MacBook AirSaya menggunakan MacBook Air 11” (inci), dan sudah pernah saya bahas memang sepertinya laptop ini sangat cocok dengan kebutuhan saya untuk menulis, dan sosial media secara mobile. Dua alasan yang menyebabkan kecocokan ini: compact (ringan & tipis) serta cepat!

Ingat, dasar yang membedakan MacBook Air lebih cepat daripada MacBook Pro  yang berprosesor lebih besar adalah di tempat penyimpanan (hard disk). MacBook Pro menggunakan HDD (Hard Disk Drive), sedangkan MacBook Air menggunakan SSD (Solid State Drive). Apa sih sebenarnya perbedaan antara HDD dan SSD?

Coba ya kita bahas sedikit. HDD adalah tempat penyimpanan permanen yang ini artinya, tidak terhapus lagi di saat sistem kehilangan daya (baca: mati). Tidak seperti RAM. Hard Drive pada dasarnya adalah plat besi yang bermagnet. Menyimpan segala bentuk data dari koleksi film sampai-sampai kerjaan Anda. Tapi kalau SSD, bukan menggunakan plat besi yang bermagnet, tapi menggunakan flash memory, atau yang lebih banyak dikenal dengan USB drive itu. Kelebihan SSD? lebih cepat dan lebih ringkas, kecil! Kekurangannya? well, lebih mahal 🙂

Memang hal itu menyebabkan harga MacBook Air menjadi lebih mahal, tapi sekaligus juga lebih ringkas.

Nah, kalau saya diperkenalkan lagi dengan MacBook Air yang baru, saya tidak bisa menolaknya. Dari beberapa fitur barunya, ada 1 hal yang menarik perhatian saya, yaitu baterainya yang sanggup bertahan 12 jam!

Dengan 1.3Ghz dual core i5 processor, memory sebesar 4GB dan pilihan layar dari 11″ sampai 13″ dan pilihan tempat penyimpanan SSD dari 128GB – 256GB, sudah menghasilkan MacBook Air yang lebih cepat. Saat ini saya menggunakan yang 11″ dengan prosesor 1.6GHz single core i5 dan tempat penyimpanan 128GB. Oke, mari pikirkan untuk meningkatkan ke 256GB versi baru.

Baterai yang bisa bertahan hingga 9-12 jam ini sangat membantu saya yang mobile. Mengurangi wacana mencari colokan di Coffee Shop atau bahkan disaat berlibur di pinggir pantai. Ini faktor penting, lho!

Sayang, seandainya Apple menyediakan MacBook Air dengan frame layarnya seperti MacBook Pro yang punya frame hitam. Sudah, itu saja. Selainnya, I’m sold.

Berarti tinggal 1 hal yang saya pikirkan, siapa yang mau beli MacBook Air saya ini? 😀 Any takers?

MacBook Air tersedia di Blibli.com mulai harga Rp12.399.000 sampai Rp16.299.000 dan selama masa promosi yang berlangsung hingga 4 September 2013, setiap pembelian MacBook Air mendapatkan Apple Magic Mouse. Mouse tercantik yang pernah saya lihat 🙂

Oh iya, sebentar lagi, OS Maverick keluar lhooo. lebih canggih!

Kadek

Kadek

Kadeko - Football for live, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

1 COMMENT

LEAVE A REPLY