Menelisik karir sang superstar dari sepatu yang dipakai Kobe Bryant sepanjang karirnya di NBA

 

Mungkin banyak yang belum tau jika ternyata, aura superstar sudah terdapat di diri Kobe Bryant saat dirinya masih belia.

Buktinya, Jerry West yang pernah bermain di Lakers era 70an dan salah satu orang yang menginspirasi logo NBA adalah manusia yang paling bertanggung jawab atas pemecatan center andalan Lakers saat itu yaitu Valde Divac. Keputusan itu diambil agar Lakers dapat merekrut rookie berusia 17 tahun bernama Kobe Bryant dari Lower Marion High School.

05299742.

Meskipun baru memulai karirnya di NBA, Kobe muda bahkan langsung disponsori oleh apparel ternama asal Jerman yaitu Adidas. Well, harus diakui jika Adidas memang cukup membantu perjalan karir Pria yang kini menginjak usia 37 tahun. Pemain yang telah berseragam Lakers selama 19 tahun pun telah memenangkan 5 cincin juara NBA.

LOS ANGELES - OCTOBER 27: Kobe Bryant #24 of the Los Angeles Lakers shows off his 2009 NBA Championship ring before the season opener against the Los Angeles Clippers at Staples Center on October 27, 2009 in Los Angeles, California. NOTE TO USER: User expressly acknowledges and agrees that, by downloading and/or using this Photograph, user is consenting to the terms and conditions of the Getty Images License Agreement. Mandatory Copyright Notice: Copyright 2009 NBAE (Photo by Andrew D.Bernstein/NBAE via Getty Images)

Dan kini.. Kobe telah berganti sponsor dengan menggunakan merek Nike. Penasaran seperti apa saja sepatu yang membantu Kobe beraksi di lapangan dari awal karir NBA-nya di 1996 hingga saat ini, penulis pun berbaik hati untuk merangkumnya. Nggak hanya itu, berbagai original product related to Kobe Bryant juga bisa Anda miliki dengan berbelanja melalui Blibli.com, lho.

Penasaran dengan transisi sepatu Kobe? Let’s check it out!

Sepatu Kobe Bryant Selama NBA_Adidas-EQT-Elevation

  1. Adidas Elevation EQT, dipakai oleh Kobe Bryant saat memulai karirnya di NBA. Harus diakui jika Kobe yang saat itu berumur 17 tahun telah berperan untuk mengangkat merek Adidas. Melakoni debut manisnya di 1996, Kobe pun langsung menjuarai Dunk Contest di 1997 dengan sepatu ini.

Sepatu Kobe Bryant Selama NBA_kobe-kb8

  1. Adidas KB 8, dianggap sebagai sepatu pertama Kobe yang sesungguhnya. Karena, mulai dari sinilah Adidas menyesuaikan desain dan cara bermain Kobe dengan sepatunya. Tak ayal, sepatu ini pun masih dipakai oleh banyak fans Kobe di penjuru dunia.

Sepatu Kobe Bryant Selama NBA_Adidas-Kobe-KB8-II-B

  1. Adidas KB 8 II, dikenakan Kobe pada musim ketiganya di NBA. Sepatu ini memiliki fitur adiPRENE heel cuhion support system, atau sistem yang membuat tumit pemakainya aman dari hentaman keras ketika bermain basket.
  1. Adidas KB 8 III, masih tampil dengan teknologi adiPRENE. Namun sayangnya, sepatu ini kurang dikenal, dan lebih diingat sebagai sepatu yang dikenakan Kobe ketika dia memiliki sedikit perseteruan dengan Chris Childs, pemain New York Knicks pada tahun 2000

Sepatu Kobe Bryant Selama NBA_thekobe

 

  1. Adidas The Kobe, diingat sebagai sepatu robot, atau sebagian orang menyebutnya sepatu luar angkasa. Sebenarnya sepatu ini memiliki inspirasi desain dari mobil Audi TT pada tahun 2000. Sepatu ini membawa Kobe menjuarai titel NBA pertamanya ketika dia berhasil mengalahkan Indiana Pacers. Ketika sepatu ini dirilis kembali oleh adidas, sepatu ini berganti nama menjadi The Crazy 1.
  1. Adidas The Kobe Two, adalah sepatu luar angkasa Adidas yang kedua, dan diluncurkan pada tahun 2001. Namun sepatu ini dianggap kurang nyaman oleh Kobe, sehingga dirinya kembali menggunakan The Kobe untuk menjuarai NBA untuk kedua kalinya secara berturut – turut.

Sepatu Kobe Bryant Selama NBA_nike-zoom-huarache-2k4-lakers-kobe-laser1

  1. Nike Zoom Air Huarache 2k4, merupakan langkah Kobe yang menyudahi kerjasama dengan Adidas. Alhasil, selama setahun, Kobe pun sempat tidak memiliki sepatunya sendiri, dan menggunakan sepatu Jordan.

Yap, meskipun Kobe sudah memiliki kontrak dengan Nike, namun ada beberapa masalah hukum yang membuat Kobe tidak dapat menggunakan sepatu dengan desain sendiri. Akhirnya, Kobe pun bekerjasama dengan Nike seri Huarache dan muncul sepatu 2k4 ini.

Sepatu ini juga menjadi tanda akhirnya duo Shaq dan Kobe, setelah mereka gagal menjuarai NBA untuk ke empat kalinya secara beruntun. Setelah ini, dimulailah era Kobe Bryant di Lakers.

  1. Nike Zoom Air Huarache 2k5, adalah sepatu yang menjadi kelanjutan dari seri 2k4. Meskipun punya desain yang menarik, sayangnya, tidak ada cerita yang istimewa dengan Nike Zoom Air Huarache 2k5.

Sepatu Kobe Bryant Selama NBA_Nike-Zoom-Kobe-1-MPLS-Side

  1. Nike Zoom Kobe I, adalah terobosan Nike setelah sepatu 2k4 dan 2k5. Karena, setelah memakai beberapa sepatu Jordan, Kobe akhirnya dapat memiliki sepatu NIKE-nya Sepatu ini pun membawa Kobe ke musim yang menakjubkan dengan rata – rata point 35,4 selama satu musim dan menjadikannya pemain ke 4 dalam sejarah NBA yang mampu memiliki rata –rata point seperti itu. Tidak hanya itu, Kobe bahkan mampu menorehkan skor 81 point ketika melawan Raptors. Catatan tersebut pun menjadi point terbanyak kedua yang dicapai oleh pemain NBA dalam satu pertandingan sepanjang sejarah NBA berdiri.

Sepatu Kobe Bryant Selama NBA_Nike-Zoom-Kobe-II

  1. Nike Zoom Kobe II, menjadi sepatu pertama dimana Kobe juga ikut dalam proses desainnya, yang memakan waktu hingga 18 bulan. Alhasil, Nike Zoom Kobe II dinilai sangat cocok dengan permainan Kobe yang memiliki kecepatan, kekuatan, dan fleksibilitas.

Sepatu Kobe Bryant Selama NBA_Nike-Zoom-Kobe-3-III-Lakers-Pair-Pose-Sole

  1. Nike Zoom Kobe III, merupakan lanjutan dari kesuksesan yang dicapai Nike pada Kobe I dan II. Yap, Nike ingin mencoba hal baru dengan Kobe III. Buktinya, Nike mendesain sepatu ini dengan inspirasi dari Huarache 2k4 dan 2k5.
  1. Nike Hyperdunk Kobe, memperkenalkan teknologi Flywire ke dalam dunia basket, yaitu bentuk garis kecil disekitar sepatu. Garis tersebut merupakan semacam tali tipis yang membantu support sepatu dari samping.

Sepatu ini menjadi sepatu performa tinggi dengan berat paling ringan pada saat itu. Kobe juga menjadi poster sepatu ini ketika ia membantu tim USA merebut kembali medali emas di Cina. Hebatnya lagi, dengan sepatu ini Kobe berani menerima tantangan untuk beraksi melompati Aston Martin.

Sepatu Kobe Bryant Selama NBA_zoom-kobe-iv

  1. Nike Zoom Kobe IV, adalah sepatu paling rendah dan paling ringan berdasarkan permintaan oleh Kobe. Pada saat itu desainer sepatu Kobe yaitu Eric Avar dan juga timnya mendengarkan permintaan Kobe dan mengaplikasikannya dengan teknolgi Flywire. Beberapa perubahan bentuk sepatu, dan juga penggunaan teknologi Lunar Foam untuk sol sepatunya pun menjadikan sepatu ini sebagai sepatu terbaik Eric. Terbukti, dengan sepatu ini Kobe mencetak 61 angka di kandang Knicks. Juga dengan sepatu ini Kobe memenangkan gelar ke 4 nya, dan merupakan gelar pertamanya yang didapat tanpa dukungan Shaq.

Sepatu Kobe Bryant Selama NBA_zoom-kobe-v

  1. Nike Zoom Kobe V, muncul berdasarkan permemintaan Kobe kepada Eric untuk membuat sepatu yang lebih ringan. Zoom Kobe IV memiliki bobot 12 ons. Alhasil, berkat desain Eric yang membuat sepatu lebih rendah, dan dengan tetap menggunakan teknologi Flywire akhirnya muncul Kobe V dengan bobot hanya 10,6 ons. Dengan sepatu ini Kobe bertemu dengan musuh bebuyutannya yaitu Celtics di final NBA. Kobe pun berhasil membawa Lakers menang dan mendapatkan titel juara ke-5 nya.

Sepatu Kobe Bryant Selama NBA_zoom-kobe-vi

  1. Nike Zoom Kobe VI, masih tampil dengan desain sepatu yang rendah. Kobe VI memiliki desain seperti kulit ular pada bagian atas sepatunya. Ini dikarenakan julukan Kobe yaitu “Black Mamba”.

Sepatu Kobe Bryant Selama NBA_zoom-kobe-vii

  1. Nike Zoom Kobe VII, tetap dengan teknologi Flywire. Namun harus diakui jika sepatu ini sangat unik. Sepatu ini memiliki sol bagian dalam yang bisa diganti sesuai tipe bermain pembelinya.

Yap, meskipun sepatu ini masih memiliki desain rendah, namun sekarang pengguna sepatu ini bisa membeli sol bagian dalam yang tinggi ataupun rendah sesuai dengan tipe permainan pengguna sepatu. Dan dengan sepatu ini Kobe mendapatkan medali emas di Olimpiade London pada tahun 2012

Sepatu Kobe Bryant Selama NBA_Nike-Kobe-8-Sulfer

  1. Nike Zoom Kobe VIII, menggunakan teknlogi Lunarlon untuk meredam tekanan pemain, dan juga desain seperti jaring di sisi sepatu. Sebabnya, sepatu ini menjadi sepatu yang sangat nyaman dan indah dilihat, sehingga penggemar sepatu bisa menggunakan sepatu ini untuk sehari – hari maupun untuk bermain basket.

Sepatu Kobe Bryant Selama NBA_zoom-kobe-iv

  1. Nike Zoom Kobe IX, muncul dengan beberapa model sepat Ada seri elite yang bisa didapat dengan tipe sepatu tinggi maupun sepatu yang rendah, ataupun dengan desain khusus pada sepatu yang rendah menggunakan jaring – jaring pada sisi sepatu. Seri elite juga menggunakan teknologi bahan Flyknit Nike seperti pada sepatu lari Nike. Yang membuat sepatu Kobe IX ini sangat ringan, namun juga kuat

Sepatu Kobe Bryant Selama NBA_nike-kobe-x-pain

  1. Nike Kobe Zoom X, ini dia sepatu Kobe yang paling baru, keluar dengan 2 model agar pembeli bisa memilih sesuai cara bermain mereka. Model pertama adalah sepatu yang didesign rendah, yang kedua adalah model elite yang didesign tinggi seperti Kobe IX. Sepatu ini ada yang menggunakan bahan tekstil tanpa jahitan pada bagian atasnya, dan juga ada yang menggunakan bahan Flyknit.

Tentu saja kedua model sepatu terbaru ini juga tersedia di blibli.com dan jangan lupa cek juga berbagai perlengkapan Kobe Bryant seperti jersey LA Lakers dan t-shirt yang tersedia di blibli.com. Lihat koleksinya dengan klik disini!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY