Geleang_Island_Karimunjawa
Karimun Jawa, Pulau Geleang Photo by www.fotopedia.com

Pernahkah kamu dengar Pulau Karimun Jawa? Dari ribuan pantai di Indonesia, Karimun Jawa adalah salah satu pantai terbaik, terindah, dan tak terlupakan. Bagi saya, Karimun Jawa adalah salah satu pulau yang wajib kamu kunjungi. Selain sepi, pulau ini menawarkan ketenangan yang tiada tara. Kamu bisa menemukan damai hanya di pinggir pantainya. Menyenangkan bukan?

Pulau ini terletak di kecamatan Karimun Jawa, Kabupaten Jepara, Provinisi Jawa Tengah. Sejak tahun 2001 pulau ini ditetapkan sebagai Taman Nasional Karimunjawa dengan luas wilayah 111.625 hektare (ha). Pulau ini termasuk dalam gugusan 27 pulau yang terdapat di pulau Jawa. Di daerah tersebut, pulau ini merupakan hutan tropis dataran rendah. Ada 5 pulau yang dihuni oleh penduduk setempat, diantaranya Pulau Parang, Pulau Nyamuk, Pulau Kemujan, dan Pulau Genting.

Di kepualuan Karimun Jawa kamu bisa menyaksikan berbagai biota laut dan fauna yang menyegarkan mata. Diantaranya rusa, kera ekor panjang, dan ratusan fauna air. Kalau kamu merapat ke Pulau Galeang dan Pulau Burung, terdapat jenis fauna langka seperti elang laut dada putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Pulau Karimun Jawa

Seperti biasa saya melancong bersama tim backpacker saya yaitu TasKecil. Perjalanan yang saya tempuh yaitu melalui darat (bisa juga kamu tempuh lewat laut). Saya menaiki bis dengan perjalanan mencapai 6 jam. Sampai ke pelabuhan Kartini dengan biaya antara 60 ribu sampai 80 ribuan untuk menyebrang, itu tergantung kelas apa yang kamu pilih. Tapi perlu diingat, berpergian ke Karimun Jawa tidak bebas seperti kamu pergi ketempat lainnya, berhubung ombak dan udara yang kadang tak bisa dilintasi, jadi kamu perlu tau dulu apakah tanggal dan bulan yang kamu tentukan itu dapat dilalui atau tidak. Kalau kamu tidak memperhitungkan bisa seminggu kamu tinggal di pulau itu.

karimun jawa shark

Tapi jangan khawatir, bukan berarti disana tidak ada apa-apa. Semua fasilitas lengkap, seperti hotel, rumah penginapan, restoran, masjid, kios cinderamata. Dan belum lagi kamu bisa menuju penangkaran hiu putih dan abu-abu untuk berenang bersama. Kalau kamu berani yaa hehe…
Selain kebutuhan perut dan tidur, fasilitas untuk berenang disana juga lengkap. Alat-alat snorkeling dan lifeguard juga disewakan. Bahkan ada kapal glass bottom boat yang bisa kita sewa kalau kamu tidak bisa berenang. Kalau seandainya kamu merencanakan untuk stay 4 hari, cobalah untuk berpindah pulau, dengan biaya kapal dari Rp 250.000 – Rp 450.000 kamu sudah bisa ke beberapa pulau di sekitarnya.

Oh iya jangan lupa ya untuk pergi ke Pulau Menjangan Besar. Di pulau ini kamu dapat menikmati keindahan ikan hias dan ikan hiu, serta ikan-ikan lainnya. Di kepulauan Karimun Jawa ini menyuguhkan pemandangan yang masih natural, karang yang masih indah, seakan kamu dibuat untuk tidak mau pulang. Setidaknya itu apa yang saya rasakan hehe..

Kalau kamu sedang melancong ke daerah pantai, saran saya pribadi lebih baik gunakan sandal. saya sendiri lebih memilih untuk memakai sendal karena jalan kaki akan terasa lebih luwes dan tidak ribet, apalagi kalau sepatumu tidak mau kemasukan pasir. di Blibli tersedia beberapa koleksi sandal yang bisa kamu bawa kemana saja. contohnya adalah Sui Sui Obession berikut ini,

sui-sui_sui-sui-obsession-bsa-5611-black

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY