balinese-culture
Halo Blibli readers!

Apa sih yang biasanya kamu jawab kalau ada turis datang ke Jakarta untuk minta saran jalan-jalan ke kamu? Pasti yang pertama di dalam benakmu adalah Bali, betul? Sama seperti saya juga selalu otomatis menjawab pulau Dewata tersebut. Bagaimana tidak, ketenaran Bali sudah mendunia. Menjadi salah satu 10 destinasi terbaik. Dan walaupun kita sudah beberapa kali berkunjung kesana, pasti ada saja menemukan hal baru dan memberikan hari yang terbaik.

Sekarang ini sudah musim liburan, biasanya ke Bali itu seru pergi bersama teman-teman. Tapi untuk kamu yang tahun ini memutuskan berlibur bersama keluarga, saya menyarankan tidak ada salahnya mengunjungi indahnya Bali sekali lagi untuk membuat harmoni baru bersama keluargamu. Kenapa saya bisa menyarankan ide ini, karena sebulan yang lalu saya baru saja menikmati Bali untuk ketiga kalinya dalam tahun ini, and guess what? Saya tetap menemukan hal baru dan pengalaman yang tak terlupakan.

Penasaran apa saja yang saya rasakan disana?

Di artikel ini saya akan menyarankan apa saja yang saya lalui, dan saya kira ini cocok juga di aplikasikan untuk liburan keluargamu. Jadi, kemarin saya berlibur seminggu di Bali. Hanya ingin menikmati udara laut yang segar dan pemandangan yang menajubkan. Tentu itu pasti menjadi impian semua orang ketika berkunjung. Namun kemarin saya menemukan bahwa pemandangan menajubkan tidak hanya pantai yang apik saja melainkan pegunungan, desa, sampai hal yang sederhana seperti mencicipi kuliner juga menjadi pemandangan yang tak terkalahkan.

Echo Beach, Canggu.
Echo Beach, Canggu

Pertama-tama kamu harus melupakan Kuta dan sekitarannya. Di musim liburan ini yang ada kamu hanya terjebak macet dan keramaian yang memusingkan kepala. Perjalanan kamu bisa dimulai dari menikmati daerah Canggu. Pantai yang didominasi turis dari Eropa ini akan membuat nuansa liburan lebih ‘kalem’ dari Kuta dan Legian. Cobalah kamu menginap dua hari dan nikmati Eco Beach Resto beserta seafood yang menjadi juara disana.
Dari Canggu, kamu bisa mengarah ke Gunung Begudul yang asri dan kunjungi Pura Ulun Danu Baratan. Lalu kamu bisa berhenti sesudahnya di Gitgit Waterfalls daerah Singaraja. Cobalah kunjungi air terjun yang ketiga, sepi dari pengunjung, serasa air terjun itu milikmu sendiri. Setelah itu kamu bisa menuju pantai Lovina. Pantai ini memang tidak seindah pantai-pantai lainnya, namun kamu bisa melihat lumba-lumba lepas pada pagi hari. Jadi saya sarankan untuk menginap sehari dan nikmati ikan bakar khas Bali di pinggiran yang tak kalah dengan restoran high end. Sederhana namun kaya rasa.

Pura Ulun Danu, Bedugul.
Pura Ulun Danu, Bedugul

Setelah itu hari berikutnya kunjungi daerah Uluwatu, Kamu bisa melihat tari kecak pada saat sunset di ketinggian dengan pemandangan hamparan laut. Priceless! Atau kamu bisa menikmati sunset di Finn’s Beach club di Ungasan. Untuk alternatif lain, kamu bersama keluargamu bisa menikmati sunset juga bersama es kelapa dan merasakan kayaking di ombak yang tenang di Padma Beach yang berdekatan dengan Finn’s Beach itu.

Lalu untuk hari-hari terakhir saya sarankan untuk jelajahi Ubud. Kenapa? Karena daerah ini sangatlah tenang. Itinerary saya pertama mengunjungi Bali Bird Park. Melihat 1000 burung dari 250 spesies yang berbeda itu menjadikan pengalaman yang tak terlupakan. Sehabis itu kamu bisa menepi sebentar untuk makan siang di Bebek Tepi Sawah yang tentram. Kemudian kamu bisa membeli oleh-oleh di pasar seni Ubud dengan berbagai pilihan. Hari berikutnya saya habiskan untuk keliling museum yang ada di Ubud, seperti Museum Kesenian Agung Rai (ARMA), Museum Neka Art, dan museum The Blanco Reinassance. Sorenya kamu bisa menyewa sepeda bersama keluarga untuk mentelusuri jalanan Ubud dengan pemandangan sawah disekitarnya, seperti di film Eat, Pray, Love itu loh..

Photo courtesy by www.surfacedesign.org ARMA museum
Photo courtesy by www.surfacedesign.org ARMA museum

Nah sudah pasti timbul pertanyaan dari kamu, apakah lebih baik merencanakan sendiri atau ikut tur yang ada ya? Yes, liburan keluarga itu pasti memerlukan ekstra detail dalam itinerary. Belum lagi anggota keluarga yang minimal terdiri dari 4 kepala atau lebih. Kalau kamu adalah tipe orang yang suka meng-organize sendiri ya lebih baik mengatur sendiri tujuan-tujuan kalian. Agar tidak menganggu waktu dan sebagainya.

Memang memilih ikut paket tur atau traveling dengan mempersiapkan segalanya sendiri, akan membawa konsekuensi berbeda alias ada plus minusnya. Silahkan kamu pertimbangkan dan mungkin Anda tahu itu apa, tapi demi kelancaran semua, saya sarankan yang terbaik buat liburan keluarga memang memilih jasa paket tur. Perlu diingat, jika musim liburan, pasti harga semua naik dan kamu perlu menguras tenaga lebih karena harus mengatur segalanya di saat fisik dan pikiran membutuhkan istirahat di musim liburan. Seandainya menggunakan tur, segalanya sudah beres dan menggunakan guide. Jadi, kamu tinggal duduk dan nikmati hari bersama keluargamu.

Salah satunya coba deh kamu ke ezytravel.co.id disini kamu bisa menemukan berbagai paket tur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan waktu berlibur yang dimiliki. Kemarin saya membeli tiket pesawat dari Ezytravel ini dan untungnya mereka juga menjual program tiket murah hehe..eh ternyata mereka tidak hanya menawarkan tur domestik, tapi internasional juga. Atau kamu bisa chat langsung di websitenya untuk bertanya dan sebagainya. Its easy, mereka sangat fleksibel..

Jadi segalanya untuk liburan di era sekarang sangat mudah diatur. Tinggal bagaimana saja niat dan tujuan liburanmu. One click and one call you can get your vacation ready. Atau kalau kamu mau memberi hadiah kepada keluarga kamu, cobain aja ikutin cara seru dari Blibli dengan program Amazing SALEbration. Ini kesempatan berbelanja hadiah untuk orang tersayang secara online, sekaligus memenangkan paket liburan dengan memberikan testimoni.

Dengan pilihan testimoni hashtag atau tagar #Family, pemenang utama bisa memperoleh hadiah berupa Paket Liburan ke Bali untuk 4 orang dengan fasilitas berupa: Hotel untuk 3 Hari 2 Malam dengan standar Hotel minimal Bintang 4, Tiket Pesawat PP untuk 4 orang dengan maskapai Air Asia atau Citilink dan Paket Tour 1 hari untuk 4 orang.

Cobain deh, saya aja ingin ikutan hihi…


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY