย yang bisa dicopot pasang dan bisa diarahkan sinarnya sesuai keingingin. External flash bisa menghasilkan bermacam efek cahaya yang tidak mungkin dilakukan dengan internal flash.

Diffuser

Diffuser

Alat ini bentuk dan kerjanya cukup sederhana. Dipasang di depan lampu flash dan berfungsi mengurangi intensitas cahaya yang keluar dari external flash. Lampu flash yang tertahan dan tersaring oleh diffuser ini sifat sinarnya tidak terlalu keras dan lebih lembut. Salah satu efek paling kelihatan adalah kulit yang terkena sinar flash yang disaring diffuser lebih alami. Tanpa difusser, kulit objek fotomu akan terlihat terlalu mengilat dan warnanya tidak rata. Diffuser juga berfungsi mengurangi efek mata merah dalam foto. Cek diffuser yang satu ini ย untuk melengkapi koleksi lightingmu.

Wireless flash trigger

Wireless Flash

Pernah melihat fotografer memotret menggunakan 2-3 flash sekaligus? Sesi pemotretan tersebut pasti dibantu dengan wireless flash trigger seperti ini.ย Alat ini memudahkan kamu mengatur dan merekayasa cahaya, sehingga foto jadi terlihat alami dan sempurna. Alat ini kecil dan ringan, jadi cocok untuk pemotretan indoor maupun outdoor.

Payung

Payung

Sama dengan pepatah, sedia payung sebelum memotret. Payung beserta tripod seperti ini cocok digunakan untuk pemotretan yang agak serius seperti prewedding atau pemotretan makanan. Cahaya yang ditembakkan flash akan terlihat alami dan foto yang dihasilkan akan lebih baik. Sistem kerjanya mirip diffuser, tapi alat ini bisa diatur dengan lebih variatif, karena bisa diatur jarak antara flash dengan payung dan objek foto.

Dengan bantuan alat-alat yang bisa kamu beli di Blibli dengan fasilitas multipayment ini, semoga karya-karya fotomu bisa makin maksimal ya Friends. Selamat memotret!

Tyas

Tyas

Tyas - Big fans of coffee, TV series, and books.
Tyas

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY