Shrek The Musical via Shrek UK

Moms, kapan terakhir kalian membawa anak menonton teater? Benar-benar teater panggung, bukan drama di bioskop? Jaman dulu, teater jadi salah satu pentas yang ditunggu-tunggu karena hanya itulah hiburan yang tersedia. Saya pernah nonton pertunjukan teater yang menceritakan sedihnya bintang teater karena pentasnya tak laku di masa kini, jadi mereka harus berjuang mengumpulkan penonton. Semua karena hadirnya bioskop dan jenis hiburan lain.

Tapi, jaman sekarang teater ternyata sudah berkembang pesat, baik dari ide, cara meramu kisah, dan teknologi di dalamnya. Beberapa teater broadway laku keras karena bisa menyajikan penampilan fantastis. Sayang banget lho kalau Moms dan si kecil tidak bisa jadi bagiannya. Hmm, kenapa tidak ajak anak nonton teater dari sekarang kalau begitu? Apalagi ternyata teater menyimpan beberapa manfaat yang bisa diadaptasi si kecil. Apa saja sih manfaatnya? Simak yuk hasil studi Departemen Pendidikan Universitas Arkansas ini.

Meningkatkan Kemampuan Literasi

Kemampuan literasi adalah salah satu kemampuan mempelajari kosa kata dan plot atau jalan cerita. Dalam studi ini, disebutkan anak-anak yang menonton pertunjukan teater secara langsung mampu mengindentifikasi karakter dan penokohan dibanding yang tidak menonton.

Belajar Toleransi dan Empati

Kenapa ya teater bisa membangun toleransi dan empati penontonnya? Ternyata anak-anak bisa mengambil pesan dari pola pikir dan emosi yang diperagakan oleh pemeran teater. Hampir semua kisah teater yang bisa ditonton anak-anak punya tokoh baik dan jahat serta bagaimana mereka menyelesaikan sebuah permasalahan. Nah, mereka ternyata mengadaptasi cara si plot itu.

Belajar Berpikir Kritis

Menonton teater ternyata membuat anak merasa harus tahu jalan kisah dan inti cerita. Jadi, selama teater berlangsung, ada pola-pola dalam otak yang mereka kembangkan, kemudian mempertanyakan semuanya pada orang tua. Setelah dijelaskan, mereka setidaknya jadi tahu jawaban atas pertanyaan dan tandanya mereka mau berpikir lebih jauh.

Wah, ternyata manfaat menonton teater secara langsung bisa begitu besar dan bisa membentuk karakter si kecil! Mulai ajak anak nonton teater, yuk!

Shrek-Best-offer-micrositess

Kebetulan, pentas teater broadway Shrek masih berlangsung di Ciputra Artpreneur. Pentas ini mengisahkan si hijau Shrek dan Putri Fiona yang menyentuh dibalut nuansa musikal. Blibli.com menyediakan tiket buy 1 get 1 dengan tambahan diskon Rp 600.000,00. Simak infonya di sini, yuk.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY