Ada sensasi tersendiri menikmati mandi di mata air panas. Selain mengendurkan urat-urat yang tegang dan fungsi lain dari manfaat mandi di sumber air panas, ย beserta menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.

Alam selalu menyediakan yang terbaik bagi manusia, yaitu manfaat untuk kesehatan kita. Kandungan belerang di dalamnya juga bagus untuk menyembuhkan berbagai penyakit, antara lain untuk penyakit kulit dan tulang. Tapi dengan syarat harus dilakukan dengan teratur. Kalau hanya sekali sembuh, mistik sekali dong hehe…
Apalagi ada beberapa sumber mata air panas yang tersedia di Indonesia. Namun tidak semua dapat kita gunakan untuk berendam dan mandi. Pemerintah sudah memberikan izin yang akhirnya sekaligus menjadi lokasi wisata. Yuk, simak beberapa tempat pemandian air panas yang saya mulai dari yang dekat dengan kawasan Jabodetabek.

Pemandian-Air-Panas-Ciater-Subang-Jawa-Barat
Ciater
Ciater terletak di jalan Raya Subang yang akses jalannya mudah kamu capai hanya dengan angkot. Tapi ingat, kalau kamu dari Jakarta, akan memakan waktu kurang lebih 6 jam. Area pemandian di Ciater ini dibagi menjadi beberapa tempat. Jujur saja, sampai hari ini saya belum bosan dengan pemandian ini. Selain luas, area ini sangat asri dengan pemandangan alam yang priceless. Bahkan kamu bisa memilih area VIP yang tertutup. Dengan panas 40c, air ini didapat dari Gunung Tangkuban Perahu. Tidak perlu khawatir untuk letih memikirkan badan lemas ingin pulang, di Ciater ini menyuguhkan 100 kamar dengan berbagai kelas. Pemandian yang namanya sudah terdengar ke mancanegara ini juga mengandung kalsium, magnesium, klorida, sulfat, thermo, maupun hyperthermia dengan kadar aluminium tinggi (38,5 equiv persen) dan tingkat keasaman mencapai pH 2,45.

Hyperthermia merupakan metode penyembuhan penyakit dengan mengkondisikan tubuh atau bagian tubuh tertentu pada temperatur tertentu yang diinginkan. Biasanya hyperthermia yang bisa dilakukan di pemandian air panas dengan cara penguapan atau perendaman seluruh tubuh dengan air panas.

cisolok pelabuhan ratu

Cisolok
Pemandian satu ini memang tidak semewah Ciater. Terletak di kabupaten Sukabumi ini mungkin membuat kamu berpikir beberapa kali untuk datang. Tapi tunggu dulu, ada yang spesial dari pemandian ini. Mata air panas Cisolok itu memancar diakibatkan tekanan tinggi dari dalam tanah dan di tengah-tengah sungai kecil. Amazing huh! Tapi jangan coba-coba nekat untuk mandi di pancaran tersebut. Alkisah pengelola pernah bercerita apabila kamu memasukkan telur didalamnya telur itu akan segera menjadi rebus. Nggak mau dong badan kamu nantinya serasa tak punya tulang hehe…nah kalau mau mencobanya, kamu bisa masuk ke dalam sungainya atau kolam yang sudah dibangun oleh pengelola. Tarifnya pun murah, biaya masuk dikenakan seribu rupiah dan untuk masuk kolam dikenakan lima ribu rupiah.

Air-Pancuran-di-Taman-Wisata-Air-Panas-Guci-Tegal

Guci
Jika kamu sedang berada di Tegal, cobalah untuk melipir ke Guci. Berjarak 40km dari kota, kamu tinggal naik angkot jurusan slawi, lewat Lebaksiu, lalu ke arah Purwerkerto. Lihat ada plang pemandian Guci, masuk ke Desa Tuwel dan mendaki sampai di ketinggian 1000mpl. Ya memang agak sedikit effort. Tapi seperti biasa, besusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian hehe..di pemandian Guci ini tersedia 13 pancuran umum dan 10 air terjun alam yang dimana semua berasal dari sumber yang sama. Kalau kamu terlalu malas untuk pulang pergi tempat ini juga memiliki banyak losmen hingga hotel bintang empat. Selain mata air panas, disana juga memiliki sarana hiking dan berkuda. Dengan membayar lima ribu rupiah kamu sudah bisa mengambil banyak maanfaat dari pemandian Guci ini.

pancuran 7
photo courtesy by Igun winarno

Pancuran Pitu
Pernah menonton di acara serial televisi Cina yang selalu menghadirkan gambar-gambar batu-batu yang dialiri air panas dan mengeluarkan uap? Nah di indonesia kita memiliki itu. Namanya pancuran Pitu. Lokasi ini terletak kurang lebih 2,5km dari gerbang objek wisata Batu Raden. Akses memang sedikit mudah berkat jalanan langsung menuju lokasi ini, tapi ingat! Tangga berjarak 300m ini sedikit curam. Air panas yang terdapat di Pancuran Pitu ini memancar dari celah-celah bebatuan dengan ketinggian 1m. Air yang mengalir juga menciptakan uap, sehingga seperti di efek-efek film. Yang juga membuat pemandian ini indah adalah tebing yang berwarna cokelat muda diselingi hijau, menjadikan kombinasi yang cantik. Plus ada tangga ke bawah untuk kamu bisa menikmati pemandangan alam yang indah.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY