gili-meno
Photo Courtesy by www.trekearth.com

Selalu yang terpikirkan di pikiran kita semua ketika butuh refreshing adalah berlibur. Memang itu adakah satu-satunya cara untuk bisa membuat pikiran tenang sekaligus membuat lupa aktivitas yang membuat kamu stres untuk memikirkannya. Buat saya, traveling menjadi pilihan utama untuk membuat pikiran saya lebih fresh. Selain itu, saya kalau berlibur selalu memilih wisata alam yang tidak hanya wisata jasmani saja, tapi juga membuat mata kita berwisata karena pemandangan yang indah sekaligus bebas menikmati fasilitas alami yang kita bisa nikmati sepuasnya tanpa biaya tambahan yang harus kita keluarkan seperti halnya kita berwisata ke amusement park.

Pulau dan pantai selalu saya rekomendasikan untuk wisata alam, banyak hal yang dilakukan di sana seperti berenan di laut, water sport di laut, atau menjelajah alam liar yang terletak di pulau itu. Salah satu destinasi yang saya juga rekomendasikan adalah Lombok. Pulau ini ternyata mempunyai bagian-bagian daerah atau pulau kecil lainnya yang wajib kamu kunjungi. Bali now is so mainstream dan sudah mulai ramai, Lombok menjadi salah satu destinasi wisata yang masih tenang dan jauh dari keramaian. Pastinya berlibur pun juga ingin kamu tenang tanpa ada gangguan apapun.

Yang kita tahu di Lombok pasting ada Gili Trawangan, well, itupun mungkin sudah cukup umum untuk diketahui. Ternyata banyak yang seru di Lombok selain Gili Trawangan, sekaligus banyak yang belum pernah banyak orang tahu. Nah, untuk kamu yang ingin berencana ke Lombok, beberapa spot seru di Lombok ini wajib sekali kamu kunjungi, siapa tahu kamu juga menjadi orang yang merekomendasikan beberapa spot seru ini ke teman-temanmu yang lain ketika akan berlibur ke sana.

People-on-beach-at-Gili-Men
Photo Courtesy by www.villanautius.com

Gili Meno
Salah satu pulau dari tiga pulau air yang ada di Lombok selain Gili Trawangan dan Gili Air. Waktu menempuh ke pulau ini hanya 45 menit dari kota Mataram memakai kendaraan darat dengan perjalanan melewati Pantai Senggigi. Kamu punya dua pilihan di sini, mau bersantai dan berenang di pantai atau laut yang sangat bersih dengan pasir putihnya, atau berwisata alam. Karena, di sini ada hutan lindung yang terdapat banyak spesies burung-burung yang ada di Indonesia dan di mancanegara. Bahkan ada juga burung langka di sini. Pulau ini merupakan pulau yang sangat bersih dan kamu tidak usah khawatir dengan polusi. Di pulau ini sangat dibatasi penggunaan kendaraan bermotor dan listrik, kamu akan sangat nyaman bernafas lega menghirup udara alami ketika datang ke sini.

Lombok-pura-lingsar-temple-travel-tips
Photo courtesy by www.gilibookings.com

Lingsar
Lokasi ini mungkin agak jauh yaitu berjarak 9 Km dari kota Mataram, tapi bukan berarti perjalanan jauh kamu sia-sia. Di sini kamu akan menemukan Pura Lingsar yang terdapat taman yang indah dan asri di dalam Pura. Yang paling unik lagi, kamu akan melihat ikan keramat menurut kepercayaan masyarakat sekitar di dalam kolam ikan yang ada di Pura itu. Ada lagi yang menarik yaitu Pancuran Siwak yang merupakan 9 buah pancuran yang unik, seru sekali untuk dikunjungi.

sukarare

Sukarare
Semua tempat pasti punya pusat oleh-oleh atau kerajinan khas tempat itu. Lombok pun punya itu, kamu harus mengunjungi tempat ini yang merupakan sebuah desa. Di desa ini adalah pusat kain tenun khas Lombok yang koleksi tenunnya sangat bagus, tinggal pilih saja warna dan corak tenun sesuai yang kamu suka. Di sini pun kamu bisa melihat cara penduduk wanita asli sana menenun helai demi helai menjadikan kain yang indah untuk dipakai. Jaraknya sangat jauh yaitu 25 Km dari kota Mataram, jarak yang jauh tapi bisa mendapatkan salah satu kain indah asli Indonesia.

sendanggile
Photo Courtesy by www.ntbgov.go.id

Air Terjun Sendanggile
Selain pantai bersih yang kamu nikmati di Lombok, fasilitas alam yang bisa kamu nikmati saat berlibur adalah air terjun ini. Terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, yang merupakan gerbang pendakian gunung Rinjani. Di sini juga ada area bernama Pusuk yang terdapat ratusan monyet yang siap menunggu untuk kamu beri makan oleh pengendara ataupun turis lainnya di pinggir jalan. Jalan yang berkelok-kelok di Pusuk juga menjadi sensasi para pengendara di sini. Air terjun Sendanggile berasal dari mata air kaki gunung Rinjani, airnya sangat bersih dan jernih dan pemandangan sekitar gunung daerah Senaru juga kamu nikmat untuk dilihat karena kamu bisa melihat puncak gunung Rinjani. Untuk kamu yang sangat suka dengan pemandangan alam yang luar biasa, di sini sangat cocok sekali.


2 COMMENTS

LEAVE A REPLY