nike_nike-sportwatch-gps-1ja0-054-01-black-anthracite_black_full01.jpg.pagespeed.ce.w3o6NsBkTc
Nike Sportwatch+ GPS

Jam Global Positioning System (GPS) saat ini sudah menjadi salah satu bagian tak terpisahkan dari peralatan lari kita dan gadget yang satu ini sudah mengalami pengembangan yang pesat sejak kemunculannya pertama kali. Dahulu jam GPS berbentuk besar, kaku dengan kemampuan menemukan satelit yang susah…tetapi saat ini jam GPS sudah enak dilihat secara fisik, ringan, akurat dan memiliki fitur-fitur untuk meningkatkan kualitas program latihan kita.

Selama lebih dari satu dekade nama Garmin telah menjadi brand  pemimpin di industri ini, namun seiring pengembangan waktu dan teknologi,  mulai banyak brand baru bermunculan seperti: Timex, Nike, Polar, Magellan, TomTom dan lainnya. Jam GPS yang beredar saat ini sudah mempunyai berbagai macam pilihan baik dari segi harga maupun desain, dan sudah dibuat khusus untuk beberapa tipe atlet.

Dan, dengan banyaknya pilihan di pasar saat ini, menjadi sangat penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor sebelum memutuskan membeli. Seperti: untuk apa Anda perlu jam GPS, desain seperti apa yang pas dan seberapa besar Anda mau membayar untuk sebuah jam GPS. Dari hal-hal tersebut kita bisa memilih mana yang paling terbaik untuk keperluan Anda.

Untuk apa jam GPS Anda?
Hampir semua kegiatan outdoor bisa kita monitor dengan jam GPS seperti: lari, sepeda, hiking bahkan sekadar untuk mengajak jalan sore bersama anjing peliharaan bisa kita review. Memang pada dasarnya jam GPS dibuat untuk para pelari, tetapi ada fitur-fitur yang berguna untuk para pesepeda, atlit Triathlon dan hikers. Ketika memilh jam GPS pertimbangkan kegunaan apa yang Anda inginkan dari jam tersebut sehingga semua fitur bisa terpakai secara maksimal.

Perhatikan juga level skill anda dalam apapun aktvitasnya. Bila masih pemula ya tidak perlu membeli jam GPS yang mempunyai fitur canggih seperti yang bisa mengukur heart rate dan langkah kaki atau bahkan yang bisa mengetahui kadar VO2 Max Anda. Sebagai pemula disarankan mencari yang mempunyai fitur basic (dasar), seperti: pengukur jarak, peta lintasan dan lainnya.

Desain Jam
Bila Anda mencari jam GPS beberapa tahun yang lalu pasti yang Anda temukan hanya yang berbentuk besar seperti batu bata, kaku dan berat. Sedangkan model terbaru saat ini sudah lebih ramping, ringan dan dalam berbagai warna pilihan. Bahkan bila Anda melihat Garmin Forerunner 10 hanya terlihat seperti jam sport pada umumnya dan cukup ringan, karena beratnya tidak sampai 0,5 kilogram (kg).

Jam GPS model lama yang besar pun masih bisa kita temui seperti Magellan Switch dan Switch Up. Salah satu keuntungan jam besar ini adalah kemudahan dalam melihat layarnya yang lebar dan bisa menampilkan beberapa data sekaligus secara bersamaan. Tapi tidak disarankan untuk memakainya pada acara kawinan teman Anda 🙂

Harga
Pada dasarnya semua jam GPS mencatat waktu, jarak dan pace. Tetapi dengan semakin mahal harga juga semakin banyak fitur yang bisa ditemukan. Jam GPS biasanya terbagi dalam 3 kelas: Budget, Mid-range dan High-end.
– Budget (dibawah 1,5jt)
Bisa mencatat waktu, jarak, pace dan kecepatan. Tipe ini jarang yang mempunyai fitur pencatat heart rate dan tidak semua brand atau tipe bisa di sinkronisasi dengan komputer untuk mendownload hasil training kita.

– Mid-range (1.5jt – 2,5jt)
Dalam tipe ini selain fitur-fitur basic juga mempunyai fitur heart rate monitor. Semua jam dalam range ini bisa disinkronisasi dengan komputer, mempunyai daya tahan baterai yang lebih bagus dan biasanya mempunyai fitur training yang bisa di program (seperti Garmin virtual partner).

– High-end (2.5jt keatas)
Sudah pasti tipe ini mempunyai semua kelengkapan dari sebuah jam GPS. Bisa kita program untuk fitur virtual training-nya melalui komputer juga kita bisa mengatur tampilan apa yang kita inginkan di layar jam kita. Dalam tipe ini biasa dibuat khusus untuk kegunaan tertentu seperti untuk atlet Triathlon bisa mencatat jarak renang dan berapa jumlah stroke yang kita buat, untuk pelari lebih ramping dalam desainnya dan dengan fitur-fitur canggih sedangkan untuk para pendaki gunung mempunyai fitur kompas dan pendeteksi ketinggian.

Fitur
Fitur terdiri dari beberapa kategori tapi secara garis besar bisa dibagi dalam beberapa kategori ini:

Hardware:
Ini termasuk masa hidup batre, sensor-sensor lain diluar GPS seperti: Thermometer, kompas, altimeter, accelerometer.

Data Fields:
Yang dimaksud Data Fields ini adalah kemampuan jam tersebut mencatat dan merekam baik itu waktu, jarak dan pace juga termasuk kalori, elevasi, detak jantung, laps dan lainnya.

Peta dan Memori:
Peta hanya dapat ditemui di beberapa model, meskipun secara tampilan hanya berupa garis-garis rute anda. Ini kita perlukan untuk navigasi pergerakan kita. Seberapa banyak kemampuan jam GPS bisa menyimpan memori atau data sangat bervariasi pada modelnya. Beberapa model hanya bisa menyimpan beberapa aktivitas sedangkan yang lainnya bisa menyimpan berjam-jam aktivitas latihan Anda.

Sinkronisasi.
Pada umumnya jam GPS bisa di sinkronisasi dengan komputer Anda dan di download hasil latihannya. Dan biasanya sudah terintegrasi dengan Twitter atau Facebook sebagai sarana men-sharing hasil latihan Anda.

Kesimpulannya, jam GPS bisa menjadi alat yang sangat berguna bagi kemajuan program latihan Anda dan juga bisa membuat latihan kita lebih menyenangkan. Semoga tulisan ini bisa membantu anda dalam memilih jam GPS Anda.

xblibli_nike-sportsband-2-white-black-wm0060-100_full01.jpg.pagespeed.ic.B22v7-Cj05
Nike Sportsband2

Tidak ketinggalan di Blibli.com juga bisa Anda dapati jam GPS dari Nike yang bekerjasama dengan TomTom yaitu: NIKE+ Sport Watch GPS dan NIKE Sportsband 2 yang cukup direkomendasikan. Selamat berbelanja.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY