Tidak terasa masa liburan sudah tinggal menghitung hari. Selain berkumpul dengan keluarga tercinta saat merayakan Idul Fitri atau menikmati liburan Lebaran, pastinya vacation plan sudah menghantui pikiran kamu. Untuk destinasi liburan kali ini sepertinya kamu jangan berpikiran lagi untuk pergi ke Singapura atau ke Bangkok. That’s so mainstream. Memang pergi ke sana banyak penawaran promo yang menggiurkan untuk segera beli tiket. Ditambah, pasti masih punya pikiran di sana murah, SALE dimana-mana, dan berwisata kuliner yang tidak ada di Indonesia. Well, untuk Anda yang senang belanja, mungkin sudah memperhatikan banyak brand fashion kelas dunia yang masuk di Indonesia dan harganya pun jika dihitung ke nilai tukar rupiah relatif sama. Jadi, buat apa menambah beban membeli tiket menuju kesana?

Sudah saatnya kita explore tanah air kita tercinta ini, yaitu Indonesia. Banyak destinasi wisata yang memanjakan mata sekaligus pemandangan indah yang tidak kalah menariknya dengan destinasi di luar negeri. Di bawah ini saya mencoba memilih beberapa tempat tujuan wisata tanah air yang wajib kamu datangi. Make your own agenda now.

Pulau Derawan
Photo Courtesy by Aldian Silalahi

Derawan
Salah satu pulau paling eksotis di Indonesia ini ada di Kalimantan Timur. Kamu akan dimanjakan dengan air laut yang masih biru dan juga pasir putih halus yang menempel di sela jari kakimu. Kamu bisa berenang di pantai atau snorkeling dengan harga yang sudah ditetapkan di sana. Ada beberapa pilihan resort yang ada di sana atau bisa tinggal homestay di rumah penduduk. Semua kegiatan leisure di pantai bisa kamu lakukan di sini. Berkisar dari Rp600 ribu hingga Rp2 juta per malam. Psst ini akan menjadi destinasi saya selanjutnya, tunggu artikelnya ya..

Pulau Weh, Sabang, Aceh.
Photo courtesy by www.rri.co.id

Aceh
Provinsi di ujung barat Indonesia menyimpan banyak potensi wisata yang bisa kamu nikmati. Mulai dari wisata kuliner yang membuat kamu full stomach seperti mie aceh, timphan, beulachan, dan lain sebagainya. Untuk yang suka ke museum, di sini ada Museum Tsunami Aceh di kota Banda Aceh, yang dibangun untuk mengenang bencana tsunami yang menimpa Aceh tahun 2004 silam. Menyeberang sedikit ada Pulau Weh yang eksotis dan sudah menjadi agenda utama turis internasional.  So, apa saja bisa dilakukan di Aceh.

Gunung Semeru
Photo courtesy by www.semerutrekingtour.com

Semeru
Oke, mungkin sampai sekarang masih teringat akan keindahan alam di Semeru yang digambarkan lewat film adaptasi novel laris “5 Cm” yang sukses di jajaran box office Indonesia. Semeru yang menjadi gunung yang dinobatkan sebagai titik puncak tertinggi di Jawa ini, memang mempunyai pemandangan yang tak terlupakan. Untuk kamu yang suka sekali dengan hiking atau mendaki gunung, Semeru menjadi salah satu destinasi yang harus kamu kunjungi. Sebagai catatan: jaga kesehatan dan persiapkan kondisi fisik kamu sebelum ke Semeru.

Jatim Park
Photo courtesy by www.kalamata.me

Malang
Bukan hanya buah apel sajayang terkenal di kota ini, tapi kamu akan menikmati mini amusement park yang tidak kalah menariknya layaknya di Jakarta atau di luar negeri sekalipun. Kalau menyempatkan ke Malang, tujuan utama kamu ke kota kecil bernama Batu. Di sana kamu akan menemukan Jatim Park dan Jatim Park 2 yang merupakan museum hewan dan amusement park dengan bangunan seperti museum nasional di Amerika yang megah. Di dalamnya juga ada secret zoo yang seru. Di malam harinya, kamu wajib mengunjungi Batu Night Spectacular,taman wisata dan lampion park yang memang hanya dibuka malam hari saja. Nuansa lampion yang sangat beragam membuat kamu betah berlama-lama di tempat ini. Jangan lupa juga buat memborong keripik buah khas Malang untuk oleh-oleh.

Dieng, Jawa Tengah
Photo courtesy by www.spectrumindonesia.blogspot.com

Dieng
Untuk yang suka dataran tinggi, coba deh kamu berkunjung ke sini. Dataran tinggi yang terletak di Jawa Tengah, tepatnya di kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo ini mempunyai udara yang sejuk sekaligus pemandangan yang indah. Karena masih di kawasan vulkanik, ada beberapa telaga yang bisa kamu lihat di sana, salah satunya ada Telaga Warna yang juga terdapat pemandian air panas. Uniknya telaga ini memunculkan nuansa warna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung. Dan airnya sangat jernih meskipun mengandung belerang. Terdapat juga candi-candi bersejarah di sana dan juga beberapa gua yang konon dipakai untuk aktifitas spiritual. Cocok sekali kalau kamu yang suka hiking datang ke sini.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY