Kamera Travelling

Pernahkah kamu makan sayur yang lupa diberi bumbu? Pasti hambar dan kamu tidak akan menikmatinya. Begitulah rasanya bila kamu traveling tapi tidak membawa kamera. Tak bisa mengabadikan momen seru yang kamu lakukan, tak bisa memotret pemandangan indah di depan mata, dan pastinya tak bisa memotret makanan lezat yang menggiurkan.

Traveling memang wajib membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen yang kamu lakukan dan mungkin tidak akan terulang lagi di masa mendatang. Namun, sebaiknya kamu memahami kamera apa yang paling cocok untuk kamu bawa saat traveling. Beda tujuan traveling dan aktivitas, memerlukan kamera yang berbeda pula.

Lantas kamera apa yang paling cocok untuk dibawa saat traveling? Berikut ini jenis kamera dan fungsi terbaiknya untuk traveling.

Kamera point and shot

Point and Shoot

Kamera ini cocok bagi kamu yang baru belajar kamera dan belum memahami pengaturan kamera secara menyeluruh. Kamera ini sering disebut sebagai kamera saku digital. Ada dua kelebihan kamera ini yaitu mudah digunakan dan harganya terjangkau. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli kamera jenis ini.

Pertama, pilih brand yang sudah terkenal. Kedua pilih kamera yang memiliki rentang lensa lebar, yaitu lensa 24 mm-28 mm. Lensa wide cocok untuk digunakan jalan-jalan, khususnya memotret pemandangan. Ketiga, pilih kamera yang memiliki ISO tinggi seperti ISO 3200-6400. ISO tinggi memudahkan kamu memotret di tempat minim cahaya. Salah satu kamera saku digital yang cukup memadai seperti ini.

Mirrorless

Mirrorless

Jenis kamera yang relatif baru ini salah satu kamera terbaik untuk traveling. Ukurannya yang ringkas membuatmu mudah menentengnya. Kamera ini bahkan bisa masuk ke tas pinggang. Tapi jangan meragukan kemampuannya. Kualitas gambar dan fitur mirrorless setara dengan kamera digital SLR.

Ada banyak merek kamera ini di pasaran. Bila kamu masih bingung jenis-jenis kamera ini, cek saja langsung di sini. Secara umum, merek apa pun mirrorless camera kualitasnya bagus. Yang perlu kamu perhatikan adalah pilihan paket lensa. Pilih kamera yang menawarkan dua lensa, yaitu lensa zoom standar dan lensa zoom tele. Untuk mengetahui kisaran harga kamera ini, cek langsung ke Blibli.com. Kamu bisa mendapatkan diskon dan bisa memilih beberapa cara pembayaran melalui fitur Multi Payment.

DSLR

DLSR

Kamera DSLR mempunyai kelebihan pilihan lensa yang beragam, mulai dari superwide hingga supertele. Untuk beberapa jenis perjalanan khusus, fungsi kamera DSLR tak bisa digantikan oleh kamera lain. Misalnya kamu akan melakukan perjalanan untuk birdwatching, kamera DSLR adalah pilihannya. Untuk melakukan pemotretan satwa yang memerlukan lensa super panjang, kamera DSLR tak tergantikan.

Action cam

Action Cam

Bagi kamu yang suka kegiatan luar ruang seperti touring, diving, snorkeling, hiking, dan lainnya action cam adalah peralatan perekam gambar yang cocok digunakan. Lensa fish eye kamera ini membuat kamera ini bisa digunakan dalam jarak sangat dekat dan latar belakang yang keren tetap terlihat secara penuh.

Kelamahan kamera ini adalah hanya bisa digunakan untuk pemotretan wide angle. Jadi kamu harus menyediakan kamera lain bila ingin memotret jarak jauh. Kamu bisa membawa kamera ini dan kamera mirrorles dengan lensa panjang untuk mengombinasikan pemotretan jarak jauh dan jarak dekat. Foto yang kamu hasilkan dijamin memuaskan.

Selamat jalan-jalan dan memotret. Share foto-foto kamu ke kita ya Friends.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY