Moms, Kenalkan Si Kecil Pada 5 Mainan Tradisional Ini Agar Bisa Ikut Memeriahkan Hari Kemerdekaan!

mainan tradisional

Moms, Hari Kemerdekaan sudah tiba, nih! Yuk, ajak si kecil untuk turut memeriahkan hari jadi ke-72 NKRI dengan berbagai mainan tradisional, edukatif, atau pun yang identik dengan semangat kemerdekaan!

Mendorong ketertarikan si kecil untuk beraktivitas dengan berbagai mainan dapat membawa kebaikan, lho, moms. Selain dapat mengembangkan kemampuan motorik dan kognitif si kecil, mainan di bawah ini juga dapat meningkatkan rasa cinta si kecil terhadap budaya bangsa, moms. Yuk, simak mainan apa sajakah yang cocok untuk si kecil dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan!

TEMUKAN BERBAGAI PRODUK MAINAN TRADISIONAL DI SINI

1. Meriahkan lingkungan sekitar dengan parade sepeda hias

mainan tradisional
Via – DetikNews

Sepeda dan anak-anak adalah paket lengkap! Spesial untuk merayakan Hari Kemerdekaan, pasti selalu diselenggarakan parade sepeda hias anak-anak di lingkungan sekitar. Oleh karena itu, jangan sampai si kecil ketinggalan untuk turut memeriahkan Hari Kemerdekaan dengan sepeda miliknya.

Moms tidak perlu bingung untuk menghias sepeda si kecil agar menarik dan siap untuk berparade. Hias saja sepeda si kecil dengan berbagai dekorasi kertas hias serta styrofoam beraneka bentuk sesuai tema kemerdekaan. Voila! Si kecil dan sepedanya sudah siap untuk berkeliling meramaikan Hari Kemerdekaan!

KLIK DI SINI UNTUK MENDAPATKAN SHP TRICYCLE

2. Kembangkan bakat musik anak dengan bermain gambang

mainan tradisional
Via – Isnuansa Maharani

Salurkan minat dan bakat si kecil di bidang musik dengan memperkenalkannya kepada berbagai alat musik tradisional, yuk. Diharapkan, semakin sering si kecil berinteraksi dengan berbagai instrumen tradisional jadi semakin tinggi pula antusias si kecil dalam mengenal budaya bangsa Indonesia.

Moms merasa si kecil belum siap bertemu dengan alat musik tradisional sungguhan? Moms bisa perkenalkan si kecil dengan mainan miniatur gambang yang akan memperdalam rasa cintanya terhadap kesenian tanah air. Selain mudah didapatkan, mainan ini juga mudah dimainkan oleh si kecil sehingga cocok untuk mengawali langkah pengembangan bakat musiknya.

TEMUKAN MINIATUR GAMBANG 8 BILAH DI SINI

3. Lestarikan mainan gasing bambu yang populer di kalangan anak-anak zaman dulu

 

mainan tradisional
Via – Sophia Mega

Moms, yuk, lestarikan mainan tradisional Indonesia dengan mendorong si kecil agar lebih akrab dengan mainan tempo doeloe. Contohnya adalah gasing yang sekarang sudah mulai jarang ditemukan.

Mainan yang satu ini biasanya terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara diputar menggunakan tali. Ternyata, gara-gara desainnya yang klasik dan artistik, gasing tradisional ini juga populer menjadi souvenir dan hiasan khas Indonesia tempo doeloe, lho.

DAPATKAN PRODUK MAINAN TRADISIONAL GASING BAMBU SEKARANG JUGA

4. Kembangkan kemampuan menggambar dan menulis si kecil dengan matras tulis

 

mainan tradisional
Via – MAMA Imperfect

Mainan tidak melulu hanya untuk mendapatkan kesenangan si kecil, lho moms. Terlebih lagi untuk merayakan Hari Kemerdekaan! Yuk, ajak si kecil untuk beraktivitas dengan permainan edukatif. Contohnya, matras tulis yang dapat merangsang daya kreativitasnya.

Matras tulis adalah sarana yang dapat digunakan si kecil untuk menggambar, menulis, atau pun sekadar corat-coret tanpa khawatir kotor. Matras tulis ini sangat bermanfaat untuk memperkenalkan si kecil dengan budaya tulis-menulis sebelum memasuki masa sekolah, lho. Untuk edisi khusus Hari Kemerdekaan, mau gambar dan tulis apa, nih, moms?

DAPATKAN MATRAS TULIS DI SINI

5. Tingkatkan ketertarikan si kecil untuk bermain congklak yang seru!

mainan tradisional
Via – Damaryanti

Satu lagi, nih, permainan yang bisa dimainkan si kecil untuk merayakan Hari Kemerdekaan, moms! Congklak adalah permainan tradisional yang sempat populer di kalangan anak-anak karena mainan ini sangat seru meskipun terlihat sederhana. Sayangnya, congklak sekarang sudah tidak dimainkan sesering zaman dahulu.

Oleh karena itu, ada baiknya moms menghidupkan kembali mainan yang sangat bermanfaat ini bersama si kecil. Sambil bersenda gurau menikmati Hari Kemerdekaan, si kecil dapat melatih ketangkasan tangan serta kecermatan berhitung dengan bermain congklak. Sederhana, namun banyak manfaatnya, ya!

TEMUKAN PAPAN CONGKLAK TRADISIONAL DI SINI


Nah, itu dia beberapa contoh mainan tradisional yang wajib dicoba oleh si kecil untuk merayakan Hari Kemerdekaan! Jangan lupa libatkan si kecil dalam menyemarakkan hari jadi ke-72 NKRI melalui berbagai mainan menarik ya moms. Supaya si kecil lebih peduli dan bersimpati terhadap Hari Kemerdekaan bangsa dan negaranya sendiri.

Tidak perlu mengitari pasar dan mal untuk mencari semua mainan tadi, Moms. Mulai dari mainan tradisional, outdoor toys, mainan edukasi, model kit, hingga peralatan seni dan kerajinan tradisional yang menunjang kemeriahan Hari Kemerdekaan ada di #BlibliSekarang! Spesial Agustusan, nikmati juga Wowwee Merdeka Sale sepanjang bulan!

TEMUKAN ANEKA PRODUK MAINAN TRADISIONAL DI SINI

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY