Mengantri di gerbang tol berjam-jam mungkin bagi sebagian kita sudah menjadi kegiatan rutin, apalagi yang tinggal di pinggiran Jakarta dan berkegiatan di pusat kota Jakarta atau sebaliknya.

Pasti Anda pernah melihat diantara gerbang tol yang antri ada satu yang kosong dan tanpa penjaga tol, yang ada hanya sebuah mesin. Mobil yang masuk ke jalur itu sangat lancar tanpa antrian dan anda berpikir bagaimana caranya agar Anda bisa ikut di jalur yang lancar itu?

Sekarang sudah ada jawabannya. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Jasa Marga Tbk (JSMR) mengembangkan layanan transaksi pembayaran jalan tol melalui peluncuran layanan e-Toll Pass. Dengan layanan tersebut, para pengguna jalan tol dapat membayar tol tanpa perlu berhenti dan membuka kaca mobil.

blibli_etollpass_full01.jpg.pagespeed.ce.vH5j8FNXS2
On board unit e-toll pass

Layanan ini sudah diluncurkan sejak tahun 2012 lalu di Jakarta. Peluncuran layanan yang saat itu dilakukan oleh Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi dan Direktur Operasi Jasa Marga Hasanudin, memungkinkan pengguna jalan tol dapat melintasi gerbang tolΒ bertanda e-Toll Pass dengan kecepatan 10 km/jam untuk membayar tol. Setelah terdengar bunyi bip-bip di perangkat On Board Unit (OBU) yang terpasang di kaca depan, palang pintu gardu tol pun akan terbuka dan transaksi selesai.

Pada saat diluncurkan, layanan e-Toll Pass dapat digunakan di 17 Gardu Tol Otomatis (GTO) di ruas tol Cililitan, Halim, Cengkareng, Kapuk, Pondok Ranji, Cikunir 2, Dukuh 1-3, Pasar Rebo, serta Bekasi Barat 1 dan 2. Dan saat ini, seluruh GTO dapat melayani e-Toll Pass dan setiap GTO yang dapat melayani e-Toll Pass diberi tanda atau logo e-Toll Pass.

Kartu prabayar e-Toll Card yang saat ini dapat digunakan pada 12 ruas tol dan 520 gardu tol di berbagai wilayah ini dapat diisi ulang di lebih dari 20.022 ribu lokasi yang tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Medan, Lampung dan Bali serta di jaringan mandiri ATM bertanda isi ulang. Atau kita dapat mencari lokasi isi ulang melalui browser smartphone di www.isiulangetoll.com.

Isi ulang di Mandiri ATM tersebut selain dapat digunakan oleh nasabah Bank Mandiri, kini dapat pula dinikmati oleh nasabah bank lain pemilik kartu debit anggota ATM Bersama. Disamping itu, kita juga dapat membeli dan mengisi ulang e-Toll Card di seluruh gerai Indomaret, Alfamart, Alfamidi dan Alfa Express serta kantor cabang Bank Mandiri.

Ohya, meskipun sekarang sudah tahu kalau cara mengisi ulang e-Toll Card sudah tersedia di berbagai tempat, bagaimana cara mendapatkan perangkat transmitter OBU?Β Blibli.com juga ikut membantu dalam memudahkan kita untuk mendapatkan alat atau On Board Unit e-Toll Pass ini. Anda dapat membelinya secara online melalui blibli.com.

Jadi mulai sekarang Anda tidak perlu lagi ikut mengantri di antrian panjang pintu tol, yang pasti juga akan mempercepat segala urusan Anda. Tertarik?


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY