Ketika berlari sudah menjadi bagian dari rutinitas harian, asupan makanan adalah hal yang perlu Anda perhatikan. Apa yang Anda makan akan menjadi sumber tenaga lari Anda dan juga menjaga agar tubuh kita tetap dapat berlari. Berikut ini beberapa sumber tenaga untuk aktifitas lari:

Makan & Berlari 05
Roti dan Selai Kacang sebelum mulai berlari

1. Roti dan selai kacang
Jika rutinitas berlari di pagi hari, maka roti dan selai kacang adalah sumber energi yang tepat sebelum keluar rumah. “Perut Anda sudah kosong selama beberapa jam dari makan malam terakhir. Maka energi di tubuh sangat rendah. Menyantap kudapan senilai 100-300 kalori sebelum berlari memberikan energi,” terang Nancy Clark, RD, MS, penulis Food Guide for Marathoners.

Maka, satu helai roti gandum utuh yang diolesi selai kacang (240 kalori, 9gr lemak, 7gr protein) cocok untuk Anda kurang lebih satu jam sebelum berlari.

Makan & Berlari 06
Kandungan potassium nya dapat menjaga level tenaga stabil

2. Pisang
Pisang kaya akan potassium atau kalium, mampu memperbaiki tekanan darah dan mengurangi risiko terserang stroke. Anda bisa mencampur 1 buah pisang ukuran sedang, 1 sendok makan selai kacang dan 283 gram susu skim. Lalu blender semua bahan hingga halus. Atau makan buahnya saja langsung, jangan lupa untuk mengupas kulitnya.

Beries

3. Beries
Saat berlari, kaki akan membentur jalanan (secara tidak langsung) dengan keras secara berulang kali. Rasa sakit yang Anda rasakan usai berlari bisa saja diakibatkan oleh sobeknya bagian otot yang dilatih tersebut. Walau ukuran robekan sangat kecil atau mikro, Anda harus “memperbaikinya”.
Cara paling menyenangkan yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi berbagai jenis buah berry, seperti strawberry, blueberry, raspberry, dan lain sebagainya. Selain kaya kandungan serat, vitamin C dan potassium yang terkandung di dalamnya akan membantu tubuh memperbaiki jaringan yang rusak.

Makan & Berlari 01

4. Brokoli
Ada berbagai alasan yang mewajibkan Anda menyantap brokoli. “Vitamin C, potassium, serat, serta zat kimia alami dari tumbuhan akan melambungkan energi dan kesehatan Anda,” saran Nancy Clark, RD, MS, penulis Food Guide for Marathoners. Yang mana jenis sayuran yang satu ini juga mengandung antioksidan yang tinggi, sangat berguna bagi yang suka berlari di perkotaan untuk membantu menetralisir racun-racun yang masuk dari udara.

Makan & Berlari 025. Yoghurt

5. Yoghurt
Lari serta angkat beban memang bermanfaat meningkatkan kepadatan tulang. Namun, kalsium tetaplah menjadi peran penting menjaga kepadatan tulang tersebut.

Banyak pelari tidak mencukupi kebutuhan kalsium harian. Padahal, Anda bisa mendapatkannya dari berbagai jenis makanan. Seperti satu gelas yoghurt yang mengandung 1/3 kebutuhan kalsium harian. Plus, yoghurt memiliki protein yang sangat baik untuk otot.

Makan & Berlari 03

6. Daging sapi tanpa lemak
Selain memiliki kadar protein berkualitas, daging sapi juga merupakan sumber zat besi yang baik. Kekurangan zat besi menyebabkan seseorang mengalami keletihan. Namun, jika Anda vegetarian, Anda bisa mencoba kacang-kacangan, polong-polongan, sayuran hijau, serta sereal yang diberi tambahan zat besi.

Makan & Berlari 04

7. Ikan salmon
Ikan salmon memiliki sumber protein serta lemak omega-3 yang baik untuk jantung. Dengan mengonsumsi salmon, Anda bisa mencegah peradangan terjadi di dalam tubuh. Anda pun terlindungi dari berbagai penyakit.

Satu hal juga yang tidak bisa diremehkan adalah kebutuhan air anda. Jangan lupa untuk rajin meminum cairan. Cairan berguna bagi kelancaran peredaran darah, oksigen dan recovery otot sebelum dan sesudah kita berlatih.

Semoga tulisan diatas dapat berguna bagi Anda. Selamat berlatih.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY