Lari_Beginning Stage

Olahraga lari membuat badan bugar dan bisa menjadi rutinitas menyenangkan. Pada tulisan sebelumnya, saya menulis beberapa point awal untuk memulai kegiatan baru tersebut. Salah satu point tersebut adalah: Motivasi.

Berbagai hal bisa menjadi motivasi Anda. Tapi seiring berjalannya waktu, motivasi dapat menghilang perlahan-lahan. Ini tidak hanya terjadi pada para pemula. Atlet professional pun dapat dengan mudah kehilangan motivasinya untuk berlari.

Mungkin beberapa ide dibawah ini dapat membantu menjaga motivasi Anda untuk jangka waktu yang lama:

1. Bikin tujuan/hasil ahir.
Dari yang paling gampang hingga yang ‘jumawa’, misal: bisa berlari lebih cepat atau lebih jauh setiap minggunya, 20 besar di lomba lari maraton, dst.

2. Rubah Jalur.
Mengganti sesekali jalur lari Anda dapat memberikan ‘penyegaran’ di rutinitas lari Anda.

3. Rubah Kecepatan dan Jarak.
Ini dapat membantu mengukur ‘kekuatan’ Anda. Atau mencari teman lari sebagai perbandingan.

4. Ganti Schedule atau Jadwal (bila memungkinkan).
Sesekali bila ada kesempatan, rubah hari lari Anda untuk sekadar memberi sesuatu yang baru.

5. Lakukan Latihan Lain.
Sesekali lakukan olahraga lain dihari lari Anda seperti berenang, bersepeda. Selain mendapat variasi, otot Anda juga mendapatkan istirahatnya.

Selain motivasi, hal lain yang anda butuhkan untuk lari tentunya adalah: Sepatu lari. Untuk awal, saya sarankan untuk mencari sepatu lari dengan harga tidak terlalu mahal. Rp300-400ribu masih dalam batas normal. Ada beberapa pilihan menarik di angka tersebut. Kenapa saya sarankan untuk memulai dengan yang tidak terlalu mahal, pertama: seiring dengan waktu dan jarak lari Anda yang terus meningkat, Anda akan belajar dengan sendirinya sepatu seperti apa yang Anda butuhkan. Kedua: namanya juga baru mulai…ngga semua orang bisa konsisten, banyak juga yang bosenan. Jadi daripada mubazir…

Dan di blibli.com ada beberapa pilihan sepatu yang bisa menambah alternatif pilihan Anda, mulai dari Nike, Adidas, League, dll.

Bagaimana dengan aksesoris lain seperti iPhone dengan aplikasi lari atau GPS tracker? Diawal ini ngga perlu mikirin gadget apapun, cukup konsentrasi dengan gerakan dan badan Anda. Dapatkan dulu kondisi yang nyaman untuk Anda berlari, biasakan diri dan konsisten.

Motivasi sudah ada, sepatu sudah ada….nah, yuk sekarang keluar dan lariiiii….


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY