Apa Saja Kitchen Appliances untuk Mencampur Bahan Makanan dan Kegunaannya?

kitchen appliances

Saat memasak di zaman modern ini, pastinya kamu nggak akan lepas dari penggunaan kitchen appliances yang serba canggih. Terutama dengan kelompok blender, mixer, chopper, dan food processor yang senantiasa mempermudah kamu saat harus mencampur berbagai bahan makanan untuk mendapat cita rasa yang paling nikmat.

Akan tetapi, bila kamu nggak mengerti fungsi dari tiap kitchen appliances tersebut dengan benar, kamu nggak akan bisa mendapat hasil yang optimal darinya. Yang ada, proses memasakmu malah jadi nggak efisien dan membuat kamu tambah ribet!

Untuk menghindarinya, kenali dulu yuk tipe-tipe dari kitchen appliances yang dapat kamu gunakan untuk mencampur bahan makanan dan juga fungsi utamanya. Langsung saja simak ulasan di bawah ini!

LIHAT KOLEKSI KITCHEN APPLIANCES UNTUK MENCAMPUR BAHAN MAKANANMU DI SINI

1. Chopper, solusi cepat untuk menghaluskan daging dan bumbu dapur

kitchen appliances
Via – Nancy

Chopper merupakan salah satu kitchen appliances yang cukup mudah untuk kamu temui. Seringkali, chopper dianggap sama dengan food processor. Padahal, terdapat beberapa perbedaan antara keduanya!

Jika kamu ingin menghaluskan dan mencampur bahan makanan seperti bumbu dapur ataupun daging yang jumlahnya 1-4 cup, maka chopper adalah pilihan yang tepat untuk kamu.

Bagi kamu yang belum punya kitchen appliances satu ini, Blibli Friends merekomendasikan Kenwood Quad Blade Chopper sebagai andalanmu untuk memotong dan mencampur bahan makanan menjadi bagian kecil dan halus. Dengan kapasitas hingga 1,5 liter dan daya motor 500 Watt, dijamin mencincang bahan makanan akan menjadi lebih mudah bagi kamu!

KLIK DI SINI UNTUK MENDAPATKAN KENWOOD QUAD BLADE CHOPPER

2. Andalkan food processor untuk mencampur dan menghaluskan bahan makanan dalam jumlah banyak

kitchen appliances
Via – Williams Sonoma

Meski kegunaannya mirip dengan chopper, food processor punya keunikan tersendiri yang membuatnya jadi andalan kamu saat mencampur makanan. Tiap unit food processor dilengkapi dengan feeding tube untuk memasukkan bahan makanan yang akan dicampur. Selain itu, ia juga dilengkapi dengan berbagai macam mata pisau yang dapat kamu ganti. Bahkan pada beberapa tipe, ada juga food processor yang bisa membantumu mengaduk adonan kue, lho!

Bila kamu belum tahu food processor mana yang tepat untuk melengkapi peralatan dapurmu, kamu bisa coba menggunakan Kenwood Food Processor yang dilengkapi tiga mangkok berbeda. Pisaunya yang tajam terbuat dari stainless steel, sehingga daya potongnya kuat dan dapat mencampur bahan makananmu dalam sekejap. Kapasitas produk ini mencapai 4,3 liter, sehingga kamu dapat menghaluskan dan mencampur bahan makanan dalam jumlah banyak sekaligus.

BELI KENWOOD FOOD PROCESSOR DI SINI

3. Blender normal untuk smoothies dan saus setiap saat

kitchen appliances
Via – DobreWyciskarki.pl

Blender merupakan salah satu kitchen appliances yang pastinya sudah menjadi sahabatmu untuk mencampur berbagai bahan makanan. Namun, tidak seperti chopper dan food processor yang biasanya digunakan untuk kerja yang lebih berat, blender memiliki fungsi optimal dalam mencampur dan menghaluskan bahan makanan dalam/menjadi bentuk cairan, seperti smoothies ataupun saus.

Pisau pemotong pada blender akan tersendat jika kamu menggunakannya untuk menggiling bumbu dapur atau daging. Alasannya, karena motor unit tidak mampu menggerakan pisau yang tertimpa bahan makanan berbobot berat dan padat. Jadi, lebih baik gunakan blender untuk bahan makanan yang berupa cairan atau berbobot ringan saja ya!

Nah, untuk masalah blender-memblender, kamu bisa mengandalkan Ozen Vacuum Blender untuk hasil blending yang optimal. Teknologi vakum yang dimilikinya akan menjaga kandungan nutrisi dari bahan makanan yang kamu campurkan. Hasil blending yang kamu dapatkan pun tidak akan berbuih dan lebih pekat!

KLIK DI SINI UNTUK BELI OZEN VACUUM BLENDER

4. Blender buah untuk membuat jus sehat dalam sekejap

 

kitchen appliances
Via – UV Online

Dibandingkan dengan blender biasa, blender buah biasanya berukuran kecil dengan tampungan yang cocok untuk membuat jus buah yang biasa dikonsumsi sehari-hari, seperti Tefal Fruit Sensation Mini Blender ini.

Mini blender merupakan salah satu produk blender buah yang direkomendasikan karena dilengkapi dengan 3 jenis tabung yang dapat kamu gunakan untuk mengeksplorasi selera dan tekstur dari berbagai buah dan sayur. Unit ini juga mudah dibersihkan, sehingga kamu tidak akan kerepotan ketika mencucinya.

BELI TEFAL FRUIT SENSATION MINI BLENDER DI SINI

5. Hand blender, solusi kilat untuk melumatkan bahan makanan

 

kitchen appliances
Via – UV Online

Ada lagi nih tipe blender lainnya yang belum dibahas, yaitu hand blender. Blender yang satu ini sangat cocok digunakan untuk memblending cairan yang jumlahnya sedikit dalam waktu sekejap!

Desainnya yang minimalis membuatnya mudah dibawa-bawa dan disimpan. Pemakaian pun lebih mudah karena tinggal kamu pegang dan arahkan ke bahan-bahan yang ingin kamu blend. Praktis, bukan?

Jika kamu berminat memiliki hand blender, Kenwood Hand Blender bisa jadi solusi yang pas buat kamu. Dilengkapi dengan 23 fungsi berbeda dan pisau Triblade serta berbagai aksesoris lain, dijamin produk ini bisa sangat kamu andalkan untuk membuat puree, makanan bayi, sup, krim, dan sebagainya.

KLIK DI SINI UNTUK MENDAPATKAN KENWOOD HAND BLENDER

6. Hidangkan home made cake untuk keluarga dengan bantuan hand mixer

 

kitchen appliances
Via – Naomi Manning

Jika kitchen appliances yang telah dibahas di atas semuanya dilengapi dengan pisau pemotong, selanjutnya kita akan membahas appliances untuk mencampur bahan makanan yang tidak memiliki pisau, yaitu mixer.

Bicara mengenai mixer, salah satu jenis yang paling familiar kamu gunakan ialah hand mixer. Tentunya hal ini disebabkan karena desainnya yang praktis untuk digunakan. Dengan menggunakan hand mixer, kamu bisa mencampur bahan adonan dengan cepat tanpa perlu pegal karena harus mengaduk adonan secara manual.

Untuk kitchen appliances ini, Blibli Friends merekomendasikan Philips Hand Mixer yang memiliki fitur lima kecepatan berbeda yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, produk ini hanya memakan daya sebesar 170 Watt, lho!

KLIK DI SINI UNTUK MENDAPATKAN PHILIPS HAND MIXER

7. Stand mixer, untuk pembuatan adonan praktis dalam jumlah banyak

 

kitchen appliances
Via – James Aitchison

Tipe mixer lain yang harus kamu ketahui yaitu stand mixer. Stand mixer paling tepat kamu manfaatkan untuk membuat adonan dalam jumlah besar. Berbeda dengan hand mixer yang harus selalu kamu pegang selama proses mengaduk, dengan stand mixer, kamu bisa meninggalkan adonanmu untuk sementara waktu karena ia dapat berdiri sendiri.

Sehubungan dengan hal tersebut, KitchenAid Artisan Stand Mixer adalah produk yang paling banyak digemari oleh baker profesional karena kualitasnya yang sangat baik. Unit ini didesain dengan fitur tilt back mixer untuk akses yang mudah ke mangkuk dan pengocok adonan. Kapasitas mangkuknya mencapai 4,75 liter dengan daya 325 Watt.

TEMUKAN KITCHEN AID ARTISAN STAND MIXER DI SINI


Itulah beberapa jenis kitchen appliances yang biasa dipakai untuk mencampur bahan-bahan makanan di dapur. Setelah tahu fungsinya masing-masing, jangan sampai salah menggunakan appliances lagi ya! Dengan begitu, kamu bisa memasak secara efisien dan mendapat hasil yang optimal.

Bagi yang belum punya, kamu nggak perlu bingung mau mencari kitchen appliances tersebut di mana, karena Blibli.com punya segudang produk yang ditawarkan buat kamu! Mulai dari mixer, blender, hand blender, food processor, chopper, hingga produk elektronik dapur lainnya, semua ada di Blibli.com!

Yuk, jangan tunda-tunda lagi keperluanmu. Segera temukan kitchen appliances yang tepat buatmu di #BlibliSekarang!

KITCHEN APPLIANCES YANG KAMU BUTUHKAN ADA DI SINI

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY