Update software terbaru untuk perangkat iOS kembali digulirkan Apple. Bahkan Apple berani menyebut peluncuran iOS 10 merupakan yang terbesar sejauh ini. Lalu apa saja fitur baru yang dimilikinya?

Perpesanan yang lebih ekspresif

Di iOS 10, Apple menghadirkan aplikasi Messages menjadi lebih ekspresif dan menyenangkan dengan menambahkan animasi dan fitur yang lebih personal. Beberapa animasi yang tersedia misalnya balon dan kembang api yang bisa digunakan ketika merayakan sesuatu.

Pengguna juga bisa mengirim pesan menggunakan tulisan yang tidak terlihat, dan baru akan muncul ketika si penerima melakukan swipe. Ada pula fitur untuk mengirimkan pesan berupa tulisan tangan. Pengguna juga akan lebih mudah merespon sebuah pesan menggunakan emoji dan melihat konten multimedia secara langsung tanpa harus meninggalkan percakapan.

Yang lebih menarik, di iOS 10 Apple mengintegrasikan App Store dengan aplikasi Messages sehingga membuka kemungkinan bagi developer untuk menciptakan berbagai cara yang lebih asyik untuk berkomunikasi, termasuk mengirimkan stickers dan GIF, mengedit foto, mengirimkan pembayaran, mengirim jadwal makan malam atau jadwal film, dan sebagainya. Semuanya bisa dilakukan melalui aplikasi Messages yang baru.

iPhone_Lockup_Apps_PR-PRINT

User interface berubah

Apple mendesain ulang tampilan lockscreen. Selain itu, ada pula fitur yang memungkinkan layar untuk otomatis menyala ketika perangkat diangkat. Pengguna juga diberi kemudahan untuk lebih cepat mengakses kamera, yaitu hanya dengan swipe ke arah kiri. Jika melakukan swipe ke kanan, pengguna akan menemukan halaman widget.

Area notifikasi kini tampil dengan bubble dan widget. Control Center hadir dengan dua panel, satu dengan toggles dan satu lagi dengan music control.

iPhone_Today_PR-PRINT

Desain Peta yang baru

Aplikasi Maps di OS 10 kini hadir dengan desain lebih menarik serta lebih sederhana dan intuitif saat digunakan. Maps pun kini terbuka untuk developer. Ini artinya aplikasi lain seperti Uber akan dapat terhubung dengan mudah ke Maps. Contoh nyatanya, pengguna bisa langsung memesan mobil Uber di aplikasi Maps.

Menurut Apple, Maps kini juga lebih pintar dan aktif memberikan arahan ke tujuan selanjutnya, berdasarkan rutinitas sehari-hari atau jadwal di kalender.

iPhone_Lockup_Photos_PR-PRINT

Siri terbuka untuk developer

Apple kini membuka fungsi Siri agar dapat digunakan di berbagai aplikasi garapan developer lain. Contohnya, mengirim pesan melalui aplikasi yang bukan milik Apple, memesan Uber, mencari foto di aplikasi third-party, melakukan panggilan VoIP (Voice over Internet Protocol), dan yang lainnya. Keputusan ini tentunya akan menambah fungsi Siri sendiri.

iPhone_Lyft_PR-PRINT

Keyboard dengan dukungan Siri

Keyboard di iOS 10 telah ditingkatkan fungsinya melalui kecerdasan Siri. Jadi ponsel akan seolah-olah mengerti apa yang ingin dikatakan penggunanya. Keyboard kini dapat membaca keseluruhan pesan yang diterima dan memberi saran untuk berbagai lokasi, membuat jadwal, memberi informasi terkait kontak, dan sudah mendukung multilingual typing.

Foto dengan Memories

Photo di iOS 10 memudahkan pengguna untuk menelusuri koleksi foto mereka. Dengan dukungan Memories, semua foto dan video akan dikelompokan berdasarkan lokasi, orang yang difoto (menggunakan face recognition), subyek yang ada dalam foto, momen tertentu, dan kriteria lainnya.

Desain baru Apple Music dan News

Apple Music hadir dengan desain baru untuk memberikan pengalaman yang lebih maksimal, dan memudahkan navigasi serta pencarian musik. Tidak hanya Apple Music, aplikasi News pun memiliki tampilan baru untuk memudahkan pengguna mencari informasi yang mereka inginkan.

Aplikasi Home kini lebih multifungsi

iOS 10 menghadirkan peningkatan pada aplikasi Home yang memungkinkan pengguna mengendalikan semua yang ada di rumah lewat aplikasi tersebut, misalnya lampu, pintu garasi, AC, kamera, air purifier, kunci, sensor, dan masih banyak lagi. Dukungan 3D Touch pun kini disediakan.

iOS_Watch_Lockup_Home_PR-PRINT

Sebelum punya iOS 10, kau harus punya iPhone-nya dulu, kan? Yuk, cek koleksi berbagai iPhone di Blibli.com. Manfaatkan juga berbagai fasilitas yang dimiliki seperti cicilan 0%, beragam cara pembayaran, kualitas terjamin, dan pengiriman gratis.

Tyas

Tyas

Tyas - Big fans of coffee, TV series, and books.
Tyas

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY