Tren gadget di Tahun 2014 telah berakhir ditandai dengan kemunculan produk-produk teranyar dari produsen kelas dunia. Sebut saja Apple yang meluncurkan iphone 6 dan Samsung dengan note 4. Hm.. Namun, bagaimana ya, dengan tren di Tahun 2015?

Pasalnya, perlu diakui jika tren smartphone di Tahun ini memang bisa jelas terlihat dari beberapa terobosan yang diusung oleh produsen gadget, software sampai penyedia layanan koneksi.

Sama seperti halnya spesifikasi yang ditonjolkan oleh dua raksasa gadget di awal artikel dalam merilis produk, ternyata bakal ada beberapa syarat bagi anda agar bisa memilih smartphone yang tepat agar bisa ikutan tren di tahun ini, lho!

Mau tau apa saja kriteria bagi mereka penggemar smartphone Android? Check this out!

 

  1. Kapasitas Memori Besar

Banyak orang yang lupa memperhatikan detail spesifikasi ketika membeli sebuah smartphone. Belakangan barulah mereka mengeluhkan smartphone-nya itu lemot atau sering hang. Ini dikarenakan smartphone tersebut biasanya memiliki kapasitas memori terbatas.

Padahal sebuah smartphone butuh memori yang cukup besar agar seluruh aplikasi dapat berjalan dengan lancar. Apalagi umumnya aplikasi sekarang boros memori. Sebut saja Path, Firefox, Facebook, YouTube, Gmail dan Yahoo! Mail.

Oleh karenanya, perlu dipahami bahwa di dalam smartphone ada dua jenis memori berbeda. Fungsinya pun berbeda. Pertama, ROM alias memori untuk menyimpan OS, aplikasi dan data. Sebaiknya sebuah smartphone memiliki memori internal di atas 4GB dan slot micro SD eksternal agar bisa ditambah.

Kedua, RAM alias memori untuk menjalankan aplikasi. Semakin besar RAM yang ada di smartphone maka semakin cepat aplikasi dijalankan. RAM besar juga mendukung aktivitas multimedia berat seperti memutar video HD, main game 3D dan sebagainya. Sebaiknya RAM smartphone berukuran di atas 512MB.

Smartphone yang punya memori penyimpanan dan RAM berkapasitas cukup besar tentunya akan lebih siap menyambut kehadiran layanan jaringan 4G LTE di Indonesia. Dengan spesifikasi smartphone yang mumpuni dan kecepatan akses data super cepat, melakukan apa pun jadi lebih mudah.

 

1551938_20150116113358

  1. Siap Tangkap Sinyal 4G LTE dan Sambut Era 64 Bit

Sistem operasi Android 5.0 terbaru yang dirilis Google – Lollipop menjanjikan performa komputasi yang lebih cepat, halus dan bertenaga. Android Lollipop juga sudah sepenuhnya kompatibel dengan arsitektur 64 bit. Karena, jika didukung oleh prosesor yang sudah memiliki arsitektur 64 bit, tentunya banyak proses yang bisa dilakukan lebih cepat.

Produsen kenamaan Qualcomm pun sudah meluncurkan prosesor Snapdragon baru dengan chip Cortex-A53 berarsitektur 64 bit. Tak ayal kolaborasi OS Android Lollipop dan prosesor 64 bit disinyalir akan mendukung aktivitas berat seperti streaming video super HD kualitas 4K di smartphone.

Tentunya streaming bisa lebih lancar menggunakan jaringan 4G LTE yang sebentar lagi booming di Indonesia. Demikian juga untuk urusan upload video HD. Tidak hanya lebih cepat, namun dari sisi grafis pengalaman multimedia di smartphone kita juga akan lebih mulus dan responsif.

Untungnya semakin banyak produsen yang menyiapkan smartphone berprosesor 64 bit untuk mendukung koneksi 4G LTE. Google juga terus melakukan perbaikan dan ‘menambal lubang-lubang’ yang ada di Lollipop. Sementara tiga operator besar Indonesia siap menyediakan layanan jaringan 4G LTE mulai awal tahun depan.

 

1551938_20150116112322

  1. Bisa Update

Bukan rahasia jika mayoritas smartphone Android keluaran tahun 2014 sudah mengusung sistem operasi (OS) Android 4.4 KitKat. Sementara bagi smartphone Android keluaran tahun-tahun sebelumnya yang masih menggunakan OS Jelly Bean, secara bergilir mendapatkan update KitKat.

Kemudian pada pertengahan tahun 2014, Google mengumumkan rilis OS terbarunya Android 5.0 Lollipop. Saat ini baru device Nexus yang sudah merasakan manisnya Lollipop. Sementara bagi smartphone flagship dari produsen lainnya masih harus menunggu beberapa waktu hingga update Lollipop tiba.

Nah, bagi Anda yang mau membeli smartphone baru sekarang, pastikan device itu bisa di-upgrade ke Lollipop. Karena, sistem operasi Lollipop sudah sepenuhnya kompatibel dengan arsitektur 64 bit yang bisa mendukung Anda untuk menikmati pengalaman multimedia dan streaming video HD yang mulus di jaringan 4G LTE.

 

1551938_20150116105712
Polytron Zap 5
Polytron Zap 5 x iPhone 5 S
Polytron Zap 5 x iPhone 5 S
  1. Layar Jernih, Bodi Tipis

Untuk kriteria satu ini, memang merupakan gambaran umum bagi smartphone pada era seperti sekarang. Tak terkecuali untuk tren di Tahun 2015. Pasalnya, di dunia yang semakin mementingkan keindahan visual seperti saat ini smartphone dengan layar jernih bakal semakin diburu. Pun dengan ukurannya.

Menurut saya, layar berukuran 4.5” adalah yang paling pas karena nggak terlalu kecil, tapi juga nggak kebesaran. Karena dengan layar 4.5” Anda masih cukup nyaman mengoperasikan smartphone ini dengan satu tangan. Jika beralih ke masalah bodi, smartphone yang langsing bakal jadi nilai plus karena bisa mendukung mobilitas.

 

  1. Harga Terjangkau

Kriteria satu ini bisa dibilang merupakan kriteria yang perlu dipertimbangkan dalam membeli sebuah gadget. Apalagi smartphone. Pasalnya, perkembangan industri smartphone yang semakin pesat membuat produsen smartphone berlomba-lomba untuk merilis produknya dalam waktu yang berdekatan.

Hal itu pun bisa menjadi kebingungan tersendiri bagi konsumen. Karena, keinginan untuk mengupgrade smartphone bakal selalu timbul bagi Anda yang membeli smartphone murah tanpa memperhatikan spesifikasinya. Mampu ikut tren atau tidak? Well, sebagai pilihan smartphone harga terjangkau yang ikut tren di Tahun ini, ke-5 kriteria di atas ternyata telah tersedia dalam produk teranyar dari Polytron, lho!

 

 

1551938_20150116113358

Yap, inilah Polytron Zap 5!

Smartphone yang dapat beroperasi baik di jaringan 3G maupun 4G LTE hingga 2600 MHz. Dibekali dengan Android KitKat 4.4 yang upgradable ke Android Lollipop 5.0, prosessornya menggunakan Qualcomm Snapdragon 410 Quadcore CPU 1.2 GHZ 64-bit dan 8GB ROM + 1 GB RAM yang bikin kinerjanya super cepat!

Punya ukuran layar 4.5″ yang cukup lega untuk menampilkan apps, Polytron Zap 5 juga dibekali dengan 5 MP Rear Camera AF yang tersedia menu HDR, Panorama, dan Video yang bisa dimaksimalkan penggunaanya. Dilengkapi FM Radio, Dual SIM Card, dan Screen Recorder, menggenggam Polytron 5 di 2015 pun bakal lebih keren karena smartphone ini mengusung design unibody yang slim dan dibalut casing plastik dengan desain modern.

Tak ayal jika produk ini bisa disematkan sebagai salah satu Smartphone Android LTE termurah di Indonesia, karena harga Polytron Zap 5 ini dibanderol dengan harga Rp1.099.000 saja! So, tunggu kemunculan Polytron Zap 5 yang akan dijual secara preorder mulai 29 Januari 2015 – 2 Februari 2015, exclusive di Blibli.com!

xmicrosite-teaser-Zap-5-new.jpg.pagespeed.ic.d7qwGmNXwY

Lihat detailnya dengan klik disini!

Kadek

Kadek

Football for life, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY