Menyediakan stok bumbu dasar di kulkas dapat membantu Anda menghemat waktu saat memasak. Khususnya, bila Anda sering membuat masakan khas Indonesia yang sarat bumbu.

Agar praktis, Anda bisa menghaluskan bumbu dengan blender. Ketika memasak, Anda tinggal menambahkan bahan lain seperti sayuran atau ikan-ikanan ke dalam bumbu dasar tersebut. Berikut ini tiga tips membuat bumbu dengan blender.

Blender Sharp
Blender Sharp

1. Masukkan cairan

Supaya pisau blender terjaga ketahanannya, masukkan sedikit cairan. Pemberian cairan juga akan membantu mempercepat proses penggilingan.

2. Memarkan bumbu

Sebelum menggiling, memarkan dahulu bahan yang akan digunakan untuk membuat bumbu dasar. Minyak atsiri yang ke luar dari hasil pememaran akan membuat aroma dan rasa masakan lebih sedap.

3. Berurutan

Masukkan bahan-bahan yang akan dibuat untuk menggiling bumbu dasar secara berurutan. Dimulai dari bahan yang bertekstur keras serta banyak serat seperti kacang tanah dan lengkuas. Jika sudah halus, masukkan kunyit, jahe atau cabai. Setelah itu, baru tambahkan bahan yang kadar airnya tinggi seperti bawang merah dan bawang putih. Bila menggunakan terasi, masukkan paling akhir.

Bumbu dasar yang sudah jadi siap digunakan. Selamat memasak!


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY