Saatnya kini kembali mengupas tren yang tersaji dari panggung fashion week Fall/Winter 2013 kali ini. Berikut laporannya hanya untuk Anda, pembaca blog Bliblifriends yang setia!

 

bleu_navy_dries_van_noten__chlo___et_c__line_919827272_north_883xNavy Blue
Dark, deep, netral dan klasik, tren warna navy blue adalah the new black! Dalam jajaran tren warna Fall / Winter 2013-2014 ini, Navy Blue kembali mendapatkan tempat di jajaran warna-warna yang stand out di musim ini. Kenakanlah dalam paduan head to toe look seperti yang terlihat dalam panggung runway Celine atau Chloe atau dengan mix and match yang lebih ‘berat’ seperti dalam coat di panggung Jill Sander dan Dries Van Noten.
Dari kiri ke kanan: Dries Van Noten, Chloé dan Céline
Terlihat juga pada koleksi Hermès, Nina Ricci, Calvin Klein, Paul & Joe

 

 

 

fourrures_excentriques_roberto_cavalli__fendi_et_versace_16926859_north_883x

Bulu-bulu Eksotis
Mantel bulu merupakan must-have item di musim Fall / Winter kali ini dan diiringi dengan vibe serta pesona pop-colors dengan aura disko dan grunge. Sepertinya pesona bulu kali ini telah mendapat sentuhan cat fluorescent dan di-bleached dalam larutan acid hingga mencapai paduan two-tone colors hingga tri-colour sekalipun. Seperti hitam yang pelan-pelan berubah hingga kuning neon dan hot pink yang berubah menuju merah dan hijau mengubah tampilan mantel bulu yang klasik menjadi pop yang berani.

Dari kiri ke kanan: Roberto Cavalli, Fendi dan Versace
Terlihat juga pada koleksi Gucci, Kenzo, Vionnet, Jeremy Scott

 

 

tweed_chanel__dolce___gabbana_et_haider_ackermann_372726604_north_883x

Tweed
Material wool ini kembali menunjukkan kejayaannya dan lahir kembali lewat berbagai gaya dan wujud baru. Di bawah naungan pengaruh dari Coco Chanel yang membawa nafas feminin pada material yang cendrung maskulin ini, desainer kini mengangkat tweed dengan suguhan gaya yang lebih dinamis.

Dari kiri ke kanan: Chanel, Dolce & Gabbana, Haider Ackermann
Terlihat juga pada koleksi Lanvin, Emanuel Ungaro, Rag & Bone

 

 

tartan_stella_mccartney__c__line_et_saint_laurent_931876882_north_883x

Tartan
Dari motif tartan merah, hingga hijau, kotak-kotak biru dan hitam sekalipun, Tartan di musim kali ini menunjukkan suatu vibe yang bercampur antara motif tradisional dari Tartan versi Skotlandia hingga Tartan yang modern dengan arahan gaya yang lebih advance sekalipun. Vibe Tartan grunge terlihat di panggung Saint Laurent dan suguhan maskulin terlihat di panggung Celine dan Stella McCartney yang menjadikan rok kilt lebih memiliki twist yang inspirasional.
Dari kiri ke kanan: Stella McCartney, Céline dan Saint Laurent
Terlihat juga pada koleksi Louis Vuitton, Lanvin, Jean Paul Gaultier, Dolce Gabbana,Versace

 

 

oiseau_de_nuit_dries_van_noten__gucci__vivienne_westwood_907582312_north_883x

Bulu Ostrich
Benar-benar merupakan salah satu material haute couture, bulu ostrich hadir pada koleksi panggung Fall/Winter 2013-2014 dalam versi yang lebih ready to wear. Lembut dan ringan, bulu Ostrich berhasil menambahkan kesan anggun dan megah pada setiap siluet koleksi.
Dari kiri ke kanan: Dries Van Noten, Gucci dan Vivienne Westwood
Terlihat juga pada koleksi Oscar de la Renta, Louis Vuitton, Proenza Schoulder, Erdem

 

 

bas_de_cuir_balmain__chanel_et_emilio_pucci__464178066_north_883x

Thigh High Leather Boots
Seperti terlihat pada panggung Chanel, Emilio Pucci, Celine, Balmain, H&M serta Zadig&Voltaire, thigh-high boots berbahan kulit yang terkadang dipasangkan dengan slick stockings setinggi paha menjadi tren yang cukup esensial pada musim Fall/Winter 2013 ini. Versi Suede-Folk muncul pada peragaan busana Emilio Pucci dan Balmain, sementara material kulit yang lebih halus tampil pada koleksi Celine.
Dari kiri ke kanan: Balmain, Chanel dan Emilio Pucci
Terlihat juga pada koleksi: Céline, Donna Karan, Zadig et Voltaire

 

 

grunge_emilio_pucci__rodarte_et_saint_laurent_302505565_north_883x

Grunge
Di musim ini, desainer menginovasi kembali vibe 80’s dari scene Grunge yang rebellious. Tambahkan sentuhan punk,  rock, campurkan dengan vibe heavy metal dan Anda akan mendapatkan tampilan grunge ‘baru’ lewat berbagai campuran yang siap disuguhkan di panggung tren Fall/Winter 2013 ini. Studded leather, stoking jaring dan kemeja kotak-kotak akan membuat kita merasa sedang membongkar isi lemari ikon-ikon semacam Courtney Love dan Blondie di era 1989 namun dengan tambahan sentuhan couture yang lebih kuat.
Dari kiri ke kanan: Emilio Pucci, Rodarte dan Saint Laurent
Terlihat juga pada koleksi Vivienne Westwood, Haider Ackermann, Zadig & Voltaire

 

 

 

ecru_valentino__isabel_marant_et_c__line_757718388_north_883x

Winter White
Warna yang patut diandalkan karena ‘aman’ dan netral bagi setiap ajang. Kali ini paduan warna putih hadir dengan tampilan head to toe yang bold dan tegas seperti pada koleksi Isabel Marant, Valentino dan Celine.
Dari kiri ke kanan: Valentino, Isabel Marant dan Céline
Terlihat juga pada koleksi: Stella McCartney, Elie Saab, Mugler, Nina Ricci

 

 

 

imprim__s_na__fs_saint_laurent__burberry_prorsum_et_givenchy_622372500_north_883x

Dominasi Print Playful dan ‘Muda’
Dengan kesan girly, bintang-bintang masa remaja dan bahkan karakter masa kecil seperti Bambi, para desainer pastinya telah menyematkan simbol-simbol playful untuk musim ini. Tren playful dan ‘muda’ ini disuguhkan dengan detil kontras dari material transparan dan kulit seperti terlihat pada koleksi Burberry Prorsum, vibe dan detil grunge di Saint Laurent dan midnight black di Givenchy.
Dari kiri ke kanan: Saint Laurent, Burberry Prorsum dan Givenchy
Telihat juga pada koleksi: Hermès, Lanvin, Kenzo, Paul & Joe

 

 

 

epaules_bomb__es_gucci__proenza_schouler_et_balenciaga_953028486_north_883x

Bahu-bahu Oversized
Untuk koleksi pertamanya sebagai Creative Director di Balenciaga, Alexander Wang menyuguhkan coat dan jaket-jaket pendek dengan potongan bahu yang besar dan membulat sebagai aksi penghormatan untuk Cristobal Balenciaga. Tampilan ini dalam seketika menjadi hits karena terlihat juga pada koleksi Proenza Schouler dan Gucci.
Dari kiri ke kanan: Gucci, Proenza Schouler dan Balenciaga
Terlihat juga pada koleksi: Givenchy, Carven, Alexander Wang, Kenzo

 

 

 

gar__onne__giorgio_armani__ralph_lauren_et_comme_des_gar__ons_500464944_north_883x

Tomboy
Dengan sentuhan retro, tampilan feminin-maskulin pada musim gugur kali ini tampak banyak diinspirasikan oleh tokoh Gavroche dari karya Les Miserables. Menswear yang dikenakan wanita kembali menginspirasi suguhan tren pada ajang Fall/Winter 2013 kali ini lewat koleksi blazer dari Giorgio Armani yang dikenakan dengan celana high-waist berbahan beludru juga pada koleksi Ralph Lauren dengan blus oversized yang dikenakan dengan gaya laki-laki lewat vest maskulin dan celana yang dimasukkan ke dalam sepatu boots. Very retro tomboy-ish!

Dari kiri ke kanan: Giorgio Armani, Ralph Lauren dan Comme des Garçons

 

 

 

_r__sille_m__tallique_chlo____anthony_vaccarello_et_paco_rabanne_546629926_north_883xMetallic
Seperti terlihat pada koleksi Anthony Vaccarello, Chloe dan Paco Rabbanne, tren dari era medieval untuk musim ini telah berhasil tercipta, salah satunya meliputi tren pakaian armor dengan suguhan material logam menyerupai jaring.

Dari kiri ke kanan: Chloé, Anthony Vaccarello dan Paco Rabanne

 

 

ann__es_40_prada__bottega_veneta_et_gucci_93109684_north_883x

1940s
Ikon era 1940 seperti Lauren Bacall, Ingrid Bergman, Veronica Lake dan Katherine Hepburn merupakan beberapa tokoh yang diberikan penghormatan dan menjadi inspirasi terutama pada koleksi panggung Milan Fashion Week. Meliputi bahu-bahu yang licin dan lembut, pinggang yang terbentuk, pinggul yang bulat hingga garis leher yang rendah, desainer menyuguhkan siluet hourglass pada koleksi mereka ala era 1940-an.
Dari kiri ke kanan: Prada, Bottega Veneta dan Gucci
Terlihat juga pada koleksi: Christian Dior, Marc by Marc Jacobs, Carolina Herrera

 

 

 

manteau_rose_poudr____christian_dior__miu_miu_et_carven_393270750_north_883xPowder Pink Coats
Paduan mantel dusty pink terlihat wara-wiri di panggung Fall/Winter 2013. Ketika para desianer menggunakan warna-warna vibrant untuk dress dan celana, mantel-mantel suguhan mereka muncul dalam palet warna yang lebih lembut, muda dan pastel seperti soft powder pink. Manis dan cute, warna English Rose ini membawa kita menuju dunia romansa untuk musim kali ini.
Dari kiri ke kanan: Christian Dior, Miu Miu dan Carven
Terlihat juga pada koleksi Chanel, Mulberry, Nina Ricci, Rodarte

 

 

 

100___ca__man_louis_vuitton__prada_et_herm__s_11122708_north_883xCroco
Ketika membicarakan tentang material leather untuk musim Fall/ Winter kali ini, look head to toe dengan kulit crocodille pasti menjadi salah satu topik hangat. Musim gugur dan dingin kali ini penuh diwarnai dengan gaya seductive dan menggoda dengan kulit buaya. Kenakan dengan warna yang natural seperti di koleksi Hermes dan Prada atau hadirkan dengan sentuhan pastel yang creamy seperti terlihat pada koleksi Louis Vuitton.
Dari kiri ke kanan: Louis Vuitton, Prada dan Hermès
Terlihat juga pada koleksi: Burberry Prorsum, Jean Paul Gaultier, Diane von Furstenberg

 

 

 

tailoring_yohji_yamamoto__stella_mccartney_et_maison_martin_margiela_722677617_north_883x

Tailoring
Musim kali ini, kita akan banyak melihat para wanita yang ‘mencuri’ setelan jas pasangannya atau ayah mereka karena terlihat dari tampilan setelan yang tailored-like walaupun dengan berbagai aksen oversized disana-sini. Ketika tampilan inspirasi mafia terlihat di koleksi Stella McCartney danYohji Yamamoto, Maison Martin Margiela juga menyuguhkan tren setelan ini dengan arahan gaya ala The Great Gatsby karangan F. Scott Fitzgerald.
Dari kiri ke kanan: Yohji Yamamoto, Stella McCartney dan Maison Martin Margiela
Terlihat juga pada koleksi: Ralph Lauren,Vivienne Westwood, Emanuel Ungaro

 

 

 

camouflage_michael_kors__alexander_wang_et_christopher_kane_913871951_north_883xCamouflage

Dengan print camouflage, mountain ranger look dan warna khaki mendominasi panggung koleksi, tampilan ala pasukan bersenjata berhasil menginspirasi para desainer di musim ini. Siluet menjadi lebih tegas dan desain yang mengedepankan the famous camo print hadir dalam berbagai wujud yang berbeda-beda.
Dari kiri ke kanan: Michael Kors, Alexander Wang dan Christopher Kane

 

 

 

sailer_boy_h_m__ralph_lauren_et_emilio_pucci_592223354_north_883x

Sailor Boy
Arah mode mulai bergeser kepada aksi marinir dan laut dikarenakan tren Navy Blue pada musim Fall/Winter 2013 kali ini. Segudang aksesori marinir dan seragam kelautan hadir lewat semangat army look yang tegas.
Dari kiri ke kanan: H&M, Ralph Lauren dan Emilio Pucci
06-nyfw-trends-green-w724

Hijau Pupus
Warna pantone, hijau pupus sudah dapat dipastikan menjadi salah satu major trend untuk Fall/Winter 2013 kali ini. Dari warna hijau emerald hingga hijau army, gradasi warna hijau hampir meramaikan panggung koleksi seheboh warna winter white dan navy blue.

Dari kiri ke kanan: Cushnie et Ochs, Marc Jacobs, Richard Chai Love

 

 

 

07-nyfw-trends-slouchy-pants-w724Slouchy Pants
Celana slouchy berpotongan cropped ini benar-benar melakukan kemunculan kembali pada musim Fall/Winter 2013 kali ini. Must-have pants ini lebih loose dan berpotongan lebih menggantung sehingga menciptakan kesan kasual pada tampilan paling resmi sekalipun. Potongan terbarunya terlihat lebih sempit di bagian ujung pergelangan kaki dan berpotongan tinggi di batas pinggang. Padankan dengan heels dan handbag kecil dan seketika Anda menjadi simbol tren 2013.

Dari kiri ke kananL: Calvin Klein, ICB by Prabal Gurung, The Row

 

 

 

09-nyfw-trends-folk-pieces-w724

Folk-Inspired
Koleksi New York Fashion Week menggarisbesarkan pada kehadiran material-material yang nyaman dan motif-motif tradisional yang diberikan twist urban spin-off. Motif-motif hasil kerajinan tangan ini dipadankan dalam tampilan jauh lebih urban dan modern dengan dominasi warna hitam sebagai warna utamanya. Sajikan folk-inspired look Anda kali ini dengan twist urban yang modern.
Dari kiri ke kanan: Prabal Gurung, Rodarte, Suno

 

Photos: Dok. http://en.vogue.fr


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY