Sudah cukup lama saya merasakan manfaat buah kering yang satu ini, terutama dalam hubungannya dengan lari. Apa hubungannya  kismis yang biasanya menjadi buah kering sebagai “pemanis” dalam makanan olahan seperti roti, kue kering, atau es krim? Nanti kita akan sampai kesana.

Sebelumnya kita coba mengenal dulu apa itu kismis. Kismis atau dalam bahasa latinnya Vitis vinifera adalah buah anggur (hijau ataupun hitam) yang dikeringkan. Kismis terasa sangat manis karena kepekatan gulanya yang tinggi, sebanyak 60% berat kismis terdiri dari gula, dan separuhnya berupa fruktosa dan glukosa.

Kismis juga sangat tinggi akan kandungan antioksidannya dibandingkan dengan buah prune dan aprikot. Kismis sendiri telah lama digunakan sebagai sumber diet untuk mendapatkan acid lemak dan tokoferol sebagai antioksidan untuk menurunkan kadar radikal bebas. Radikal bebas merupakan senyawa yang dapat merusak sel dan membuat tubuh sulit untuk kembali bugar setelah berolahraga.

Bentuknya memang bisa dikatakan tidak menarik, berkeriput. Tetapi siapa yang menduga, makanan yang sehat ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Beberapa diantaranya seperti berikut:

Meningkatkan gairah seksual
Mengonsumsi kismis setiap hari dapat meningkatkan gairah seksual. Sebab di dalam kismis terdapat senyawa yang bernama asam amino jenis arginine yang berguna untuk merangsang libido.

Mencegah kanker
Kismis memberikan proteksi terhadap sistem pencernaan sekaligus dapat mencegah terjadinya kanker usus besar. Sebab kismis memiliki antioksidan bernama catechin (katekin) seperti  yang terdapat dalam teh hijau, berguna untuk menahan radikal bebas.

Melancarkan pencernaan
Kismis kaya akan serat, makan kismis dapat membantu tubuh melancarkan sistem pencernaan. Gangguan pada sistem pencernaan, seperti sembelit, bisa diatasi dengan mengonsumsi kismis.

Menyehatkan tulang
Kismis berperan juga dalam hal menjaga kesehatan tulang dan gigi karena punya kandungan kalsium yang tinggi. Selain itu kismis juga mengandung Boron, nutrisi mikro yang diperlukan untuk pembentukan tulang dan penyerapan kalsium, sehingga baik untuk mencegah osteoporosis.

Memberikan energi
Apabila Anda sedang lemas, coba makanlah kismis. Karena kismis termasuk makanan sehat yang bersifat mengenyangkan dan memberikan energi secara cepat. Nah disini, kismis menjadi solusi cepat ketika kita berlari jarak jauh, contoh: Marathon. Badan kita tetap membutuhkan asupan energi sebagai sumber tenaga kita untuk tetap berlari. Dengan jarak tempuh yang panjang tentunya kadar energi dalam tubuh perlahan tapi pasti akan menurun, disinilah kita memerlukan asupan energi untuk mengganti tenaga yang sudah terpakai. Dengan kadar gulanya yang sangat tinggi, kismis sangat cocok dikonsumsi disaat berlari untuk mengembalikan tenaga, selain bentuknya yang juga mudah untuk disimpan dan dibawa.

food-bay_mariani-raisins-300-gr_full01.jpg.pagespeed.ce.-0_ITUOfeV
Mariani – California Raisins

Untuk produk kismis dalam kemasan, Anda bisa juga mendapatkannya di blibli.com, coba cek link yang satu ini. Selain kismis, Anda juga bisa menemukan dan mendapatkan buah yang dikeringkan lainnya di kategori Culinary seperti kurma, cranberries dan plum.

Selamat mencoba.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY