Obat Kumur
Mulut segar, komunikasi lancar.

Kalau masanya puasa seperti sekarang ada hal yang sering kali membuat minder. Apalagi kalau sedang berhadapan dengan orang banyak. Ya, tepat! Soal bau mulut dan napas tidak segar.

Pasti kurang nyaman kan, kalau harus presentasi di depan klien tapi tak bebas buka mulut lebar-lebar? Sering tanpa sadar kita jadinya jaga jarak. Atau ketika sedang berkumpul bersama teman. Kalau sama-sama puasa mungkin tak berasa. Tapi kalau ada teman yang tidak puasa dan tiba-tiba merasa ada bau yang kurang sedap, jadi serba nggak enak kan?

Menurut praktisi gaya hidup sehat dr. Phaidon L. Toruan, penyebab bau napas ketika puasa sebenarnya akibat cadangan makanan tubuh berkurang. Saat lapar, tubuh akan membakar lemak sebagai energi. Proses inilah yang memunculkan zat bernama ketone yang menjadi bau. Untuk menguranginya, dr Phaidon menyarankan mengonsumsi buah dan sayur-sayuran saat sahur. Misalnya sayur daun kemangi yang punya aroma khas. Buah dan sayur akan membuat gula darah stabil dan pemecahan lemak berkurang sehingga ketone-nya tidak berlebihan.

Apalagi hal yang bisa Friends lakukan untuk mengurangi bau mulut dan menjaga kesegaran napas? Salah satu yang sering dianjurkan adalah menjaga agar mulut tidak kering. Ini bisa dilakukan dengan minum air putih 4 gelas saat sahur, 2 gelas saat buka, dan 2 gelas sebelum tidur malam. Selain itu, kamu juga harus membersihkan gigi dan menggosok lidah dengan sempurna. Kalau perlu, gunakan benang pembersih gigi (floss) sehingga sisa-sisa makanan di sela gigi terangkat semua.

Untuk melengkapinya, Drg Yulianti Kemal SpPer (K) dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia menyarankan pentingnya berkumur dengan mouthwash atau obat kumur. Ia menyebut manfaat obat kumur yang mengandung beberapa zat akan mematikan bakteri yang menempel di sekitar gigi dan mulut.

Apa saja obat kumur yang bisa dijadikan pilihan? Nih, Blibli punya beberapa jenis obat kumur yang bisa kamu pilih:

  • Obat kumur tanpa alkohol

Oral B

Untuk kamu yang mencari obat kumur yang tidak menggunakan alkohol, ada beberapa pilihan. Salah satunya obat kumur dari Oral B ini. Dengan aroma rasa spearmint, mouthwash ini akan mematikan bakteri-bakteri di mulut hingga 12 jam. Jadi, hampir pas dengan jam puasa. Sehingga, kamu pun lebih bebas bernapas dengan aroma mint yang wangi.

  • Obat kumur dengan formula herbal

Pepsodent

Belakangan ini, orang makin sadar untuk menjauhi produk dengan aneka bahan kimia. Itulah yang membuat orang kembali ke produk-produk berbahan alami atau herbal. Nah, Blibli juga menyediakan items obat kumur yang menggunakan herbal dari bahan daun sirih, lidah buaya, dan jeruk nipis. Produk keluaran Pepsodent ini selain punya aroma yang khas juga bebas alkohol.

  • Obat kumur untuk mencegah gigi berlubang

Air Lift

Salah satu penyebab bau mulut adalah gigi berlubang. Sebab, bakteri dan kuman akan berkumpul di lubang gigi dan akhirnya menimbulkan bau tak sedap. Karena itu, Blibli menyediakan produk ini sebagai pilihan obat kumurmu. Jadi, selain bau mulut lebih segar, formula obat di dalamnya juga bisa memperkuat gigi agar tidak mudah berlubang.

  • Obat kumur satu set

Formula

Untuk friends yang tak mau ribet, Blibli juga menyediakan obat kumur yang sudah satu set. Jadi kalau kamu ikut sahur on the road atau buka bersama, kamu akan lebih praktis membawanya.

Semoga dengan pilihan mouthwash tadi akan membuat kamu tetap percaya diri dengan napas segar sepanjang hari ya, Friends.

Tyas

Tyas

Tyas - Big fans of coffee, TV series, and books.
Tyas

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY