Siapa yang belum punya Instagram? Sosial media untuk foto yang dimulai lahir di iOS, merambat ke Android dan kini, tepatnya bulan lalu, tersedia di Windows Phone. Sekarang ini, dengan fitur terbaru, yaitu direct messaging (termasuk dengan foto), Instagram digadang-gadang bakal mengalahkan Twitter. Setuju?

Well, sementara saya akan berbagi dulu tips & trick selama ini yang bisa digunakan dalam ber-Instagram-ria.

1. Editing: Aplikasi 3rd party menjadi penting dalam mengedit foto. Biasanya lebih banyak aplikasi di iOS, tapi coba kita bahas per fungsi.
– Untuk photo montage (menggabungkan beberapa foto menjadi satu dalam frame terpisah) saya biasa menggunakan Diptic (iOS & Android). Atau bisa juga Fuzel (iOS)
– Untuk editing secara lengkap, bisa menggunakan Camera+, VSCO Cam atau Afterlight
– Kebetulan saya suka menjadikan foto landscape, bukan square (kotak). Saya gunakan Squaready. Pada dasarnya, hanya mememberikan bingkai putih di atas dan bawah dari foto

– Itu dasarnya, sisanya seperti Over (untuk menaruh tulisan diatas foto), Ps Express (simple editing), InstaWeather (menaruh cuaca) ada juga di library apps saya (semua iOS)

2. Penggunaan Hashtag. Sedikit tips, kita sering menggunakan hashtag, suka berlebihan kadang, dengan tujuan untuk dilihat orang banyak. Sah-sah saja. Namun bila kamu juga berencana berbagi ke media sosial lain seperti Twitter, FB, dll, sebaiknya jangan gunakan hashtag saat posting. Namun, selesai posting, langsung comment ke foto itu dengan hashtag. Tujuannya, agar tidak terlalu penuh posting di media sosial lain, terutama Twitter yang jumlah karakternya terbatas.

3. Penggunaan mention. Mengikuti aturan Twitter, jangan menulis @ di depan, karena hanya akan terbaca oleh yang mem-follow kamu dan yang di mention. Cobalah dengan menaruh karakter sebelum @. Contoh: Jangan “@bliblidotcom banyak barang baru…” tapi bisa diakali dengan “Wah @bliblidotcom banyak barang baru….” atau sekadar “.@bliblidotcom banyak barang baru…” | Get it? (ini penting kalau mau share ke Twitter)

4. Follow mem-follow. Ini menggelikan sih. Tapi tidak seperti Twitter, Instagram tidak memberikan notifikasi apakah kita di-follow atau tidak oleh akun lain. Jadi, kalau mau berbaik hati ke teman, follow aja dulu, nanti unfollow lagi 😛 (tidak berlaku bagi yang menggunakan 6tag di Windows Phone)

 

Cukup membantu? Mudah-mudahan yaaa..
Sekalian, yang mau follow saya, silakan ke @sheggario. Nanti unfollow lagi juga boleh x))

Kadek

Kadek

Football for life, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek