Pernah tahu gak Blibli Shopper kalau kendaraan kita juga punya sistem pernafasan layaknya tubuh?

Mungkin sebagian belum tahu, ya?

Okay, saya coba bantu jelasin. Di sistem mesin motor kita itu ada yang namanya Filter Udara yang fungsinya membantu melindungi masuknya udara kotor ke dalam ruang bakar alias pernafasan si kuda besi. Nah, saat mesin beroperasi, maka vacum yang ada di injector (kalau mesinnya injeksi) atau karburator akan menghisap udara.

Efektifnya, udara yang disedot itu harus bersifat bersih dan melegakan tapi pada umumnya kondisi udara perkotaan relatif kotor dan berdebu. Debu yang terhisap akan melewati filter udara kemudian masuk menuju mesin. Bisa dikatakan, filter udara bertindak sebagai alat bantu pembersih udara yang menghilangkan setiap partikel yang dapat membahayakan mesin dan mempengaruhi kinerjanya.

Filter udara yang sudah kotor akan membuat motor kita tidak langsam (red: stabil) kerjanya, brebet-lah, lemot-lah . Dan yang pasti membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros karena mesin tidak bekerja optimal.

Filter udara pada umumnya terbuat dari kertas khusus atau kasa. Dan ATPM atau Beres (Bengkel Resmi) tidak direkomendasikan untuk dibersihkan dengan bensin atau cairan lainnya karena akan membuat kontur akan berubah (bahan dari kertas jadi masuk akal kan?). Penggantian secara berkala biasanya memakan biaya juga, sih.

HM-8119 ATC4001-S

Kebetulan sekarang ada jenis baru dari Filter Udara yaitu Ferrox Air Filter.

Udah pada tahu belum? Ferrox Air Filter ini berbahan stainless steel, kebetulan saya gunakan juga, sih. Setelah menggunakan ini akselerasi dan tenaga motor naik drastis, konsumsi bahan bakar juga lebih hemat; karena udara yang masuk sempurna tidak ada hambatan.

Nilai plus-nya lagi Ferrox ini bisa dibersihkan cukup dengan air bersih saja (ditambah deterjen juga boleh) dan kembali bersih seperti semula, jadi tidak perlu lagi mengganti baru (satu untuk selamanya bro, sis). Ya, daripada mengganti terus secara berkala 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali, kalau saya sih lebih baik beli satu yang agak mahal tapi untuk selamanya.

“Pernafasan” Lancar, kerja mesin Optimal, konsumsi bahan bakar lebih Ekonomis.

Selamat mencoba…


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY