Indonesia adalah negara yang memiliki sumber daya kayu yang berlimpah dari hutan-hutan tropisnya. Selama puluhan tahun, kayu ini diolah untuk menjadi kerajinan kayu yang kuat, kokoh, dan terlihat sangat berkarakter. Nggak heran, sampai sekarang, berbagai jenis kerajinan kayu mulai dari tikar sampai rak lemari jati pun tetap laris manis di pasaran.

Kali ini Blibli Friends berkesempatan untuk ngobrol bareng dengan salah satu pengrajin kayu yang terkenal dari Kalimantan, yaitu Abang Borneo. Kreasinya cakep-cakep dan pastinya terlihat manis buat mempercantik ruang tengah atau kamar tidurmu. Yuk simak cerita seru dari Abang Borneo di sini!

INTIP DULU PROMO SPESIAL 17-AN DI BLIBLI.COM

1. Karya Indonesia yang sangat authentic

kerajinan kayu
Via – Pexels

Di zaman sekarang, semua produk diciptakan dengan teknologi mesin yang membuat semuanya seragam. Sangat sulit buat menemukan produk yang orisinil di pasaran. Tapi, Abang Borneo justru memulai usahanya dengan tangannya sendiri karena mereka ingin mempopulerkan karya asli bangsa Indonesia.

Nama Abang Borneo sendiri dicetuskan karena Pak Sapwani dan kawan-kawannya yang selalu mengambil material produk langsung dari daerah pedalaman Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Setelah mendapatkan bahan baku yang bagus, mereka pun mulai membuat kerajinan kayu dengan cara manual atau handmade. Mereka hanya menggunakan mesin dalam proses finishing saja agar permukaan kayu bisa rata dan terlihat apik. Jadi bisa dipastikan kalau semua produk Abang Borneo ini sudah melalui proses pengerjaan yang sangat ketat.

Tingkat orisinalitasnya juga nggak usah diragukan! Mereka benar-benar menganut istilah, “Dari Indonesia, oleh Indonesia, dan untuk Indonesia.” Wah, keren banget kan guys?!

YUK CEK PRODUK ABANG BORNEO SEKARANG

2. Produknya beragam, mulai tikar sampai partisi ruangan

kerajinan kayu
Via – Pinterest

Kamu pasti tahu alas tatami yang biasa dipakai di rumah-rumah Jepang. Nah, Abang Borneo juga memproduksi tikar rotan Saburina berkualitas tinggi yang membuat suasana rumahmu adem persis seperti di negeri Sakura. Selain dari bahan rotan, mereka juga memproduksi karpet plywood yang terlihat elegan untuk dekorasi interior rumahmu.

Apa lagi kerajinan kayu yang mereka jual? Banyak!
Ada partisi ruangan tradisional, keranjang rotan, kursi lipat, sampai cermin cantik yang cocok dipasang di dinding kamar mandi. Nah, kamu tinggal pilih nih kira-kira kerajinan kayu apa yang paling kamu suka, lalu tinggal pesen ke Abang Borneo!

CEK KOLEKSI LENGKAP PRODUK ABANG BORNEO DI SINI

3. Kenapa harus pilih tikar rotan?

kerajinan kayu
Via – Roma Cenks

Selama ini, Pak Sapwani yang memimpin Abang Borneo mengaku bahwa produk yang paling laris dan digemari orang Indonesia adalah tikar rotan Saburina, tikar lampit, dan karpet kayu. Tidak hanya pembeli eceran, Pak Sapwani juga sering menerima pesanan dalam jumlah besar dari perkantoran, hotel, dan juga institusi pemerintah.

Lalu apa sih kelebihan tikar rotan dibandingkan kerajinan kayu yang lain? Menurut Pak Sapwani, tikar rotan atau lampit yang merupakan kerajinan tangan khas masyarakat Kalimantan Selatan, sangat cocok digunakan di daerah tropis di Indonesia, karena bahan rotan terasa lebih dingin ketika kita mendudukinya berlama-lama.

Selain itu, tikar ini juga aman digunakan untuk orang-orang yang sensitif dan alergi pada karpet bulu, karena bahan yang digunakan 100% natural. Jadi, nggak perlu takut bersin-bersin lagi karena bisa berselonjor berlama-lama di tikar rotan.

Menariknya lagi, tikar rotan bisa bertahan lama dan mudah sekali untuk dibersihkan. Bentuk desain dan warna tikar yang netral membuatnya sangat cocok ditaruh di ruangan mana pun. Nggak cuma fungsional, tapi rumahmu juga makin kelihatan keren dengan sentuhan tikar natural ini!

PILIH TIKAR ROTAN YANG KAMU INGINKAN DI SINI

4. Cara merawatnya mudah, lho!

kerajinan kayu
Via – Cooking Light

Nah, kalau sudah mempunyai produk rotan di rumah, Pak Sapwani juga ngasih tips-tips berguna untuk merawat tikar biar tahan lama.

Pertama, tikar rotan ini bisa dibersihkan dengan mudah pakai mesin vacuum cleaner. Supaya tikar tetap bersih dari segala debu, sering-sering vacuum dua hari sekali ya!

Dan untuk sudut-sudut yang tidak terjangkau dengan vacuum cleaner, kamu juga bisa gunakan sikat gigi basah agar bisa menghilangkan kotoran dengan lebih optimal. Membersihkan tikar ini penting karena kamu pasti mau tikar terlihat bersih dan kinclong sepanjang hari kan?

Selain itu, produk-produk rotan juga sebaiknya diletakkan di tempat yang nggak terkena sinar matahari langsung, apalagi kalau terekspos dengan air hujan secara terus menerus. Bisa-bisa warna rotan menjadi pudar, kering, dan rapuh. Oleh karena itu, lebih baik simpan produk rotanmu di tempat kering dan teduh ya!

Kemudian, untuk menghindari adanya rayap, kamu juga bisa menggunakan larutan kamper supaya produk rotan kamu tetap aman dan kualitasnya terjaga.

BELI VACUUM UNTUK KEBERSIHAN RUMAHMU SEKARANG


Wah, keren banget ya kerajinan kayu yang diproduksi Abang Borneo ini! Nggak cuma kelihatan keren, tapi semua produknya menggunakan bahan natural dan nyaman, berkualitas tinggi, dan cara perawatannya pun sangat mudah. Nggak heran Abang Borneo selalu dibanjiri order dari berbagai daerah setiap bulannya.

Kreasi kerajinan kayu Abang Borneo bisa membuat rumahmu terlihat makin rapi dan cantik. Yakin nggak mau borong semua produknya? Tenang aja! Karena sekarang kamu bisa beli kerajinan kayu dari Blibli.com dengan harga yang terjangkau! Apalagi, Blibli.com juga menawarkan cicilan 0% dan berbagai metode pembayaran yang canggih.

Yuk cek #BlibliSekarang dan borong kerajinan kayu dari Abang Borneo!

KLIK DI SINI UNTUK BELI PRODUK ABANG BORNEO SEKARANG

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY.

I love to travelling around Indonesia, because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other.

When i stay in the city, I usually going to spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends 🙂

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY