iPhone 5C adalah iPhone yang sama-sama baru diluncurkan di Indonesia bersama 5S, tapi diterapkan sebagai pengganti iPhone 5 dengan sentuhan warna. Dengan 5C, iPhone menghentikan produksi iPhone 5-nya.


iphone5c-header

Secara fisik, iPhone 5C sangat berbeda dengan iPhone 5 dan iPhone 5S. 5C hadir dengan 5 pilihan warna pastel. Dengan bahan dan bentuk yang juga sedikit berbeda, iPhone 5C lebih nyaman di genggam karena bagian belakang yang tidak siku-siku seperti iPhone 5. Selain itu 5C juga lebih tebal dan sedikit lebih berat, tapi terasa lebih kokoh. Jadi, iPhone 5C lebih mirip dengan iPhone 5 pada bagian isinya.

Di dalamnya, 5C juga memiliki prosesor A6 yang sama dengan iPhone 5, iOS yang sama, kamera belakang yang sama, RAM dan tempat penyimpanan yang sama. Yang berbeda sedikit hanyalah kamera depannya. Memang tidak pengaruh besar.

Lalu kenapa Apple memperkenalkan iPhone 5C? Rasanya, Apple ingin meletakkan posisinya sebagai smartphone yang cukup mahal. Yang serius, top of the line, iPhone 5S hadir dengan harga yang mendekati MacBook Air. Sedangkan, smartphone kelas keduanya, iPhone 5C masih dijual dengan harga yang cukup tinggi. Apple ingin berkata bahwa, “Hey, kami tidak main-main, yang kami ciptakan adalah kualitas. Jadi, Anda membayar kualitas.” (IMHO).

Siapa yang seharusnya membeli iPhone 5C? Kita tahu pengguna iPhone 4, apalagi yang sudah mengupgrade ke iOS 7 pasti merasakan semakin lambatnya iPhone 4 itu. Begitu juga iPhone 4S. Nah, kamu pengguna iPhone 4 dan iPhone 4S yang tidak mau pindah ke lain OS, ada 3 pilihan untuk mengupgrade:

1. Paling ekonomis adalah mencari iPhone 5 di toko yang masih menjualnya. Atau lebih ekonomis lagi adalah mencari 2nd handΒ (ini saya tidak sarankan)

2. Pilihan di tengah-tengah adalah sekalian mengupgrade ke iPhone 5C, dimana pada periode penawaran istimewa hingga 7 Februari 2014, Blibli menjual iPhone 5c versi 16GB seharga Rp7.699.000, dan iPhone 5c White versi 32GB Rp8.999.000.


3. Bila budget bukan masalah dan kamu ingin membeli kualitas, pergilah membeli iPhone 5S πŸ˜€

Keputusan saya serahkan ke kamu semua. Sesuaikan kebutuhan dan budget tentunya. Blibli.com banyak pilihan kok πŸ˜‰

iphone-5c-21_0

 

 

Kadek

Kadek

Kadeko - Football for live, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

4 COMMENTS

  1. Bro.. menurut CNET yg “membedah” iPhone 5C, tata letak onderdil internal-nya antara iPhone 5 dan iPhone 5C cukup berbeda, namun memang diakui materialnya ada beberapa yg sama, tapi arrangement-nya sudah berbeda, battery juga berbeda kapasitas, saya user iPhone 5C 32GB (sebelumnya saya pengguna iPhone 4S) saya akui, speed-nya cukup upgraded, dengan spec yg mirip dgn iPhone 5, kita memang tdk bisa berharap banyak, tapi karena kemampuan iOS dan camera yg memadai, saya sangat senang menggunakan produk ini, seperti review pada umumnya “it gets the job done!”

    • Hai Donny,
      Terima kasih atas tambahan informasinya. Kebetulan saya tidak membedah, hanya menjajalnya dari luar πŸ™‚
      Tapi memang betul, sesuai kegunaan (dan selera tentunya), iPhone 5C itu sempurna.

  2. Bagi saya sebenernya ga terlalu mikirin dari plastik, dari logam, atau dari titanium sekalipun, dan saya bukan type org yg beli smartphone utk gengsi, saya lebih ke arah kegunaannya, … Saya memilih iphone krn apple bikin barang buat jangka panjang bukan utk 1 atau 2 th ganti,

  3. ada situs yang menginformasikan bahwa ipon 5c ga laku.. hmm ga laku karena bentuk dan warna nya kayk maenan.. kalo buat saya pribadi penampilan ga penting penting amat toh banyak replika cina nya hoho bahkan pesaingnya juga ngikutin dengan seri “j” nya.. but quality is number one.. and i love my pinky iphone 5c :p

LEAVE A REPLY