Tradisi Ngeteh

Teh adalah jenis minuman paling populer di Indonesia bersama kopi. Teh biasa disajikan pada pagi hari dengan tambahan gula. Teh manis dipercaya sebagai sumber energi untuk beraktivitas hingga siang. Sebagian orang tidak sarapan berat seperti nasi, tapi menggantinya dengan teh manis dan setangkup roti.

Tradisi minum teh di Indonesia sangat beragam dan sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Teh dikenalkan oleh Dr. Andreas Cleyer, botanist dari Jerman. Dia membawa biji teh dari Tiongkok ke Jawa pada abad ke-17. Pada tahap selanjutnya, Pemerintah Belanda membudidayakan tanaman teh, khususnya di daerah Jawa Barat.

Sejak saat itu minum teh menjadi tradisi para bangsawan Belanda yang kemudian menular kepada para bangsawan Nusantara. Salah satu lingkungan keraton yang memiliki tradisi minum teh adalah Keraton Yogyakarta. Di lingkungan dalam keraton sampai ada tempat khusus bernama Patehan yang digunakan untuk minum teh. Patehan ini sendiri jika diterjemahkan secara bahasa berarti tempat untuk menikmati teh.

Dari kalangan bangsawan, tradisi minum teh akhirnya menyebar dan dinikmati oleh kalangan masyarakat secara luas. Di luar negeri sendiri, sekarang sering ada semacam β€œupacara” pagi hari yag disebut sebagai teatime atau waktunya minum teh. Biasanya ini adalah saat sebelum memulai bekerja atau di sela bekerja saat sedang padat acara. Saat-saat teatime ini adalah saat relaksasi yang sering kali justru akan menambah produktivitas ketika kembali bekerja.

teatime

Selain itu, salah satu tradisi minum teh paling terkenal di kalangan masyarakat di Indonesia adalah teh poci. Cara penyajiannya adalah teh dimasukkan ke dalam poci tembikar dan direndam dalam air panas. Penyajian teh poci menggunakan gula batu, yang kemudian memunculkan istilah nasgitel. Bau khas teh yang wangi ditambah uap panas yang muncul, membuat sajian teh jadi sebuah acara pagi yang tak mudah dilewatkan.

Bila Anda penyuka teh, pasti kenal dengan istilah nasgitel (panas, legi, kentel[pekat, red]). Minum teh panas, kental, dan manis memang merupakan kenikmatan tersendiri. Minum dari poci memang jadi pilihan menarik. Sayang, tidak mudah untuk mendapatkan poci di luar Tegal, Slawi, dan Brebes. Namun, Anda tak perlu khawatir, sekarang ini ada alat-alat untuk menyeduh teh dengan baik. Salah satunya di tempat ini.

Minum dari teh poci memang memberikan kenikmatan tersendiri.
Minum dari teh poci memang memberikan kenikmatan tersendiri.

Bila Anda berbelanja perlengkapan untuk menyeduh teh dan juga kopi di Blibli.com, Anda bisa mendapatkan berbagai kemudahan. Anda bisa melakukan Pembelian melalui Apps, yang memudahkan Anda dalam berbelanja. Tinggal pesan dari gadget Anda dan barang akan dikirim ke rumah. Tak perlu keluar rumah dan terjebak kemacetan atau repot mencari tempat parkir.

Salah satu alat yang bisa Anda gunakan untuk menyeduh teh adalah glass tea pot dari Bialetti ini. Tea pot ini memiliki penampilan yang sangat menawan. Cocok untuk digunakan ngeteh bersama keluarga atau sahabat yang berkunjung ke rumah. Alat ini membuat Anda bisa ngeteh setiap saat dengan mudah.

glass tea pot

Selamat menikmati teh untuk memulai hari produktif Anda ya.

 

Tyas

Tyas

Tyas - Big fans of coffee, TV series, and books.
Tyas

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY