Friends, sudah masuk pertengahan bulan Ramadan nih. Bagaimana puasanya? Lancar-kah? Nah, pertanyaan berikutnya adalah: lancarkah olahraganya? Biasanya, selalu saja alasan untuk berhenti berolahraga selama satu bulan, mulai dari banyaknya agenda buka bersama, tubuh yang lemas, atau takut kekurangan asupan air alias dehidrasi.

Padahal, olahraga bisa tetap dijalankan saat berpuasa loh, Friends! Pilihan olahraga di bulan puasa juga bisa sangat luas. Tapi, karena tubuh tidak dalam kondisi terbaiknya, lebih baik pilih olahraga low impact dan tidak bersifat kompetitif agar tenaga tidak terkuras. Dehidrasi adalah hal yang paling dihindari di bulan puasa karena akan berdampak buruk pada kesehatan, belum lagi kalau kadar gula darah turun karena olahraga berlebihan. Jadi, olahraga apa saja sih yang bisa kamu lakukan saat berpuasa?

Jalan cepat

Jalan Santai
Jalan cepat bareng sahabat bisa banget jadi pilihan, nih.

Agar penguapan dan keringat tidak berlebihan, jalan cepat sebaiknya dilakukan di tempat yang sejuk. Karakter olahraga yang dibutuhkan di bulan puasa adalah meningkatkan degup jantung, bukan mengeularkan keringat yang bisa menyebabkan dehidrasi. Jadi, taman di sekitar komplek di sore hari bisa jadi pilihan olahraga sebelum berbuka.

Sepeda santai

Sepeda santai di taman, menarik nih!
Sepeda santai di taman, menarik nih!

Sama seperti jalan cepat, bersepeda juga bisa dilakukan, asal pelan-pelan saja. Bersepeda santai juga bisa, kok meningkatkan degup jantung. Lakukan sepeda santai 3-5 kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit agar bisa meraih zona aerobik 60-80 persen.

Kardio untuk membakar lemak

Habis lari, buka puasa, deh!
Habis lari, buka puasa, deh!

Kapan sih waktu terbaik untuk berolahraga? Ternyata, buat kamu yang ingin latihan kardio atau beban, waktu latihan yang paling pas adalah satu jam sebelum buka puasa. Satu jam sebelum buka puasa pas untuk kardio karena tubuh sudah teradaptasi lebih baik dalam membakar lemak. Setelah olahraga, kamu bisa berbuka puasa dengan asupan protein dan karbohidrat yang cukup.

Angkat beban untuk membentuk otot

Asal terbiasa, kita tetap bisa olahraga di bulan puasa.
Asal terbiasa, kita tetap bisa olahraga di bulan puasa.

Sama seperti kamu yang ingin bakar lemak, waktu paling pas buat yang ingin membentuk otot adalah satu jam sebeum buka puasa. Waktu sebelum buka puasa adalah waktu yang paling optimal untuk membentuk otot karena kadar testosteron dalam tubuh tinggi di jam-jam tersebut.

Itu dia olahraga yang bisa tetap kamu lakukan di bulan puasa. Bisa kok tetap olahraga agar makin segar dan semangat menjalankan puasanya. intinya, hati-hati jangan sampai dehidrasi. Tanda awal dehidrasi adalah pandangan gelap dan berkunang-kunang, urin kuning pekat, bibir dan lidah kering, dan kelopak mata cekung. Segera berhenti dan istirahat kalau kamu sudah merasakan gejala itu saat berolahraga di bulan puasa.

Buat kamu penggila olahraga yang memang ingin bugar saat puasa dan hari raya, punya peralatan yang mendukung semua kegiatan fisik bisa banget buat meningkatkan semangat, lho. Misalnya sepatu baru untuk bersepeda atau latihan kardio, kaus baru untuk menambah semangat angkat beban, atau jaket untuk digunakan saat jalan cepat.

Pas banget karena Blibli.com punya beragam koleksi peralatan olahraga dan aktivitas luar ruang yang bisa kamu miliki. Manfaatkan berbagai fasilitas yang dimiliki Blibli.com seperti kualitas terjamin, cicilan 0% untuk semua produk, dan beragam cara pembayaran.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY